apa itu pengelasan

Apa Itu Pengelasan?Source: bing.com

Pendahuluan

Pengelasan adalah suatu proses penyambungan logam dengan menggunakan panas dan tekanan. Proses ini biasanya digunakan untuk menghubungkan dua benda logam yang berbeda atau untuk memperbaiki bagian yang rusak pada benda logam.

Macam-Macam Pengelasan

Terdapat beberapa macam pengelasan yang umum digunakan di industri, yaitu pengelasan gas, pengelasan listrik, dan pengelasan laser. Pengelasan gas menggunakan gas yang dinyalakan untuk membentuk panas yang diperlukan untuk menyatukan logam. Pengelasan listrik menggunakan listrik untuk memanaskan logam dan melelehkan logam tersebut. Sedangkan, pengelasan laser menggunakan sinar laser untuk memanaskan bagian-bagian logam yang akan disambungkan.

Alat-Alat Pengelasan

Alat pengelasan yang umum digunakan adalah mesin las atau welder. Mesin las bisa menggunakan listrik atau gas untuk menghasilkan panas yang dibutuhkan untuk menyambungkan logam. Ada juga alat pengelasan sederhana yang bisa digunakan untuk mengelas logam di rumah, seperti solder dan besi las.

Cara Kerja Pengelasan

Pada dasarnya, pengelasan bekerja dengan melelehkan bagian-bagian logam yang akan disambungkan dan kemudian menekan bagian-bagian tersebut agar melekat dengan kuat. Bagian logam yang dilelehkan tersebut biasanya dikenal sebagai logam pengisi atau filler metal.

Keuntungan Pengelasan

Pengelasan memiliki beberapa keuntungan, yaitu:- Memungkinkan penyatuan benda logam yang berbeda.- Mampu memperbaiki bagian-bagian yang rusak pada benda logam.- Hasil pengelasan dapat bertahan lama.- Biaya pengelasan lebih murah dibandingkan membeli benda logam baru.

Kerugian Pengelasan

Namun, pengelasan juga memiliki beberapa kerugian, yaitu:- Biaya pengelasan bisa cukup mahal jika benda yang akan disambungkan terbuat dari logam yang sulit dihubungkan.- Pengelasan bisa menghasilkan cacat pada benda logam, seperti penyusutan atau retak.- Pengelasan memerlukan keahlian dan pengalaman yang cukup, sehingga tidak semua orang bisa melakukannya.

Penyambungan Logam dengan Pengelasan

Pengelasan bisa digunakan untuk menyambungkan benda logam dengan berbagai bentuk dan ukuran. Namun, untuk mendapatkan hasil yang kuat dan awet, perlu diperhatikan beberapa faktor, seperti jenis logam yang akan disambungkan, jenis pengelasan yang digunakan, dan teknik pengelasan yang tepat.

Proses Pengelasan

Proses pengelasan meliputi beberapa tahapan, yaitu:1. Persiapan benda logam yang akan disambungkan, seperti membersihkan permukaan logam dari kotoran atau karat.2. Menentukan jenis pengelasan yang akan digunakan, tergantung pada jenis logam dan kebutuhan pengelasan.3. Menentukan teknik pengelasan yang sesuai, seperti pengelasan titik, pengelasan jangkar, atau pengelasan tumpang tindih.4. Memulai proses pengelasan dengan menggunakan mesin las atau alat pengelasan lainnya.5. Setelah pengelasan selesai, benda logam harus didinginkan secara perlahan agar tidak terjadi penyusutan atau deformasi.

Keamanan dalam Pengelasan

Pengelasan bisa berbahaya jika tidak dilakukan dengan benar. Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga keamanan saat pengelasan adalah:- Menggunakan alat pelindung diri, seperti kacamata pengaman, sarung tangan, dan masker pengaman.- Memastikan ruangan tempat pengelasan memiliki sirkulasi udara yang baik agar tidak terjadi penumpukan gas beracun.- Menjaga jarak yang aman antara mesin las dan benda logam yang akan disambungkan.- Memastikan mesin las atau alat pengelasan lainnya dalam kondisi baik dan aman untuk digunakan.

Kesimpulan

Pengelasan adalah suatu proses penyambungan logam dengan menggunakan panas dan tekanan. Proses ini bisa digunakan untuk menyatukan benda logam yang berbeda atau untuk memperbaiki bagian yang rusak pada benda logam. Pengelasan memiliki beberapa keuntungan, seperti memungkinkan penyatuan benda logam yang berbeda dan hasil pengelasan dapat bertahan lama. Namun, pengelasan juga memiliki beberapa kerugian, seperti biaya pengelasan yang mahal dan pengelasan bisa menghasilkan cacat pada benda logam. Oleh karena itu, perlu diperhatikan beberapa faktor seperti jenis logam yang akan disambungkan, jenis pengelasan yang digunakan, dan teknik pengelasan yang tepat untuk mendapatkan hasil yang kuat dan awet. Selain itu, juga perlu diperhatikan keamanan saat melakukan pengelasan agar terhindar dari bahaya yang mungkin terjadi.

Tinggalkan komentar