Kupas Tuntas Fakta dan Mitos Seputar Kehamilan


Fakta dan Mitos Seputar Kehamilan

mitos dan fakta seputar kehamilan bunda
1. Mitos dan Fakta Seputar Makanan dan Minuman Ibu Hamil

  • Rebusan air kacang hijau Untuk Ibu Hamil
    MITOS:  Minum rebusan kacang hijau dapat membuat rambut bayi menjadi tebal.
    FAKTA : Salah. Tebal tipisnya rambut bayi tidak ditentukan oIeh konsumsi makanan ibu hamil, namun ditentukan oleh faktor genetik kedua orang tuanya. Dengan demikian, konsumsi rebusan kacang hijau tidak ada kaitannya dengan ketebalan rambut hayi.
  • Susu Kedelai untuk Ibu Hamil
    MITOS: Minum susu kedelai dapat membuat kulit bayi menjadi putih. Begitu pula dengan air kelapa yang dapat membuat kulit bayi menjadi halus
    FAKTA: Salah. Warna kulit bayi pun tidak ditentukan oleh konsumsi makanan atau minuman seperti susu kedelai. Demikian pula dengan halus tidaknya kulit bayi. Warna dan halus tidaknya kulit bayi ditentukan oleh faktor genetik yang ditentukan oleh kedua orang tuanya.
  • Ibu Hamil Minum Air Es
    MITOS: Minum air es dapat membuat bayi menjadi besar.
    FAKTA: Salah Bayi yang besar biasanya dilahirkan oleh ibu yang ’ memiliki riwayat kencing manis Selain itu, faktor keturunan dan gaya hidup bisa memegaruhi besar tidaknya bayi yang dilahirikan. Minum air es tidak membuat bayi meniadi besar, karena es tidak mengandung kalori yang dapat membuat bayi menjadi besar. Lain halnya jika es diminum dengan minum yang mangandung gula seperti es sirop. Jadi, boleh-boleh saja ibu hamil minum air es. Namun tentu saja dalam batas yang wajar, karena terlalu banyak air es dapat membuat ulu hati ibu hamil menjadi sakit.
  • Alkohol 
    FAKTA: Minuman beralkohol sebaiknya tidak dikonsumsi sama sekali. Bila sebelum hamil ibu suka mengonsumsi minuman jenis ini, sebaiknya kebiasaan tersebut dihentikan saat Anda merencanakan kehamilan atau mengetahui bahwa Anda sedang mengandung. Alkohol sangat berbahaya bagi kesehatan janin yang sedang dikandung. Ingat, segala jenis makanan clan minuman yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan diserap oleh janin. Pun demikian dengan minuman beralkohol yang akan beredar di dalam darah sang janin, dan hatl’ janin masih belum dapat berfungsi secara maksimal. Jika alkohol dikonsumsi secara berlebihan, maka akan beresiko terhadap perkembangan pertumbuhan fisik janin. Bahkan dapat menyebabkan cacat pada janin.
  • Ibu Hamil Makan Makanan Pedas
    MITOS: Makan makanan pedas dapat menyebabkan bayi lahir dengan bercak kulit kemerahan atau berkulit gelap.
    FAKTA: Salah. Kulit bayi tidak ditentukan oleh makanan yang dikonsumsi ibu hamil, namun bergantung pada gen kedua orang tuanya. Yang benar adalah makan makanan pedas saat hamil apalagi dalam jumlah yang besat; dapat membuat perut Anda menjadi tidak enak.
  • Fakta dan Mitos Ibu Hamil Makan Ikan Mentah
    MITOS : Makan ikan mentah dapat membuat bayi berbau amis.
    FAKTA : Salah. Bayi yang baru lahir dan belum dibersihkan memang sedikit berbau amis. Namun, hal ini tidak disebabkan oleh konsumsi ikan mentah melain-kan dari air ketuban. Memakan ikan mentah itu sendiri
    sebaiknya dihindari, karena kebersihannya belum tentu terjaga karena mengandung bakteri yang belum mati. Baktéri ini dapat menyebabkan infeksi dan penyakit yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan si jabang bayi.
  • Daging Mentah
    MITOS: Selama hamil tidak boleh mangkonsumsi daging setengah matang
    FAKTA : Benar. Selama hamil, bunda sebaiknya tidak mangkonsumsi daging yang mentah atau setengah matang. Olahlah daging hingga matang. Bahan makanan yang berasal dari hewan mengandung parasit, bakteri bahkan berbagai jenis cacing. Telur setengah matang pun mengandung salmonela yang dapat mengakibatkan penyakit tipus.
    Ibu hamil yang mengonsumsi daging setengah matang yang mengandung kuman akan mengalirkan kuman tersebut kepada janin melalui darah. Oleh karena itu daging ataupun bahan makanan lainnya sebaiknya dimasak terlebih dahulu agar lebih terjamin kehersihannya.
  • Makan dengan Porsi Ganda
    MITOS : Ibu hamil harus makan dua kali Iipat untuk memenuhi gizi sang ibu dan janin saat hamil,
    FAKTA : Salah. Ibu yang sedang hamil tidak harus makan Iebih banyak dibanding saat sebelum hamil. Yang benar adalah gizi yang dikonsumsi harus lebih banyak dibandingkan saat sebelum hamil, karena saat hamil tidak hanya sang ibu yang memerlukan nutrisi, tapi juga sang janin.
    Makan lebih banyak boleh saja dilakukan, namun dilakukan dengan cara yang benar. Ibu hamil sebaiknya makan dalam porsi yang kecil namun sering, agar organ pencemaan tidak kaget dan dapat menyesuaikan diri dengan jumlah makanan yang masuk.
  • Fakta dan Mitos Kafein pada Ibu Hamil
    MITOS : Minum minuman berkafein diperbolehkan Saat hamil.
    FAKTA : Benar. Minum minuman berkafein seperti kopi atau teh tidak dilarang selama masa kehamilan. Tetapi porsinya harus tetap diperhatikam jangan sampai mengonsumsi secara berlebihan karena kandungan kafein dalam jumlah besar dapat meningkatkan produksi hormon stress. Untuk amannya lebih baik tidak mengkonsumsi kopi lebih dari satu cangkir sehari. Selain itu di-sarankan untuk tidak minum vitamin atau makanan yang mengandung zat besi berbarengan dengan konsumsi teh, karena teh akan menghambat penyerapan zat besi.

2. Mitos dan Fakta Tentang Jenis Kelamin Bayi

  • Mitos dan Fakta Ibu Hamil Dayan Dandan
    MITOS: Ibu hamil yang suka dandan anaknya perempuan.
    FAKTA : Kebiasaan ibu hamii yang suka berdandan tidak ada kaitannya secara klinis dengan jenis kelamin bayi yang sedang dikandung. Yang menentukan jenis kelamin bayi tentu saia sperma sang ayah. Berdandan sendiri tidak ada masalah. Yang harus dlperhatikan adalah kosmetika yang digunakan, apakah aman untuk ibu hamil atau tidak.
  • Mitos dan Fakta Denyut Iantung Ibu Hamil 
    MITOS Bayi yang dikandung berjenis kelamin perempuan jika denyut jantungnya cepat.
    FAKTA: Jenis kelamin bayi yang dikandung tidak dapat ditentukan oleh denyut jantung bayi, karena di dalam kandungan tidak ada bedanya antara bayi laki Iaki ataupun perempuan. Cepat tidaknya denyut janin ditentukan oleh umurnya. Denyut Jantung janin hampir sama dengan denyut jantung sang ibu saat umurnya Iima minggu, dan akan bertambah cepat hingga minggu kesembilan. Keadaan ini terjadi baik pada janin laki-laki atau perempuan.
  • Mitos dan Fakta Warna Puting Ibu Hamil
    MITOS: Jika wama puting gelap, berarti bayi yang dikandung berjenis kelamin laki-laki
    FAKTA : Sekali lagi, jenis kelamin ianin yang dikandung tidak ditentukan oleh tanda-tanda lahiriah. Wama puting
    yang berubah menjadi gelap diakibatkan oleh hormon progestesteron dan hormon melanocyte (hormon yang mengatur pigmentasi kulit) yang meningkat selama masa kehamilan. Warna puting akan kembali memudar setelah melahirkan.

3. Mitos dan Fakta Perilaku Ibu Hamil



  • Ibu Hamil Bepergian dengan Pesawat
    FAKTA: Bolehkan ibu hamil naik pesawat terbang?, bepergian dengan menggunakan pesawat masih diperbolehkan hingga umur kehamilan 7 bulan. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahuiu kondisi kandungan sebelum ibu memutuskan untuk terbang. Selain itu, ceklah kebijakan maskapai yang akan digunakan mengenai ibu hamil. Piiihlah kursi di pinggir gang agar memudahkan ibu bila ingin buang air kecil, karena ibu hamil biasanya lebih sering buang air kecil. Sangga punggung ibu dengan bantai agar perjalanan lebih nyaman.
  • Bekerja dan BerOIahraga mitos-dan-fakta-kehamilan
    FAKTA; Olahraga saat hamil tidak dilarang, malah dianjurkan untuk menjaga stamina ibu hamil. Namun tentu saja, porsinya tidak bisa disamakan dengan pada saat belum hamil. Olahraga bagi ibu hamil tidak beleh terlalu berat. Jenis olahraga yang aman untuk ibu hamil adalah jalan santai terutama pada pagi hari ketika udara masih relatif bersih Selain itu ibu hamil juga bisa berenang karena renang memiliki risiko cedera yang cukup kecil. Dengan berenang punggung ibu hamil, akan terasa nyaman dan tubuh menjadi ringan karena terhindar dari gravitasi bumi.
  • Mengangkat Barang.
    MITOS: Dilarang mengangkat jemuran karena dapat membuat tali pusar akan membelit leher bayi.
    FAKTA SaIah Mangangkat jemuran atau barang Iainnya tidak akan membuat bayi Anda terbelit taIi pusat. Tentu saja ibu hamil boleh meIakukan gerakan mengangkat selama barang yang diangkat tidak terIaIu berat, karena akan memengaruhi janin dalam perut.
  • Membunuh Binatang
    MITOS: lbu hamil dilarang membunuh binatang
    FAKTA: Hal ini tidak ada kaitannya secara medis Di sisi Iain membunuh atau menganiaya binantang berkaitan dengan sisi psikologis yang buruk dan harus dihindari, karena dapat memengaruhi psikologis janin. Pada masa kehamilan, ibu dan janin memiliki ikatan psikologis , yang erat. Namun, jika diperlukan, membunuh binatang diperbolehkan, terutama binatang yang merugikan seperti kecoa atau tikus. Karena bila tidak dilakukan binatang tsb akan membawa kuman penyakit yang berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan janinya.

Tips Ibu Hamil Tags:

  • mitos atau fakta meminum susu kacang ijo membuat bayi laki laki seperti perempuan

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: