advertisement
cara ternak kambing
cara ternak kambing

Cara Ternak Kambing Untuk Pemula Dan Cepat Gemuk

Kali ini admin akan membagikan infromasi mengenai bagaimana cara ternak kambing cepat gemuk dan menghasilkan ternak kambing dengan kualitas tinggi . semakin baik perkembangan kambing yang di ternak semakin besar pula keuntungan yang akan anda dapatkan .

Panduan cara ternak kambing cepat gemuk ini sangat cocok untuk pemula yang baru terjun dan ingin menekuni usaha ini . yang perlu di ingat adalah dalam perawatan kambing adalah hal sangat krusial agar ternak yang anda pelihara benar benar baik dari segi kesehatan , bobot ternak , karena kambing yang di jual selalu di lihat dari penampilan , bobot dan juga kesehatan kambing tersebut .

Jenis ternak kambing yang perlu kamu tahu

Sebelum anda masuk ke pembahasan utama bagaimana  cara ternak kambing untuk pemula ada baiknya anda menentukan terlebih dahulu jenis ternak kambing yang akan perlihara .

advertisement

Ada beberapa jenis ternak kambing yang bisa kamu coba , diantaranya adalah sebagai berikut ini :  

1. Ternak kambing jawa 

cara ternak kambing
cara ternak kambing

Kambing jawa merupakan salah satu kambing yang paling banyak dipelihara penduduk kambing di pulau jawa dan sumatera tentunya sesuai dengan nama yang diberikan . kambing jawa adalah kambing yang memiliki tingkat adaptasi yang tinggi dan bisa menyesuaikan dengan keadaan alam dengan baik . 

Untuk cara ternak kambing jawa secara lengkapnya , sudah saya jelaskan di artikel lainnya dengan lengkap . kambing jawa ini type kambing untuk diambil dagingnya . kambing jawa bisa ternak hingga 2 sampai 3 ekor kambing . tentunya sangat menguntungkan sekali untuk di ternak bukan .

Kambing jawa bisa juga disebut dengan kambing kacang , yang cara memeliharanya sangat mudah sekali .

advertisement

2. Ternak kambing etawa

cara ternak kambing
cara ternak kambing

Salah satu pilihan jenis kambing yang bisa kamu coba adalah kambing etawa , sebenarnya kambing etawa ini berasal dari india yang memiliki postur yang lebih tinggi dan lebih berat dibandingkan dengan kambing jawa . 

Sehingga tak heran jika kambing jenis ini lebih mahal harganya dibandingkan dengan kambing jawa dan kambing lainnya . kambing etawa ini biasanya diambil susunya selain juga dagingnya . karena kambing ini bisa menghasilkan susu yang besar hingga 3 liter setiap harinya .

Untuk cara ternak kambing etawa secara detail sudah saya jelaskan di artikel lainnya secara lebih lengkap dan jelas . 

3. Ternak kambing gibas 

cara ternak kambing
cara ternak kambing

Kambing gibas bisa menjadi pilihan jika anda ingin memulai usaha ternak kambing , karena memang kambing gibas ini mudah dalam pemeliharaan , kambing ini berasal dari afrika selatan dengan karakteristik memiliki bulu yang tebal dibandingkan dengan dengan kambing jawa . 

Kambing gibas selain diambil dagingnya , juga bisa diambil bulunya karena memang memiliki bulu yang tebal . untuk cara ternak kambing gibas , silahkan baca di artikel yang sudah saya jelaskan. 

4. Ternak kambing domba

ternak kambing domba
ternak kambing domba

Kambing domba merupakan salah hewan ternak kambing yang diambil bulunya selain pula dagingnya , bulunya sangat tebal dan bisa digunakan untuk bahan pakaian jadi dan jaket . sehingga tak heran kambing domba ini banyak dipelihara di eropa , australia dan selandia baru .

Mirip sekali dengan kambing gibas , namun jika kambing domba ini memang lebih tebal bulunya . kambing ini agak kurang di indonesia namun banyak juga yang memeliharanya . 

Untuk cara ternak kambing domba , anda bisa membacanya di artikel lainnya , karena sudah saya jelaskan secara lengkap .

5. Ternak kambing perah

cara ternak kambing

Satu lagi hewan ternak yang bisa anda budidayakan adalah kambing perah . sesuai dengan namanya kambing perah ini memang khusus untuk diambil susunya . kebutuhan susu kambing memang selalu meningkat . sehingga ini adalah peluang bisnis yang harus bisa anda ambil untuk menghasilkan penghasilan yang besar tentunya .

BACA JUGA  Panduan Budidaya Ternak Lele Di Ember Bagi Pemula

Kambing perah ini merupakan kambing PE , yaitu persilangan antara kambing etawa dengan kambing lokal , kambing ini bisa memproduksi 1 hingga 2 liter setiap harinya . dan bisa di panen hingga 10 bulan setelah melahirkan , tentu sangat bagus untuk mendapatkan susu kambing yang nantinya bisa untuk di jual .

Ternak Kambing: Peluang Usaha Menguntungkan dan Mudah Dimulai

Beternak kambing menjadi salah satu pilihan usaha yang populer bagi masyarakat Indonesia karena memiliki keuntungan yang cukup besar. Anda dapat memulai dengan modal kecil-kecilan, namun perlu ketekunan dan perawatan yang baik untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Banyak hal yang bisa Anda kembangkan dalam beternak kambing, mulai dari memilih pakan alternatif, menyiapkan kandang yang sesuai, hingga melakukan penggantian pakan sesuai musim.

Tips Sukses Ternak Kambing Tanpa Ngarit, Angon, dan Bau

  1. Kandang yang Ideal: Ciptakan Tempat Tinggal Nyaman bagi Kambing

Bayangkan jika Anda tinggal di rumah yang sempit, pengap, dan gelap, pasti tidak nyaman dan mudah terserang penyakit. Nah, hal yang sama berlaku untuk kambing. Salah satu kunci utama dalam memelihara kambing adalah manajemen kandang yang baik.

Pastikan kandang kambing berada di tempat yang tinggi dan terhindar dari genangan air. Posisi kandang harus tinggi dan terpapar sinar matahari pagi yang cukup. Lindungi kandang dari tiupan angin langsung dan jauhkan dari rumah atau sumur.

Kandang kambing tidak perlu terlalu besar. Anda dapat membuat kandang berukuran 3 x 1,5 meter untuk 10 ekor kambing. Kandang yang minimalis ini membatasi ruang gerak kambing dan mempercepat penggemukan.

  1. Perawatan Kandang yang Rutin: Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Kambing
BACA JUGA  Cara Penggemukan Kambing Gibas Dengan Cepat

Lakukan perawatan dan pembersihan kandang secara rutin, tidak hanya lantai kandang, tapi juga tempat pakan dan seluruh bagian kandang. Periksa kerusakan dan segera perbaiki.

Anda dapat memilih kandang dengan jenis panggung. Kandang panggung membuat ternak kambing lebih sehat karena kotoran dan air kencing langsung jatuh ke bawah, menjaga kandang tetap kering. Selain itu, kambing pun lebih aman karena terhindar dari hewan liar.

  1. Pilihlah Bibit Kambing Berkualitas: Kunci Kesuksesan Ternak Kambing

Memilih bibit berkualitas adalah salah satu faktor penentu kesuksesan bisnis ternak kambing. Pilihlah bibit kambing yang baik untuk menggemukkan dengan ciri-ciri:

  • Umur lebih dari 8 bulan
  • Berbulu mengkilap
  • Mata jernih bersinar
  • Badan panjang, tegap, dan sehat
  • Lebih diutamakan bibit kambing jantan

Beberapa jenis kambing unggulan yang dapat Anda pilih:

  • Kambing Kacang: Memiliki daya reproduksi tinggi, baik jantan maupun betina, dan termasuk tipe kambing pedaging. Cocok untuk ternak karena adaptasi dan daya tahan tubuhnya yang bagus.
  • Kambing Etawa: Memiliki tubuh tegap dan perawakan besar, dapat diternak untuk pedaging dan penghasil susu.
  • Kambing Jawa Randu: Hasil silangan kambing Peranakan Etawa dengan kambing Kacang, cocok untuk pedaging dan penghasil susu.
  1. Pakan Terbaik untuk Kambing Gemuk dan Sehat

Kombinasi pakan terbaik untuk kambing adalah fermentasi pakan kambing dan konsentrat ternak. Fermentasi pakan kambing dapat menggantikan makanan ternak dan memenuhi kebutuhan protein serta serat kasar.

Salah satu pilihan pakan agar cepat gemuk adalah fermentasi pakan yang hemat biaya. Fermentasi ini terbuat dari limbah organik seperti kulit kopi, jerami, kulit buah kakao, daun singkong, tebon jagung, dan lainnya.

Berikut cara fermentasi pakan dari jerami:

Bahan:

  • 100 kg jerami padi
  • 0,5 kg molasses
  • 1 liter M4
  • Air secukupnya
  • Pisau atau alat pencacah jerami
  • Drum atau wadah tertutup
  • Bak atau wadah terbuka

Cara Membuat:

  1. Pastikan jerami bersih dan cacah kasar dengan ukuran 10 cm.
  2. Masukkan jerami ke dalam bak, tambahkan molasses, M4, dan air, lalu aduk rata.
  3. Simpan dalam wadah tertutup dan biarkan selama 1 minggu.
  4. Setelah 1 minggu, fermentasi siap digunakan untuk pakan kambing.
  5. Campurkan larutan fermentasi dengan air minum atau pakan konsentrat kambing.

Fermentasi ini sangat baik untuk berbagai jenis kambing. Nafsu makan kambing akan bertambah dan pertumbuhannya pun semakin baik. Selain itu, kotoran ternak pun tidak berbau.

  1. Pemeliharaan Kambing yang Baik: Menjamin Kesehatan dan Pertumbuhan Optimal
BACA JUGA  Mengetahui Ukuran Kandang Domba Koloni

Lakukan pemeliharaan kambing dengan manajemen yang baik, meliputi pemberian pakan, perawatan ternak, dan menjaga kesehatan kambing.

  • Pemberian Pakan: Berikan pakan secara teratur dan konsisten pada pagi dan sore hari. Pemberian pakan yang teratur dan tepat akan berpengaruh pada hasil penggemukan.
  • Perawatan Ternak: Mandikan ternak minimal dua kali dalam setahun. Perawatan ini akan membuat ternak lebih sehat dan tidak mudah sakit.
  • Kesehatan Ternak: Lakukan kontrol kesehatan ternak secara berkala dan berikan obat-obatan pencegahan penyakit. Segera hubungi dokter hewan jika kambing menunjukkan tanda-tanda sakit.
  1. Perhatikan Masa Panen: Raih Keuntungan Tepat Waktu

Salah satu kelebihan ternak kambing adalah masa panen yang cukup singkat, yaitu hanya 90 hari atau 3 bulan untuk kambing kacang rambon maupun etawa. Dengan pemberian pakan yang teratur, berat badan kambing dapat naik 75 gram per ekor per hari.

Anda dapat memulai pemeliharaan kambing 3 bulan sebelum lebaran Idul Adha dan panen saat lebaran Idul Adha untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda.

Penutup

Semoga artikel tentang cara ternak kambing dan mengenal jenis jenis kambing apa saja yang bisa di ternak dan juga bagaimana pemeliharaanya dengan baik dan betul ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mencoba beternak kambing. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman dan saudara anda yang ingin memulai ternak kambing khususnya bagi pemula yang ingin terjun ke dunia ternak kambing . Terima kasih dan semoga bermanfaat!

Tips Tambahan:

  • Bergabunglah dengan komunitas peternak kambing untuk mendapatkan informasi dan tips bermanfaat dari peternak lain.
  • Pelajari teknik-teknik baru dalam beternak kambing untuk meningkatkan hasil panen.
  • Manfaatkan teknologi untuk membantu Anda dalam beternak kambing, seperti aplikasi manajemen kandang dan aplikasi penjualan online.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat membangun bisnis ternak kambing yang menguntungkan dan mudah dijalankan.

Ingatlah untuk selalu:

  • Memilih bibit kambing berkualitas.
  • Memberikan pakan yang terbaik.
  • Melakukan pemeliharaan kambing yang baik.
  • Memperhatikan masa panen.

Dengan ketekunan dan kerja keras, Anda dapat mencapai kesuksesan dalam beternak kambing.

 

About kromo

Saya adalah Full Time Blogger yang menyukai teknologi informasi terkini