advertisement

Pemilihan Lokasi yang Tepat untuk Beternak Kambing

advertisement

Pemilihan Lokasi yang Tepat untuk Beternak Kambing memang di perlukan agar ternak kambing yang akan di pelihara merasa nyaman dengan tempat tinggal atau kandang mereka . jika kambing merasa nyaman , maka kambing akan tumbuh dengan sehat , kuat dan cepat tumbuh besar sehingga kemungkinan mendapatkan keuntungan ternak kambing akan semakin besar pula akhirnya .

Minat masyarakat di kampung terhadap ternak kambing sudah besar dari zaman dahulu kala . namun umumnya para petani memelihara kambing untuk sampingan saja selain menggarap sawah dan pertanian . apalagi mereka yang tinggal di daerah pegunungan yang tentunya tersedia pakan ternak yang cukup maka sangat rugi jika mereka tidak memelihara kambing .

Namun perlu di ketahui satu hal yang harus di pertimbangkan adalah ” Pemilihan Lokasi yang Tepat untuk Beternak Kambing ” . karena ini menurut saya sangat krusial . jika kambing berada di tempat yang kumuh , becek dan kotor tentu saja tumbuh kembangnya akan jelek dan akan sering terkena penyakit . untuk itu ada beberapa tips untuk memilih lokasi yang tepat untuk beternak kambing dan hal ini saya akan ulas di artikel ini .

Pemilihan Lokasi yang Tepat untuk Beternak Kambing

Ada beberapa pertimbangan untuk menentukan  lokasi ternak kambing yang tepat , yaitu sebagai berikut ini :

Pastikan berada di lokasi yang teduh dan bersih

Membuat kandang di tempat yang teduh dan bersih adalah hal yang perlu anda pertimbangkan . bayangkan jika kambing anda berada di lokasi yang panas dan tanpa perlindungan dari sinar matahari dan hujan . bisa di bayangkan ternak akan teriak meronta ronta karena mereka merasa tidak nyaman dengan kondisinya .

Tempat yang bersih menjadi hal yang di perhatikan juga agar ternak tidak mudah terserang penyakit . kalau lingkungan yang kotor , kumuh dan becek maka akan membuat ternak tidak nyaman . apalagi kotoran yang mereka keluarkan tidak bersihkan setiap waktu .

Lokasi kandang di tempat teduh yang di sekitarnya banyak pepohon besar dan cukup juga mendapatkan sinar matahari di pagi dan sore hari sangat mendukung sekali ternak akan tumbuh dengan sangat baik dan terhindar dai penyakit .

Kambing umumnya lebih menyukai iklim kering dan hangat dengan sirkulasi udara yang baik. Hindari memilih lokasi dengan curah hujan yang tinggi atau berada di dataran rendah yang lembab. Kondisi lembab dapat memicu perkembangan penyakit pada kambing.

Tanah yang ideal untuk lokasi peternakan kambing adalah tanah yang berdrainase baik dan tidak mudah tergenang air. Hindari lokasi dengan tanah yang liat dan berpasir karena kurang nyaman untuk pijakan kambing. Kualitas air juga perlu diperhatikan. Pastikan ketersediaan air bersih untuk minum dan sanitasi kandang.

advertisement

Jauh dari lalu lintas jalan

Lokasi kandang yang jauh dari lalu lintas jalan juga perlu di perhitungkan , agar ternak kambing merasa nyaman dan tidak terganggu lalu lintas kendaraan yang bising . bayangin saja jika lokasi kambing di tempat yang dekat dengan lalu lintas , maka kambing akan teriak teriak karena terlalu seringnya mendengar kebisingan . tentu saja kambing tidak akan bisa tumbuh dengan baik .

Berada di lokasi dekat rumah

Jika anda ingin beternak kambing ada baiknya buat lokasinya dekat rumah , idealnya berada di belakang rumah . dan tentu saja harus ada jarak yang cukup dengan lokasi rumah anda apalagi dapur karena kotorannya tentu saja akan berbau . tentu anda tidak mau terganggu bau kotoran kambing di saat akan makan dan minum bukan .

Berada di lokasi dekat rumah juga dengan sangat mudah bagi pemilik untuk mengawasi kambingnya setiap waktu jika kambing mengalami sesuatu yang tidak diinginkan tentunya . selain itu keamanan ternak dari pencuri kambing yang terkadang masih ada menjadi pertimbangan untuk memilih lokasi dekat rumah .

Pilih lokasi yang memiliki keamanan yang baik, jauh dari pemukiman yang kumuh dan rawan pencurian. Jika memungkinkan, buat pagar keliling yang kokoh untuk mengamankan area peternakan. Perhatikan juga keberadaan hewan predator seperti anjing liar atau musang yang dapat menyerang kambing.

Selain pemilihan lokasi yang tepat untuk beternak kambing , peternak juga perlu menyediakan pakan yang cukup agar ternak bisa tumbung dan besar dengan cepat dan sehat . pastikan pakan ternak bisa anda dapatkan di lokasi anda . karena ternak makannya adalah daun daunan dan juga rumput .

Pakan merupakan faktor terpenting dalam beternak kambing. Kambing membutuhkan pakan hijauan dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Oleh karena itu, ketersediaan sumber pakan di sekitar lokasi menjadi hal yang krusial. Kambing umumnya memakan berbagai macam rumput, dedaunan, dan tanaman leguminosa. Beberapa jenis pakan hijauan yang disukai kambing antara lain rumput benggala, rumput odot, daun kacang-kacangan, dan turi.

Kesimpulan

Pemilihan lokasi yang tepat merupakan faktor fundamental dalam keberhasilan usaha beternak kambing. Dengan mengikuti panduan yang telah dibahas dalam artikel ini, Anda dapat membuat keputusan yang tepat dan membangun fondasi yang kokoh untuk kesuksesan usaha ternak Anda. Ingatlah bahwa beternak kambing membutuhkan komitmen, ketelatenan, dan pengetahuan yang memadai. Lakukan riset yang mendalam, pelajari teknik-teknik peternakan yang tepat, dan selalu jaga kesehatan dan kebersihan ternak Anda untuk memaksimalkan keuntungan dan mencapai kesuksesan yang Anda impikan.

 

advertisement

Tinggalkan komentar