apa sing dimaksud ngenani wacan narasi

Apa Yang Dimaksud Dengan Wacana Narasi?Source: bing.com

Wacana narasi adalah salah satu jenis wacana yang digunakan untuk menceritakan suatu peristiwa atau cerita dalam urutan tertentu. Biasanya, wacana narasi ditulis dalam bentuk prosa dan dikemas dalam sebuah teks ataupun artikel.

Ciri-ciri Wacana Narasi

Agar dapat dikategorikan sebagai wacana narasi, terdapat beberapa ciri-ciri yang harus dipenuhi, antara lain:

1. Mengandung alur cerita atau pengisahan yang jelas dan sistematis.

2. Menampilkan tokoh-tokoh dalam cerita dan menjelaskan peran mereka.

3. Menggunakan kata ganti orang pertama atau ketiga untuk mengarahkan pembaca ke dalam cerita.

4. Diceritakan dalam urutan waktu yang berurutan dan logis.

5. Berisi klimaks atau puncak cerita yang menegangkan.

Jenis-jenis Wacana Narasi

Wacana narasi dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, di antaranya:

1. Cerita Fiksi

Merupakan jenis wacana narasi yang berisi cerita-cerita yang dibuat secara fiktif tanpa benar-benar terjadi di dunia nyata. Contohnya, novel atau cerpen.

2. Cerita Non-Fiksi

Merupakan jenis wacana narasi yang berisi cerita-cerita yang benar-benar terjadi di dunia nyata. Contohnya, biografi atau memoar.

3. Legenda

Merupakan jenis wacana narasi yang berisi cerita-cerita yang berkaitan dengan mitologi atau kepercayaan suatu bangsa atau daerah. Contohnya, legenda Roro Jonggrang atau legenda Barong Bali.

4. Fabel

Merupakan jenis wacana narasi yang berisi cerita-cerita tentang hewan atau tumbuhan yang diberi sifat-sifat manusia. Contohnya, cerita tentang si kancil dan buaya atau tentang si kura-kura dan si kelinci.

Kelebihan Menggunakan Wacana Narasi dalam SEO

Menggunakan wacana narasi dalam SEO dapat memberikan beberapa kelebihan, antara lain:

1. Meningkatkan Engangement

Dengan memberikan cerita yang menarik dan menghibur, pembaca cenderung lebih tertarik dan terlibat dalam artikel tersebut, sehingga memberikan dampak positif terhadap engagement rate.

2. Meningkatkan Visibilitas

Google cenderung lebih memprioritaskan artikel yang memiliki kualitas dan relevansi dengan topik yang dicari. Dengan memberikan nilai tambah berupa cerita yang menarik, artikel tersebut menjadi lebih relevan dengan topik yang dibahas, sehingga meningkatkan visibilitas di mesin pencari.

3. Membuat Artikel Lebih Mudah Dipahami

Dalam wacana narasi, cerita disampaikan dengan cara yang lebih mudah dipahami dan diingat oleh pembaca. Hal ini dapat membantu pembaca untuk memahami konten artikel secara keseluruhan.

Kesimpulan

Secara singkat, wacana narasi adalah jenis wacana yang digunakan untuk menceritakan suatu peristiwa atau cerita dalam urutan tertentu. Dalam SEO, menggunakan wacana narasi dapat memberikan beberapa kelebihan, seperti meningkatkan engagement, meningkatkan visibilitas, dan membuat artikel lebih mudah dipahami. Oleh karena itu, wacana narasi dapat menjadi salah satu strategi yang efektif dalam meningkatkan peringkat di mesin pencari Google.

Tinggalkan komentar