apa itu ngeframe

Apa Itu Ngeframe?Source: bing.com

Di dunia digital, khususnya di dunia website, pasti seringkali mendengar istilah “ngeframe”. Istilah ini mungkin tidak asing bagi para web developer dan webmaster yang sering beraktivitas di dunia website. Namun, bagi mereka yang masih awam di dunia website, mungkin istilah ini masih terdengar asing.

Definisi Ngeframe

Ngeframe adalah sebuah teknik atau metode dalam pembuatan website yang digunakan untuk menampilkan sebuah website di dalam website lainnya atau di dalam sebuah frame. Teknik ngeframe ini umumnya digunakan untuk menampilkan konten atau informasi dari website lain yang berkaitan dengan isi konten dari website yang sedang dibuat atau dikembangkan.

Cara Ngeframe

Untuk mengeframe sebuah website, kita harus menggunakan tag HTML frame. Tag ini memiliki beberapa atribut seperti src, frameborder, dan scrolling. Berikut ini adalah contoh tag HTML frame yang digunakan untuk mengeframe sebuah website:

<frame src="http://www.contohwebsite.com" frameborder="0" scrolling="yes">

Untuk mengeframe sebuah website yang memiliki lebih dari satu halaman atau konten, kita bisa menggunakan tag HTML frameset. Tag ini memiliki beberapa atribut seperti rows dan cols. Berikut ini adalah contoh tag HTML frameset yang digunakan untuk mengeframe sebuah website:

<frameset rows="50%, 50%"><frame src="konten1.html"><frame src="konten2.html"></frameset>

Kelebihan dan Kekurangan Ngeframe

Teknik ngeframe memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus dipertimbangkan sebelum digunakan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari teknik ngeframe:

Kelebihan Ngeframe

  • Mempermudah akses ke konten website lain yang berkaitan dengan isi konten dari website yang sedang dibuat atau dikembangkan.
  • Mempermudah navigasi pengguna di dalam website.
  • Meningkatkan pengalaman pengguna karena konten website yang ditampilkan lebih lengkap dan terpadu.
BACA JUGA   apa arti jasmani

Kekurangan Ngeframe

  • Membuat website menjadi lebih lambat karena harus memuat dua website sekaligus.
  • Memperburuk SEO website karena mesin pencari akan menganggap website yang mengeframe konten orang lain sebagai website yang kurang berkualitas.
  • Membuat website tidak dapat diakses melalui bookmark atau link langsung karena konten website yang ditampilkan hanya sebagian.

Kapan Sebaiknya Menggunakan Ngeframe?

Sebelum menggunakan teknik ngeframe, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Pertama, pastikan bahwa website yang akan ditampilkan di dalam frame tidak melanggar hak cipta atau privasi seseorang. Kedua, pastikan bahwa website yang akan ditampilkan benar-benar berkaitan dengan isi konten dari website yang sedang dibuat atau dikembangkan.

Sebaiknya, teknik ngeframe hanya digunakan untuk menampilkan konten atau informasi yang tidak dapat dibuat atau dikembangkan sendiri oleh pemilik website. Selain itu, teknik ngeframe juga sebaiknya digunakan dengan hati-hati agar tidak merusak pengalaman pengguna dan SEO website.

Kesimpulan

Ngeframe adalah sebuah teknik atau metode dalam pembuatan website yang digunakan untuk menampilkan sebuah website di dalam website lainnya atau di dalam sebuah frame. Teknik ngeframe ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus dipertimbangkan sebelum digunakan. Sebaiknya, teknik ngeframe hanya digunakan untuk menampilkan konten atau informasi yang tidak dapat dibuat atau dikembangkan sendiri oleh pemilik website dan digunakan dengan hati-hati agar tidak merusak pengalaman pengguna dan SEO website.