Apa Yang Dimaksud Dengan Achieved Status

Pendahuluan

Banyak orang mungkin masih asing dengan istilah achieved status. Padahal, istilah ini cukup penting untuk dipahami, terutama dalam konteks sosiologi. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap tentang apa yang dimaksud dengan achieved status.

Pengertian Achieved Status

Achieved status adalah status sosial yang diperoleh seseorang melalui usaha dan prestasi yang telah dicapai. Dengan kata lain, status ini diperoleh bukan karena faktor kelahiran atau keturunan, melainkan karena usaha dan keterampilan yang dimiliki individu.

Perbedaan dengan Ascribed Status

Perlu dibedakan antara achieved status dengan ascribed status. Ascribed status adalah status yang diperoleh seseorang karena faktor bawaan seperti jenis kelamin, usia, ras, dan agama. Sedangkan achieved status diperoleh melalui usaha dan prestasi yang dicapai.

Contoh Achieved Status

Contoh achieved status antara lain adalah pekerjaan, pendidikan, penghasilan, dan prestasi dalam bidang olahraga atau seni. Seorang dokter, misalnya, memperoleh status sosial yang tinggi karena melalui usaha dan prestasi dalam menyelesaikan pendidikan kedokteran dan memperoleh lisensi.

Pentingnya Achieved Status

Achieved status memiliki peran penting dalam masyarakat modern. Pada zaman dahulu, ascribed status lebih dominan dan menentukan posisi sosial seseorang. Namun, dengan kemajuan zaman dan perkembangan pendidikan, achieved status semakin penting dalam menentukan posisi sosial seseorang.

Keuntungan dari Achieved Status

Keuntungan dari achieved status adalah seseorang dapat memilih jalur pendidikan dan karir sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya. Dengan demikian, seseorang dapat mencapai posisi sosial yang tinggi meskipun berasal dari keluarga yang kurang mampu.

BACA JUGA   Apa Itu Landasan Pendidikan

Peran Pemerintah

Pemerintah memiliki peran penting dalam menciptakan kesempatan yang sama bagi semua individu untuk memperoleh achieved status. Hal ini dilakukan melalui program-program pendidikan dan pelatihan kerja yang berkualitas dan terjangkau bagi masyarakat.

Pendekatan dalam Mencapai Achieved Status

Untuk mencapai achieved status, seseorang dapat menggunakan dua pendekatan, yaitu pendekatan vertical dan horizontal. Pendekatan vertical adalah meningkatkan posisi sosial dengan cara menaikkan jabatan atau pendidikan yang lebih tinggi. Sementara pendekatan horizontal adalah memperoleh keahlian baru yang dapat meningkatkan kualitas kerja.

Tantangan dalam Mencapai Achieved Status

Tantangan dalam mencapai achieved status adalah persaingan yang semakin ketat di pasar kerja dan biaya pendidikan yang semakin mahal. Oleh karena itu, seseorang perlu memiliki strategi yang tepat untuk mencapai achieved status dengan efektif.

Kesimpulan

Dalam masyarakat modern, achieved status semakin penting dalam menentukan posisi sosial seseorang. Keuntungan dari achieved status adalah seseorang dapat memilih jalur pendidikan dan karir sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya. Pemerintah juga memiliki peran penting dalam menciptakan kesempatan yang sama bagi semua individu untuk memperoleh achieved status. Untuk mencapai achieved status, seseorang perlu memiliki strategi yang tepat mengingat tantangan yang semakin ketat di pasar kerja dan biaya pendidikan yang semakin mahal.