apa itu body

Apa Itu Body?Source: bing.com

Pendahuluan

Jika Anda seorang web developer atau designer, maka Anda pasti tahu tentang tag <body> di dalam HTML. Bagi mereka yang baru belajar, kemungkinan besar mereka bertanya-tanya apa itu body dan apa fungsinya. Untuk itu, artikel ini akan membahas secara lengkap tentang apa itu body dan semua yang Anda perlu ketahui tentang tag ini.

Apa itu Tag <body>?

Tag <body> adalah bagian dari kode HTML yang digunakan untuk menunjukkan area konten utama dari sebuah halaman web. Semua elemen visual, seperti teks, gambar, video, dan elemen lainnya ditampilkan di dalam tag body. Ini berarti bahwa setiap halaman web harus memiliki tag <body> untuk menampilkan konten di browser web.

Fungsi Tag <body>

Fungsi utama tag <body> adalah untuk menunjukkan area konten utama dalam sebuah halaman web. Namun, tag ini juga memiliki beberapa fungsi lainnya, di antaranya:

1. Menentukan Warna Latar Belakang

Tag <body> digunakan untuk menentukan warna latar belakang dari halaman web. Atau Anda juga bisa menggunakan CSS untuk menentukan warna latar belakang.

2. Mengatur Jenis Huruf

Anda juga bisa mengatur jenis huruf yang akan digunakan pada halaman web dengan menggunakan tag <body>. Ini berguna untuk menentukan jenis huruf yang paling sesuai dengan konten yang ada di halaman web.

3. Menambahkan Skrip JavaScript

Tag <body> juga bisa digunakan untuk menambahkan skrip JavaScript pada halaman web. Ini berguna untuk menambahkan berbagai efek visual atau untuk melakukan interaksi dengan pengguna.

BACA JUGA   200.000 rupiah berapa dolar

4. Menentukan Lebar dan Tinggi Halaman Web

Tag <body> juga digunakan untuk menentukan lebar dan tinggi halaman web. Ini membuat halaman web lebih terstruktur dengan mengatur ukuran konten yang ada di dalamnya.

Cara Menggunakan Tag <body>

Untuk menggunakan tag <body>, Anda harus mengetikkan kode HTML yang berisi tag tersebut. Berikut adalah contoh penggunaan tag <body>:<!DOCTYPE html><html><head><title>Contoh Halaman Web</title></head><body><h1>Selamat Datang di Halaman Web Kami</h1><p>Ini adalah sebuah paragraf yang akan ditampilkan di halaman web.</p></body></html>Pada contoh di atas, Anda bisa melihat bahwa tag <body> ditempatkan setelah tag <head>. Ini karena semua elemen visual harus ditempatkan di dalam tag <body>.

Kesimpulan

Tag <body> merupakan bagian penting dari kode HTML yang menunjukkan area konten utama dari sebuah halaman web. Fungsi utamanya adalah untuk menampilkan semua elemen visual, seperti teks, gambar, video, dan elemen lainnya di dalam browser web.Tag <body> juga memiliki beberapa fungsi lainnya, seperti menentukan warna latar belakang, mengatur jenis huruf, menambahkan skrip JavaScript, dan menentukan lebar dan tinggi halaman web.Untuk menggunakan tag <body>, Anda hanya perlu mengetikkan kode HTML yang sesuai. Pastikan semua elemen visual ditempatkan di dalam tag <body>. Dengan begitu, halaman web akan ditampilkan dengan baik di browser web.