Sayuran & Vitamin Penambah darah untuk ibu hamil


Makanan Sumber penambah Darah untuk ibu hamil

Anemia atau kurang darah merupakan kondisi di mana kadar sel darah merah atau protein pengikat oksigen dan karbondioksida (hemoglobin) berada di bawah jumlah normal. Tubuh akan memberi respon dari gejala anemia ini, yang ditandai dengan tubuh cepat lelah, mudah pucat, dan pusing sehabis duduk terlalu lama.

Anemia pada ibu hamil merupakan hal yang wajar terjadi pada kehamilan trimester pertama. Walaupun demikian bila tidak segera ditangani anemia bisa berdampak kurang baik bagi kesehatan kehamilan bunda dan perkembangan janin.

Anemia pada ibu hamil disebabkan karena kurangnya zat besi, asam folat, dan beberapa vitamin seperti A, B12, dan C. Adapun penyebab anemia lain pada ibu hamil seperti pendarahan berlebihan saat menstruasi. Ibu hamil sangat rentan terkena anemia, disebabkan karena kebutuhan zat besi pada saat hamil akan meningkat, dan tubuh tidak cukup menyimpan zat besi.



Cara mengatasi anemia pada ibu hamil yang paling mudah adalah dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin penambah darah, bisa dari kalangan sayuran, kacang-kacangan, makanan laut, buah, dan banyak lagi.

Makanan yang banyak mengandung zat besi dan vitamin misalnya : sayuran hijau, daging merah, sereal, telur dan kacang-kacangan dimana pada makanan tersebut bermanfaat sebagai penambah darah untuk ibu hamil.

Buah buahan yang mengandung Vitamin Penambah Darah Rendah untuk ibu Hamil

Memperbanyak konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin A, C, ataupun B kompleks (khususnya B12). Berikut buah-buah yang banyak mengandung vitamin A, C, dan B kompleks sebagai alternative vitamin penambah darah untuk ibu hamil;

  • Jeruk
  • Tomat
  • Mangga
  • Jambu Biji
  • Apel
  • Stroberi
  • Buah Naga

buah sehat untuk ibu hamil

Sayuran yang dianjurkan untuk Anemia pada ibu Hamil

Sayuran sayuran juga merupakan sumber zat besi dan vitamin yang bermanfaat mencegah anemia. Berikut beberapa sayuran yang dianjurkan dikonsumsi sebagai penambah darah untuk ibu hamil.

Bayam

Sayuran ini juga tergolong sebagai sayuran hijau yang baik untuk penderita ibu hamil dan penderita anemia. Wanita yang sebelum memasuki fase menstruasi ada baiknya makan sayur bayam untuk cadangan pembentuk sel darah merah hingga waktu haid tiba.

 

Sawi

Sayuran yang mengandung zat hijau (klorofil) juga dibutuhkan oleh penderita anemia bila ingin sembuh. Anda bisa mencoba sayur sawi hijau ataupun sawi putih. Di dalamnya tidak hanya mengandung vitamin A, B, dan C yang efektif meregenerasi hemoglobin, tetapi juga mengantongi banyak mineral seperti magnesium, potassium, dan kalium yang baik untuk ibu hamil.

 

Daun Katuk


Tumbuhan hijau ini juga berkhasiat sebagai penambah darah, karena menjadi sumber zat besi dan zat fosfor yang juga sangat baik untuk pembentukan tulang.

Kacang Hijau

Kacang hijau dapat menangani masalah kurang darah karena di dalamnya terdapat banyak kandungan zat besi. Kacang hijau juga dapat mengurus gangguan kesehatan lain seperti dermatitis, pencernaan, dan neurologis.

Kacang Almond

Biji almond atau kacang almond kaya akan zat besi yang dapat mengoptimalkan pengedaran darah di dalam tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian, Anda hanya membutuhkan satu ons kacang almond setiap harinya.

Kacang Polong Kering

Sama seperti setiap lain kacang-kacangan, kacang polong memiliki nilai gizi yang sangat kaya. Itu tinggi protein dan bentuk vitamin dan mineral juga. Kacang polong berbeda dari biji. Kacang memiliki lebih tinggi kalsium dan fosfor dan kacang polong menawarkan tingkat yang lebih rendah dari mereka tetapi mereka menyediakan tingkat yang sama protein dan karbohidrat

Tips Ibu Hamil Tags:

  • makanan penambah darah untuk ibu hamil 8 bulan
  • makanan penambah darah untuk ibu hamil
  • vitamin penambah darah untuk ibu hamil muda
  • buah penambah darah untuk ibu hamil
  • sayuran penambah darah untuk ibu hamil
  • obat tambah darah yang bagus untuk ibu hamil
  • obat tambah darah untuk ibu hamil
  • obat penambah darah untuk ibu hamil
  • penambah darah untuk ibu hamil
  • makanan penambah darah ibu hamil

Satu pemikiran pada “Sayuran & Vitamin Penambah darah untuk ibu hamil

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: