advertisement
Cara Mengatasi Kambing Kembung
Cara Mengatasi Kambing Kembung

4 Cara Mengatasi Kambing Kembung Secara Alami

Selamat datang di situs ibu-hamil.id , kali ini saya akan membagikan informasi mengenai bagaimana cara mengatasi kambing kembung secara alami dengan sangat mudah dan di jamin berhasil dan kambing bisa sehat seperti semula lengkap dengan cara pencegahan kambing kembung , masuk angin dan sudah makan .

Kambing memang rentan kembung atau masuk angin , bahkan jika tidak segera di obati kambing ternak akan mengalami kematian . hal ini tentu sangat di takuti oleh para peternak kambing , karena kambing merupakan salah satu aset para penduduk kampung , yang mana bisa di gunakan untuk kebutuhan tertentu dengan menjualnya . dimana harga kambing semakin mahal dari tahun ke tahun .

Penyebab Kambing Kembung

1. Gas Berlebihan di Perut Kambing

Sakit kembung pada kambing disebabkan oleh gas yang berlebihan di perutnya. Proses fermentasi yang terlalu cepat di dalam perut menyebabkan penumpukan gas. Kambing sulit mengeluarkan gas ini, sehingga terjadi kembung.

advertisement

2. Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan juga berperan besar. Kambing yang dibiarkan berkeliaran dan kehujanan, atau yang berada di kandang terbuka dengan hembusan angin kencang, rentan terkena kembung. Udara yang basah dan dingin bisa memperparah kondisi ini.

BACA JUGA  Bahaya Kandang Kambing Dekat Rumah - Ancaman Yang Harus Di Waspadai

3. aktor Internal Kambing

Kambing yang sedang bunting atau mengalami kondisi asam yang tinggi di perutnya, serta yang mengeluarkan air liur berlebihan, juga rawan kembung. Kondisi ini dapat membuat perut kambing bengkak dan penuh gas.

4. Pakan yang Tidak Tepat

Pakan yang mengandung banyak gas seperti daun pete, daun singkong, dan daun gamal yang tidak dilayukan terlebih dahulu bisa menyebabkan kembung. Rumput yang masih basah juga berbahaya jika diberikan kepada kambing.

Baca juga : Cara ternak kambing untuk pemula untung puluhan juta

advertisement

Tanda-Tanda Kambing Kembung

Perubahan Perilaku

Kambing yang kembung biasanya malas bergerak, nafsu makannya menurun, dan tampak gelisah. Nafasnya tersenggal-senggal dan perut bagian kirinya membesar jika ditepuk.

Tanda Fisik

Denyut jantung melemah, punggung membungkuk, dan kepala tertunduk karena menahan sakit. Mulut kambing bisa berwarna kebiru-biruan dan mengeluarkan cairan kuning dari hidung. Dalam kondisi kritis, kambing akan terjatuh dan susah bangun.

Pencegahan Kambing Kembung

Mengatur Kandang dan Lingkungan

Kambing sebaiknya diternak secara intensif dan selalu dikandangkan. Kandang harus ditempatkan di tempat yang kering dan tidak lembab. Dinding kandang sebaiknya tertutup rapat untuk melindungi dari angin kencang.

Pemberian Pakan yang Tepat

Hindari memberi pakan yang mengandung banyak gas. Daun-daunan seperti daun singkong dan daun gamal sebaiknya dilayukan terlebih dahulu. Jangan memberi rumput yang masih basah atau berembun, terutama di pagi hari.

Cara mengatasi Kambing Kembung

1. Cara atasi perut kambing kembung dengan minya kayu putih

Cara Mengatasi Kambing Kembung

Langkah pertama cara mengatasi kambing kembung dengan Bawa kambing ke tempat yang hangat atau di bawah sinar matahari langsung. Usahakan kambing dalam posisi berdiri dengan kaki depan lebih tinggi dari kaki belakang. Perutnya bisa diolesi minyak atau balsem untuk membantu mengeluarkan gas.

BACA JUGA  Air Tajin Untuk Anak Kambing - Manfaat Dan Cara Membuatnya

Anda bisa menggunakan minya kayu putih untuk membalurinya di bagian perut . bisa juga dengan meneteskan sebanyak 2 tetes ke mulut kambing tersebut . ulangi langkah ini dua kali dan biarkan minyak kayu putih bereaksi di perut kambing . biasanya kambing akan merasa lega dan gas akan terbuang melalui saluran pembuangan atau pastikan kambing bisa kentut . umumnya juga kambing akan buang air kecil maupun besar , jika ini terjadi biasanya kambing akan berangsur angsur membaik dengan sendirinya .

2. Penggunaan Bahan Alami

Berikan degan hijau (air kelapa muda) kepada kambing. Air ini bisa membantu mengeluarkan gas dan lendir dari perut kambing. Jika tidak ada, bisa menggunakan air hangat dicampur gula merah dan garam.

Lakukan hal ini agar kambing bisa sembuh dari kembung atau masuk angin . biarkan saja jika anda sudah melakukannya . tinggal tunggu reaksinya , jika masih tidak membaik anda bisa menggunakan langkah terakhir yang saya tuliskan di bawah , khususnya dalam kasus parah dengan menggunakan bahan alami tidak menyelesaikan masalah kambing kembung .

3. Pengobatan Tambahan

Cara mengatasi kambing kembung selanjutnya yang bisa anda copba adalah dengan menggunakan bawan merah . Bagian perut yang kembung bisa dilabur dengan bawang merah yang sudah dihaluskan dan dicampur minyak angin. Pemberian promad (probiotik) juga bisa membantu mengurangi kembung. Caranya, campur tiga butir promad dengan air hangat, lalu masukkan ke dalam mulut kambing.

BACA JUGA  Mengenal Lebih Jauh tentang Keong Pemakan Lumut

4. Trik tambahan cara mengatasi kambing kembung atau masuk angin untuk kasus parah:

Cara Mengobati Kambing Kembung Masuk Angin dan Keracunan 1 min
  • Cara mengobati kambing kembung dengan Rocker:
    • Jika kambing sudah tidak kuat berdiri, gunakan teknik “rocker”.
    • Posisikan kambing seperti digoyang, dengan bagian depan tubuh lebih tinggi.
    • Hal ini membantu mengeluarkan gas dari perut.
  • c=Cara mengatasi kambing kembung , masuk angin dengan Membuat lubang pada perut (ruminotomi):
    • Sebagai langkah terakhir jika kondisi kambing tidak membaik, buatlah lubang kecil pada perut sebelah kiri kambing (di belakang tulang rusuk, di bawah tulang punggung).
    • Gunakan jarum suntik yang telah dipotong ujungnya.
    • Tusukkan jarum dengan hati-hati untuk mengeluarkan gas dari perut.
    • Lakukan tusukan di 3 tempat berbeda.
    • Untuk langkah ini ada baiknya anda memanggil dokter hewan untuk melakukannya , agar tidak terjadi kesalahan dalam mempraktekannya

Kesimpulan

Kambing kembung bisa menjadi masalah serius jika tidak ditangani dengan baik. Oleh karena itu, peternak harus selalu waspada dan memahami cara mengatasi kambing kembung. Dengan pencegahan yang tepat dan penanganan yang cepat, kambing kembung bisa diatasi sebelum kondisi menjadi fatal. Semoga tips ini bermanfaat bagi para peternak dan pemula yang sedang belajar merawat kambing.

Konsultasikan dengan dokter hewan jika kondisi kambing tidak membaik setelah melakukan langkah-langkah di atas. Pencegahan selalu lebih baik daripada pengobatan. Pastikan kambing mendapatkan pakan yang berkualitas dan hindari memberikan pakan yang beracun.

Terima kasih telah menyaksikan dan semoga sukses dalam peternakan kalian!

About kromo

Saya adalah Full Time Blogger yang menyukai teknologi informasi terkini