advertisement
Cara Menggemukkan Kambing
Cara Menggemukkan Kambing

Cara Menggemukkan Kambing Yang Kurus Kering Selama 3 Bulan

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas cara menggemukkan kambing yang kurus dengan sistem penggemukan kambing selama tiga bulan. Sistem ini memiliki risiko kerugian yang sangat minim dan mudah diterapkan. Mari simak ulasannya hingga selesai, agar anda bisa mengubah kambing yang tadinya kurus menjadi gemuk .

Ternak kambing yang gemuk dan sehat adalah impian para peternak kambing tentunya . karena kambing yang di jual sebagai pedaging , membutuhkan kambing yang memiliki kualitas baik dan gemuk tentunya agar daging yang di hasilkan menjadi banyak dan memberikan keuntungan bagi peternak kambing . tentunya patut di ketahui teknik budidaya ternak yang baik itu bagaimana .

Banyak sekali makanan yang bersumber daging kambing seperti sate kambing , gule kambing dan masakan daging lainnya dan memang sangat di sukai oleh semua orang .

advertisement

Sebagai peternak, penting bagi kita untuk menghindari kerugian saat menjual indukan yang kurus dengan harga rendah. Biasanya, indukan yang sudah tidak produktif cenderung kurus dan dijual dengan harga murah. Ini adalah masalah umum yang sering dihadapi oleh peternak, khususnya mereka yang tinggal di daerah pedalaman dan hanya mengandalkan pakan hijauan.

Memahami Waktu yang Tepat untuk Memulai Penggemukan Kambing

Memulai usaha penggemukan kambing sebaiknya dilakukan pada bulan Ramadan. Pada bulan ini, banyak peternak yang menjual kambingnya untuk persiapan hari raya Idul Fitri. Hal ini menyebabkan harga kambing turun. Saat itulah waktu yang tepat untuk membeli kambing dengan harga lebih murah. Sebagai contoh, kambing yang biasanya dijual seharga Rp2 juta dapat dibeli hanya dengan Rp1,7 juta atau Rp1,8 juta. Keuntungan instan bisa didapat dari selisih harga pembelian ini.

BACA JUGA  Cara Chat Guru yang Sopan: Panduan Lengkap untuk Pelajar Jaman Now

Cara Menggemukkan Kambing Yang Kurus Kering

Cara Menggemukkan Kambing

Setelah membeli kambing, langkah selanjutnya adalah membawa kambing ke kandang dan mulai proses penggemukan. Penggemukan kambing hanya memerlukan waktu tiga bulan dengan pakan sederhana. Tidak perlu pakan mahal atau konsentrat, cukup pakan yang tersedia di sekitar. Pada saat Idul Adha, harga kambing bisa naik menjadi Rp3 juta atau lebih, sehingga keuntungan yang diperoleh bisa mencapai Rp1 juta.

Bagaimana Cara menggemukkan kambing dalam waktu singkat? Pertanyaan ini sering menjadi perdebatan di kalangan peternak, terutama mereka yang fokus pada penggemukan ternak. Di artikel kali ini, saya akan membagikan Cara menggemukkan kambing paling afektif tanpa mengeluarkan biaya besar, sehingga kita tidak mengalami kerugian.

advertisement

Di peternakan kami, kami khusus bergerak di bidang breeding. Namun, pejantan yang dihasilkan kami gemukkan sebelum dijual. Indukan betina yang tidak produktif lagi tidak kami jual dalam kondisi kurus. Kami memiliki trik khusus untuk membuat indukan non-produktif menjadi gemuk sehingga harganya lebih baik saat dijual.

Salah satu contoh adalah indukan kacang yang sudah berkali-kali melahirkan dan sudah terlalu tua untuk laktasi lagi. Kami menggemukkan indukan ini sehingga bisa dijual dengan harga bagus. Indukan non-produktif yang sudah gemuk bisa dibeli dengan harga yang lebih tinggi baik secara jogog maupun dengan ditimbang.

1. Cara menggemukkan kambing dengan Pemberian pakan yang efektif

Tips Cara menggemukkan kambing kurus yang akan di jual yang perlu kamu ketahui , Setiap pejantan yang akan dijual dalam waktu dekat kami beri perlakuan intensif. Kami memastikan kebersihan kambing dengan memandikannya, membebaskan dari cacing dan kutu, serta menjaga kebersihan kandang. Selain itu, meskipun diberi hijauan, kami tidak hanya memberi satu jenis pakan. Kami mencampurkan berbagai jenis rumput seperti odot, gajah, dan lainnya, serta menambahkan protein dari bungkil kedelai (SBM).

Baca juga : Cara mengobati kambing kurus kering dan tidak mau makan

BACA JUGA  Air Tajin Untuk Anak Kambing - Manfaat Dan Cara Membuatnya

SBM adalah pakan tambahan yang kami gunakan untuk merangsang pertumbuhan daging. Meskipun harganya mahal, kami hanya menggunakannya sebagai pancingan dengan dosis maksimal 2 sendok makan per hari. Dengan pengalaman kami, metode ini berhasil membuat ternak menjadi gemuk dalam waktu 2-3 bulan.

Dengan tekning Cara menggemukkan kambing ini, kita bisa mentargetkan waktu penjualan ternak dengan lebih tepat. Rutin memberikan SBM merangsang ternak untuk minum lebih banyak, yang membantu pertumbuhan mereka. Bagi sahabat peternak yang memiliki kambing kurus dan sulit gemuk, metode yang kami gunakan bisa menjadi solusi.

Agar kambing tetap sehat dan layak jual, perawatan yang baik sangat penting. Pastikan kambing mendapatkan pakan yang cukup dan berkualitas, serta jaga kesehatan kambing dengan baik. Pakan yang cocok untuk penggemukan kambing bisa berupa daun singkong, daun nangka, atau jenis leguminosa lainnya. Pakan ini dapat diperoleh secara gratis dari kebun atau dibeli dari petani setempat.

2. Air Minum dan Penggemukan Ternak

Cara Menggemukkan Kambing

Cara menggemukkan kambing kurus selanjutnya adalah pemberian air minum , air minum memegang peran krusial. Air yang cukup dapat membantu meningkatkan nafsu makan dan mempercepat penambahan berat badan ternak. Namun, memberikan air minum secara rutin bisa menjadi tantangan, terutama jika ternak tersebut tidak dibiasakan minum sejak awal.

Tips Melatih Ternak untuk Minum

Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk melatih ternak agar mau minum:

  1. Campur Garam: Menambahkan sedikit garam ke dalam air minum dapat merangsang ternak untuk minum lebih banyak.
  2. Pakan Kering: Memberikan pakan kering seperti daun singkong kering atau konsentrat kering dapat merangsang rasa haus ternak.
  3. Aroma Pisang: Menambahkan pisang matang yang dihancurkan ke dalam ember air dapat menarik minat ternak untuk minum karena aroma pisang yang menggugah selera.

Dengan menggunakan kandang individu dan menyediakan air minum di tengah, ternak dapat minum kapan saja mereka merasa haus. Metode ini sangat membantu dalam memastikan ternak mendapatkan takaran air yang tepat setiap hari.

BACA JUGA  Jenis Pakan Terbaik untuk Ayam Petelur

Pemberian air minum secara rutin memudahkan kita dalam memberikan suplemen, mineral, dan obat-obatan kepada ternak. Misalnya, mencampurkan obat cacing ke dalam air minum akan memastikan ternak mendapatkan dosis yang tepat.

Untuk peternak yang masih ragu tentang pentingnya air minum, cobalah eksperimen sederhana. Pisahkan ternak menjadi dua kelompok, satu kelompok diberi air minum secara rutin dan kelompok lainnya tidak. Setelah satu bulan, perhatikan perbedaan fisik antara kedua kelompok tersebut. Anda akan melihat betapa pentingnya air minum untuk kesehatan dan pertumbuhan ternak.

Agar kambing tetap sehat dan layak jual, perawatan yang baik sangat penting. Pastikan kambing mendapatkan pakan yang cukup dan berkualitas, serta jaga kesehatan kambing dengan baik. Pakan yang cocok untuk penggemukan kambing bisa berupa daun singkong, daun nangka, atau jenis leguminosa lainnya. Pakan ini dapat diperoleh secara gratis dari kebun atau dibeli dari petani setempat.

Keuntungan dari Sistem Penggemukan 3 Bulan

Cara menggemukkan kambing kurus selama tiga bulan ini memiliki banyak keuntungan. Selain mudah dan tidak memerlukan perawatan yang rumit, risiko kerugian juga sangat rendah. Kambing yang sudah besar memiliki daya tahan tubuh yang baik dan jarang mengalami kematian. Dengan strategi ini, keuntungan dapat maksimal dengan usaha yang minimal.

Maksimalkan Peluang Pasar

Untuk mengoptimalkan keuntungan, penting untuk memahami pasar. Ketika banyak peternak menjual kambing pada bulan Ramadan, itulah saat yang tepat untuk membeli. Sebaliknya, saat Idul Adha, ketika permintaan kambing tinggi, itulah saat yang tepat untuk menjual. Dengan menguasai pasar dan memiliki relasi dengan pedagang, penjualan kambing dapat lebih lancar dan menguntungkan.

Penutup

Demikian informasi mengenai Cara menggemukkan kambing kurus selama tiga bulan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian semua. Jika ada pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman, silakan tinggalkan komentar. Jangan bagikan artikel ini agar semakin banyak orang yang mendapatkan manfaatnya. Selamat mencoba dan semoga sukses!

About kromo

Saya adalah Full Time Blogger yang menyukai teknologi informasi terkini