apa itu hormon prolaktin

Apa Itu Hormon Prolaktin?Source: bing.com

Pengenalan

Prolaktin adalah hormon yang diproduksi oleh kelenjar pituitari di otak. Hormon ini berperan penting dalam mengatur produksi susu pada wanita setelah melahirkan. Prolaktin juga terlibat dalam regulasi siklus menstruasi dan produksi hormon seks lainnya pada pria dan wanita.

Fungsi Prolaktin

Prolaktin memiliki beberapa fungsi penting dalam tubuh, termasuk:

1. Regulasi produksi susu pada ibu menyusui

Prolaktin memicu produksi susu pada wanita yang baru melahirkan. Hormon ini merangsang kelenjar susu untuk memproduksi susu dan mempertahankan pasokan susu yang cukup untuk bayi.

2. Regulasi siklus menstruasi pada wanita

Prolaktin juga dapat mempengaruhi siklus menstruasi pada wanita. Tingkat prolaktin yang tinggi dapat menunda ovulasi dan menyebabkan menstruasi tidak teratur.

3. Regulasi hormon seks pada pria dan wanita

Selain itu, prolaktin juga terlibat dalam regulasi hormon seks pada pria dan wanita. Hormon ini dapat memengaruhi produksi testosteron pada pria dan estrogen pada wanita.

Tingkat Prolaktin Normal

Tingkat prolaktin normal pada wanita yang tidak sedang hamil atau menyusui adalah antara 2 hingga 29 ng/mL. Pada pria, tingkat prolaktin normal adalah antara 2 hingga 18 ng/mL. Namun, tingkat ini dapat bervariasi tergantung pada usia, waktu hari, dan kondisi kesehatan seseorang.

Penyebab Peningkatan Prolaktin

Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan peningkatan tingkat prolaktin dalam tubuh antara lain:

1. Kehamilan dan menyusui

Tingkat prolaktin yang tinggi adalah normal selama kehamilan dan menyusui.

2. Penyakit prolaktinoma

Prolaktinoma adalah tumor jinak yang tumbuh di kelenjar pituitari dan menyebabkan peningkatan produksi prolaktin.

3. Efek samping obat

Beberapa obat, seperti obat antidepresan dan obat untuk mengobati tekanan darah tinggi, dapat menyebabkan peningkatan prolaktin.

Gejala Peningkatan Prolaktin

Peningkatan tingkat prolaktin dalam tubuh dapat menyebabkan beberapa gejala, seperti:

1. Produksi susu pada wanita yang tidak sedang hamil atau menyusui

Tingkat prolaktin yang tinggi dapat menyebabkan produksi susu pada wanita yang tidak sedang hamil atau menyusui.

2. Kemandulan pada wanita

Prolaktin yang tinggi dapat menghambat ovulasi dan menyebabkan kemandulan pada wanita.

3. Impotensi pada pria

Tingkat prolaktin yang tinggi pada pria dapat mengganggu produksi testosteron dan menyebabkan impotensi.

Pemeriksaan Tingkat Prolaktin

Pemeriksaan tingkat prolaktin dapat dilakukan dengan melakukan tes darah. Tes ini dilakukan untuk mengukur tingkat prolaktin dalam tubuh seseorang.

Pengobatan Peningkatan Prolaktin

Pengobatan untuk peningkatan prolaktin tergantung pada penyebabnya. Jika penyebabnya adalah prolaktinoma, dokter dapat meresepkan obat untuk menghambat produksi prolaktin tumor atau melakukan operasi untuk menghilangkan tumor.Jika peningkatan prolaktin disebabkan oleh efek samping obat, dokter dapat meresepkan obat lain atau mengurangi dosis obat yang menyebabkan peningkatan prolaktin.

Kesimpulan

Prolaktin adalah hormon yang diproduksi oleh kelenjar pituitari di otak dan berperan penting dalam regulasi produksi susu pada wanita setelah melahirkan, regulasi siklus menstruasi pada wanita, dan regulasi hormon seks pada pria dan wanita. Peningkatan tingkat prolaktin dalam tubuh dapat menyebabkan beberapa gejala dan dapat diobati tergantung pada penyebabnya. Pemeriksaan tingkat prolaktin dapat dilakukan dengan melakukan tes darah.

Tinggalkan komentar