apa itu flip flop

Apa Itu Flip Flop?Source: bing.com

Kenapa Sandal Ini Disebut Flip Flop?

Jika ada yang bertanya apa itu flip flop, maka jawabannya adalah sandal berjenis open-toe yang biasanya dipakai di pantai atau saat cuaca panas. Sandal ini juga sering disebut sebagai jepit, thong, atau sandal jepit.

Asal usul nama flip flop sebenarnya berasal dari bunyi yang dihasilkan oleh sandal ini ketika dipakai berjalan. Suara flip-flop atau plak-pluk disebabkan oleh sol karet atau plastik yang menempel ke kaki kita ketika berjalan.

Sejarah Flip Flop

Sejarah flip flop sebenarnya sudah dimulai sejak jaman Mesir Kuno. Sandal jenis ini dibuat dari bahan kulit dan dipakai oleh para pekerja di sungai Nil. Tidak hanya di Mesir, flip flop juga menjadi sandal populer di banyak negara tropis lainnya seperti Brazil, Jepang, dan Australia.

Pada tahun 60-an, flip flop menjadi ikon budaya populer di Amerika Serikat. Sandal ini dipakai oleh anak muda dan digunakan sebagai simbol kebebasan dan kecenderungan hippie. Bahkan, pada saat itu, flip flop menjadi bagian dari seragam mahasiswa California.

Jenis Flip Flop

Sekarang, flip flop ada dalam berbagai jenis dan warna. Ada yang polos dan ada yang berdiam-diam dengan desain yang mencolok. Ada juga flip flop yang diberi hiasan seperti payet, manik-manik, atau kristal.

Selain itu, ada juga flip flop yang dirancang untuk berolahraga di luar ruangan seperti hiking atau bersepeda gunung. Flip flop ini memiliki tali yang dapat diikat dan sol yang lebih tebal untuk melindungi kaki dari batu atau cabang yang tajam.

BACA JUGA   apa arti kata serat

Cara Memakai Flip Flop yang Benar

Meskipun flip flop terlihat mudah dipakai, sebenarnya ada cara yang benar untuk memakainya agar tidak membuat kaki kita sakit atau cedera. Pertama-tama, pastikan flip flop yang kita pakai sesuai dengan ukuran kaki kita. Jangan memakai flip flop yang kecil atau terlalu besar karena dapat membuat kita terjatuh atau terkilir.

Kedua, perhatikan bagian yang menempel ke kaki kita. Pastikan tidak terlalu ketat atau terlalu longgar. Jika terlalu ketat, maka bisa membuat kaki kita lelah atau membekas. Sedangkan jika terlalu longgar, maka kita akan kesulitan saat berjalan.

Kelebihan dan Kekurangan Flip Flop

Meskipun banyak orang menyukai flip flop karena nyaman dan mudah dipakai, namun sandal ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah flip flop sangat cocok digunakan saat cuaca panas karena kaki kita bisa lebih mudah bernafas dan tidak lembab.

Namun, jika kita berjalan terlalu jauh atau berlari, flip flop bisa membuat sakit pada telapak kaki dan membahayakan lutut kita. Selain itu, jika terlalu sering memakai flip flop, maka bisa menyebabkan luka-luka kecil pada kaki atau kuku kita.

Kesimpulan

Jadi, itulah penjelasan tentang apa itu flip flop. Sandal ini sebenarnya sudah ada sejak jaman Mesir Kuno dan menjadi ikon budaya populer di Amerika Serikat pada tahun 60-an. Flip flop ada dalam berbagai jenis dan warna, tapi kita harus memakainya dengan benar agar tidak membuat kaki kita sakit atau cedera.

Kelebihan flip flop adalah nyaman dan mudah dipakai saat cuaca panas, tapi kita juga harus memperhatikan kekurangannya seperti bisa membuat sakit pada telapak kaki dan membahayakan lutut kita.

BACA JUGA   apa itu notch

Jadi, ketika memilih untuk memakai flip flop, kita harus memperhatikan kesehatan kaki kita dan memilih jenis flip flop yang sesuai dengan aktivitas kita. Demikianlah artikel tentang apa itu flip flop, semoga bermanfaat!