advertisement

Permainan Edukasi Anak Usia Prasekolah

advertisement

Permainan edukasi anak usia prasekolah memang sangat penting untuk mensitumulasi perkembangan otak dan motorik anak . untuk itu mengenalkan permainan ini sangat membantu anak untuk bisa tumbuh dan berkembang sesuai yang para orangtua harapkan .

Usia prasekolah adalah periode emas untuk perkembangan otak dan kecerdasan anak . karena anak dalam usia ini bisa menyerap dengan mudah apapun yang kita ajarkan . pengalaman dan permainan baru bisa mendorong anak untuk mencari potensi apa saja yang mereka miliki dan bisa mengembangkannya menjadi lebih optimal . salah satu cara untuk mengembangkan potensi dan kecerdasan anak adalah dengan mengenalkannya dengan permainan edkuasi anak usia prasekolah .

Apa itu permainan edukasi anak usai prasekolah

Permainan edukasi anak usia prasekolah adalah aktifitas permainan yang di lakukan anak untuk tujuan edukatif atau pendidikan . permainan edukasi ini termasuk juga di antaranya adalah mengembangkan kemampuan motorik , kognitif , sosial dan juga emosional anak .

Tentunya permainan edukatif ini adalah permainan yang di format untuk tujuan pendidikan ,namun di kemas agar anak bisa merasa senang untuk bermain . sehingga tanpa sadar anak bisa menstimulasi otak dan kecerdasannya dengan permaian ini .

Beberapa permainan edukasi anak usia prasekolah

Di bawah ini sudah saya kumpulkan beberapa permainan edukasi untuk anak usia prasekolah . di antaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Permainan papan

Banyak lo bunda permainan papan yang bisa anda kenalkan kepada anak anda yang masih usia dini , diantaranya adalah permainan ular tangga , permainan monopoli , permainana ludo . dengan mengenalakan permainan ini anak anda akan belajar tentang angak , berhitung dan juga mengikuti aturan .

2. Permainan puzzle

Puzzle atau permainan bongkar pasang bisa jadi jawaban yang tepat puzzle tak hanya menyenangkan tapi punya banyak sekali manfaat bagi anak loh bun . salah satunya menstimulasi otak agar berkembang dengan optimal sesuai dengan namanya puzzle tak lain adalah permainan menyusun potongan gambar dan terbuat dari karton atau kayu tebal asimetris 

Manfaat main puzzle bagi anak permainan puzzle tak hanya menjadi favorit anak-anak bahkan sebagian orang dewasa pun sering ikut memainkannya ini loh Ma . beberapa manfaat main puzzle bagi anak yang pertama mengasah kemampuan kognitif seringkali Mama menjumpai mainan puzzle anak tersedia dalam berbagai tema seperti sayuran angka dewan alat transportasi profesi hingga bentuk benda-benda disekitar kita .

Secara tak langsung hal ini bisa meningkatkan kesadaran spasial visual anak dan mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang tema dan topik tersebut permainan ini dia bisa dijadikan media anak untuk memahami tema tertentu misalnya huruf alfabet dan angka tak cuma itu main puzzle juga bisa membantu si kecil dalam mengikuti petunjuk langkah demi langkah agar mencapai bentuk yang sempurna oleh karenanya menyusun puzzle merupakan salah satu media bermain untuk anak yang berfungsi untuk merangsang perkembangan untuk motoriknya 

Yang kedua melatih koordinasi mata dan tangan saat si kecil memasang melepas atau membalikkan potongan puzzle untuk menemukan posisi yang tepat secara tak langsung ini melatih koordinasi mata dan tangan si kecil Ma kemampuannya untuk mengkoordinasikan yang dilihat dengan yang digambarkan otak serta yang dilakukan tangan membutuhkan banyak sekali latihan dengan main puzzle keterampilan ini akan terlatih sedikit demi sedikit 

Ketiga mengembangkan keterampilan motorik halus manfaat main puzzle bagi anak selanjutnya yaitu mampu mengembangkan keterampilan motorik halus melatih motorik halus sangat penting buat si kecil dan mama bisa melatihnya dengan cara menyenangkan melalui media puzzle ini saat si kecil menyusun puzzle ia harus mengambil memegang bahkan menggenggam potongan-potongan puzzle tersebut dan dipindahkan dan pemasangan dengan teliti di tempat yang tepat .

advertisement

Yang keempat melatih keterampilan emosional si kecil bisa belajar mengenai kesabaran dan kegigihan ketika menyusun potongan puzzle anak akan bisa mengatasi tantangan dalam permainan puzzle dan ia akan merasa bangga dengan dirinya sendiri ketika mencapai bentuk yang tepat di sini anak akan belajar mengontrol emosinya Ma sebaiknya memberikan dorongan untuk rasa percaya dirinya dan harga diri yang berguna untuk perkembangan si kecil 

Kelima mengembangkan kemampuan memecahkan masalah puzzle memang menuntut si kecil untuk bisa berpikir kritis agar dapat menyelesaikannya Bahkan dalam menyelesaikan puzzle yang paling sederhana Dia harus menggunakan imajinasi dan mengembangkan strategi tentang cara mencapai tujuan dengan demikian manfaat bermain puzzle dapat membantu anak untuk mengembangkan dan mengasah keterampilan memecahkan masalah berpikir strategis dan kemampuan berpikir berdasarkan logika

Yang keenam mendorong kerja dalam tim dan kemampuan bersosialisasi percaya atau tidak mainan puzzle dianggap sebagai cara yang bagus untuk mendorong kerja tim dan keterampilan sosial untuk si kecil siapkan beberapa permainan puzzle untuk bersama dan lihat seberapa baik mereka berfungsi sebagai tim 

Mama dapat mendorong kerja tim secara verbal atau memberikan instruksi permainan untuk dikerjakan bersama Pimpin dengan memberikan contoh misalnya ajak anak untuk mengatur berbagai peran dan tanggungjawab untuk setiap pesertanya

Ketujuh menambah rasa ingin tahu warna-warna cerah dan bentuk yang unik akan sangat menarik bagi anak secara tak langsung hal ini juga dapat memicu rasa ingin tahu anak ia akan juga mencari tahu mengapa puzzle biru masuk kedalam lubang berbentuk segitiga dan masih banyak lagi menambah rasa ingin tahu ini adalah salah satu hal terbaik yang dapat melakukan untuk membantu anak belajar meraih kesuksesan kelak dimasa depannya jenis puzzle ada beraneka ragam mama bisa memberikan puzzle yang sederhana untuk anak 1 tahun dan meningkatkan level kesulitan puzzle seiring bertambahnya usia si kecil permainan ini juga dapat digunakan untuk mengisi quality tempe Ranch bersama si kecil agar bonding dapat lebih terjalin dan untuk mendapatkan informasi penting lainnya

3. Bermain adonan

Aktivitas ini melatih otot-otot kecil di tangan anak dan membantu mereka belajar tentang tekstur dan warna. Anda dapat membuat adonan sendiri dari tepung, air, dan garam, atau membeli adonan siap pakai.

Dalam bermain orang tua baiknya ikut dalam permainan agar si anak juga merasa senang . terkadang jika anak bermain sendiri maka dia akan merasa bosan . untuk itu peran orangtua untuk bermain bersama sangat penting juga .

4. Permainan balok

Permainan balok adalah salah satu permainan yang banyak di sukai anak – anak . karena permainan ini mengenalkan anak dengan bentuk , ruang dan keseimbangan . tentunya dalam menyusun balok balok ini akan mendroang anak untuk berkreatifitas dan imajinasi anak tentunya .

5. Mewarna

Permainan mewarna bisa menjadi pilihan bagi orang tua untuk mengajarkan tentang pendidikan dan memdorong perkembangan anak . dengan wewarna anak akan belajar tentang warna , bentuk dan juga kontro pensil yang di gunakan . kamu bisa memberi anak buku mewarna , gambar yang di cetak dan juga krayon agar anak mulai menggambar sesuai yang dia mau .

Kesimpulan

Mungkin itu saja bunda yang bisa admin bagikan mengenai apa saja Permainan Edukasi Anak Usia Prasekolah yang bisa jadikan rujukan saat memberikan permainan anak . pastikan mainan yang anda belikan memiliki fungsi untuk pendidikan edukatif untuk anak kesayangan anda .

 

advertisement

Tinggalkan komentar