advertisement
Cara Ternak Kambing Domba
Cara Ternak Kambing Domba

Cara Ternak Kambing Domba Untuk Pemula

Mungkin di antara anda yang ingin tahu bagaimana Cara Ternak Kambing Domba khususnya untuk pemula . melalui artikel ini kami akan menjelaskannya untuk anda .untuk silahkan simak baik baik artikel ini agar anda bisa mendapatkan panduan yang lengkap dan benar tentunya bagaimana  memeliharaternak kambing domba agar sukses nantinya .

Peternakan domba, seperti juga peternakan kambing, terbukti menguntungkan berkat produktivitasnya yang tinggi. Domba dikenal dengan hasil produksinya yang meliputi wol, daging, susu yang kaya nutrisi, serta anak dan kotorannya yang baik sebagai pupuk. Berbeda dengan kambing, domba cenderung tidak memiliki bau yang kuat, sehingga lebih tidak mengganggu lingkungan sekitarnya.

Cara Ternak Kambing Domba untuk pemula

Pada dasarnya, keberhasilan peternakan bergantung pada manajemen ternak yang efektif. Terutama bagi pemula, perawatan yang efisien mempercepat proses pemeliharaan, yang pada akhirnya meningkatkan keuntungan bagi peternak. Berikut adalah metode Cara Ternak Kambing Domba yang baik agar menghasilkan domba yang berkualitas tinggi , diantaranya adalah sebagai berikut ini :

advertisement
BACA JUGA  Cara Penggemukan Kambing Gibas Dengan Cepat

Memilih Bibit Domba Unggul

Memulai peternakan domba dimulai dengan memilih bibit domba yang tepat. Pilihan yang salah dapat meningkatkan pengeluaran dan menghambat pertumbuhan domba yang optimal serta memengaruhi kualitas hasil produksi. Bibit domba unggul berasal dari indukan yang berkualitas baik.

Hal ini sangat penting di perhatikan , karena jika anda membeli bibit domba yang kualitas jelek hasilnya juga akan jelek nantiya . silahkan pilih induk bomba yang sehat , gemuk , untukhal ini anda bisa melihat kondisi induk domba secara langsung . orang awam yang kurang mengerti domba pun tentunya sangat mudah dengan melihatnya .

Membangun Kandang Domba

Cara Ternak Kambing Domba
Cara Ternak Kambing Domba

Kandang domba berfungsi sebagai tempat perlindungan dari panas dan hujan serta membatasi gerak domba untuk pemantauan yang efektif. Pembangunan kandang yang sesuai melibatkan pemahaman terhadap persyaratan khusus, seperti konstruksi yang kuat menggunakan kayu, paparan sinar matahari yang cukup, ventilasi yang memadai, pencegahan banjir, fasilitas pembersihan yang mudah, sistem pembuangan limbah, dan drainase.

Baca juga : Cara ternak kambing etawa untuk pemula hingga sukses

advertisement

Pemberian Pakan Domba

Pemberian pakan domba harus sesuai dengan kebutuhan ternak domba yaitu untuk proses reproduksi dan produksi  . maka dari itu pakan yang diberikan harus terdiri dari zat-zat berupa protein lemak karbohidrat mineral vitamin dan air kebutuhan 

Pakan pada domba harus sangat diperhatikan biasanya dalam sehari domba mengkonsumsi pakan hijau seperti rumput dan daun-daunan sebanyak 10 hingga 20 kalori bobot tubuh , sedangkan minum 3-4 liter sehari maka domba terdiri dari dua hal yaitu pakan hijauan dan pakan konsentrat pakan hijauan terdiri dari rumput dan dedaunan pakan hijauan ini dapat diberikan dalam keadaan segar atau fermentasi .

Untuk mengurangi kadar air pada pakan hijauan yaitu dengan cara di fermentasi , pakan daun hijau merupakan pakan utama bagi ternak ruminansia dan berfungsi sebagai sumber gizi yaitu protein sumber tenaga kita dan mineral pada umumnya sebagai bahan baku yang memiliki kandungan serat kasar pemeliharaan ternak domba 

Menjaga Kesehatan Domba

Untuk menjaga kesehatan ternak domba yang harus diperhatikan yakni dari kebersihan kandang serta lingkungan sekitar hal ini sangat berpengaruh terhadap tingkat wabah penyakit yang menyerang ada beberapa tahapan untuk membersihkan domba dan lingkungan . 

kandang domba baiknya di bersihkan setiap hari dibandingkan seminggu sekali . lakukan cukur bulu mencegah bulu menggumpal potong kuku yang panjang mencegah kontaminasi bakteri Semprot dengan design victon lingkungan sekitar kandang . bersihkan kandang dari kotoran dan sisa pakan dan cek rutin gudang penyimpanan pakan untuk mencegah tumbuhnya jamur penyakit pada domba 

Penyakit Umum dan Solusinya

Domba rentan terhadap berbagai penyakit seperti cacingan dan kudis. Mengatasi penyakit-penyakit ini melibatkan pengamatan terhadap gejala seperti penurunan berat badan, nafsu makan berkurang, mata kusam, hidung dan mulut kering, diare, dan tinja lembek. Perawatan rutin dengan obat cacing seperti albendazol dan menjaga kebersihan kandang yang bersih dan kering membantu mengatasi cacingan. Kudis, disebabkan oleh tungau, dapat menular ke manusia. Pisahkan domba yang terinfeksi untuk mencegah penyebaran penyakit.

BACA JUGA  Ciri Ciri Kambing Hamil 5 Bulan Dari Susu Dan Perubahan Fisik

Kesimpulan

Demikianlah Cara Ternak Kambing Domba  sederhana namun bermanfaat, bahkan untuk pemula. tentunya masih banyak hal yang perlu di lakukan agar domba yang anda ternak bisa tumbuh dengan baik , sehat dan sesuai dengan keinginan perternak dan menghasilkan yang anda inginkan .

About kromo

Saya adalah Full Time Blogger yang menyukai teknologi informasi terkini