apa itu pstn

Apa Itu Pstn?Source: bing.com

Pengertian PSTN

PSTN adalah singkatan dari Public Switched Telephone Network. Jaringan telepon ini merupakan jaringan telepon yang memungkinkan pengguna untuk saling terhubung satu sama lain melalui teknologi sirkuit tertutup.

Cara Kerja PSTN

Cara kerja PSTN sangat sederhana. Saat Anda menelepon seseorang, suara Anda akan dikonversi ke dalam sinyal listrik. Sinyal ini akan dikirimkan melalui kabel telepon ke pusat panggilan. Pusat panggilan akan meneruskan sinyal ke pusat panggilan berikutnya hingga sinyal mencapai tujuan.

Sejarah PSTN

PSTN pertama kali diperkenalkan pada tahun 1878 di Inggris. Saat itu, jaringan telepon terdiri dari kabel tembaga yang menghubungkan masing-masing rumah dan kantor. Jaringan telepon ini baru mulai berkembang pesat pada tahun 1900-an dan menjadi sangat populer di seluruh dunia.

Perkembangan PSTN

Seiring berkembangnya teknologi, PSTN menjadi semakin maju dan efisien. Pada tahun 1960-an, jaringan telepon mulai menggunakan sirkuit terintegrasi yang memungkinkan untuk pertukaran data dan suara. Pada tahun 1980-an, PSTN mulai menggunakan teknologi digital dan terus berkembang hingga saat ini.

Kelebihan PSTN

PSTN memiliki kelebihan yang sangat penting dalam dunia komunikasi. Pertama, jaringan telepon ini dapat diandalkan karena menggunakan teknologi kabel yang sangat stabil. Kedua, PSTN sangat mudah digunakan dan dapat diakses oleh siapa saja. Ketiga, biaya panggilan PSTN sangat terjangkau dan dapat diakses oleh banyak orang.

Kekurangan PSTN

Meskipun memiliki kelebihan, PSTN juga memiliki kekurangan yang perlu diperhatikan. Pertama, kualitas suara sering kali buruk terutama jika jarak antara pemanggil dan penerima jauh. Kedua, kecepatan panggilan PSTN sangat lambat jika dibandingkan dengan teknologi digital yang lebih modern.

BACA JUGA   apa itu tandu

Perbandingan PSTN dengan Teknologi Lainnya

PSTN masih digunakan hingga saat ini, namun teknologi lain seperti VoIP dan layanan seluler menjadi lebih populer karena lebih efisien. VoIP menggunakan koneksi internet untuk melakukan panggilan, sedangkan layanan seluler menggunakan gelombang radio. Kedua teknologi ini lebih cepat dan lebih mudah digunakan daripada PSTN.

Penggunaan PSTN di Seluruh Dunia

Meskipun teknologi lain semakin populer, PSTN masih banyak digunakan di seluruh dunia. Negara-negara berkembang masih mengandalkan jaringan telepon ini untuk komunikasi dan menghubungkan wilayah yang sulit dijangkau oleh teknologi lain.

Kesimpulan

PSTN adalah jaringan telepon yang telah digunakan selama lebih dari 100 tahun dan masih digunakan hingga saat ini. Meskipun memiliki kelebihan dan kekurangan, PSTN masih menjadi pilihan bagi banyak orang di seluruh dunia. Namun, perkembangan teknologi lain seperti VoIP dan layanan seluler menjadi alternatif yang lebih efisien dan cepat untuk komunikasi.