advertisement
cara menggunakan tetes tebu untuk kambing
cara menggunakan tetes tebu untuk kambing

Cara Menggunakan Tetes Tebu Untuk Kambing , Ketahui Manfaatnya

Kali ini saya akan membagikan tips bagaimana cara menggunakan tetes tebu untuk kambing , yang mana langkah ini biasa di gunakan peternak kambing yang ingin ternaknya aktif dan sehat .

Karena memang budidaya ternak kambing akan menghadapi banyak masalah diantaranya terkena penyakit , kembung ,masuk , angin susah makan dan lemas . tentunya bagi peternak kambing yang sudah lama sudah paham bagaimana cara mengobati kambing yang sakit dan tidak mau makan .

Cara menggunakan tetes tebu untuk kambing

Di bawah ini langkah langkah yang bisa anda lakukan bagaimana cara menggunakan tetes tebu untuk kambing, silahkan ikuti seperti berikut ini .

advertisement
BACA JUGA  Mengenal Lebih Jauh tentang Keong Pemakan Lumut

Persiapan Minuman untuk Kambing

Pertama-tama, kita perlu menyiapkan dua ember berisi air. Setiap ember cukup untuk 15 ekor kambing. Selanjutnya, kita siapkan tetes tebu yang bisa dibeli di pasaran. Tetes tebu ini sangat bermanfaat untuk penggemukan kambing, namun tidak disarankan untuk kambing yang sedang hamil.

Langkah-langkah Membuat Minuman Kambing

cara menggunakan tetes tebu untuk kambing
  1. Ambil satu genggam kecil garam untuk setiap ember air.
  2. Tambahkan sedikit tetes tebu, sekitar satu tutup botol.
  3. Aduk campuran air, garam, dan tetes tebu hingga garam larut sepenuhnya.

Minuman ini sebaiknya diberikan setiap dua hari sekali pada siang hari, terutama saat cuaca panas.

Manfaat Tetes Tebu dan Garam untuk Kambing

Kambing-kambing sangat menyukai minuman ini dan minumannya cepat habis. Jenis kambing PE (Peranakan Etawah) dan kambing bligon yang saya pelihara menunjukkan respon positif. Telinga mereka yang lentur dan kondisi fisik yang sehat menjadi bukti manfaat dari minuman ini.

BACA JUGA  Cara Ternak Kambing Perah Agar Untung Besar

Kondisi Kambing Setelah Diberi Minuman

Kambing yang telah diberi minuman tetes tebu dan garam terlihat lebih aktif dan sehat. Induk kambing yang melahirkan juga menunjukkan peningkatan kesehatan. Ada kambing bligon yang sudah hamil lagi dan anak kambing betina yang tidak perlu dipisah dari induknya.

advertisement

Perawatan Rutin untuk Kambing

Saya juga memiliki kambing jenis jawarandu yang paling pendek namun dengan perut besar, menunjukkan tanda-tanda sehat setelah rutin diberi minuman ini. Meski ada yang kurus, dengan perawatan dan pemberian minuman yang rutin, kesehatannya dapat terus dipantau dan ditingkatkan.

Kesimpulan

Artikel ini memberikan pemahaman bagi peternak dalam memberi minum kambing ternaknya. Peternak menggunakan campuran air, tetes tebu, dan garam yang diberikan dua hari sekali saat cuaca panas. Campuran ini diyakini dapat membantu penggemukan kambing, namun tidak baik untuk kambing yang sedang hamil. Prosesnya melibatkan menakar tetes tebu dan garam dengan takaran kecil, lalu mengaduknya hingga larut dalam air. Meskipun sederhana, minuman ini sangat disukai kambing-kambingnya, terutama jenis PE dan jawarandu. sekian dan terimakasih

About kromo

Saya adalah Full Time Blogger yang menyukai teknologi informasi terkini