Trimester Pertama Kehamilan


Pada artikel kali ini, akan dibahas perubahan-perubahan yang terjadi pada tiga bulan pertama masa kehamilan. Trimester pertama itu sendiri mencakup minggu 1 hingga minggu 12 kehamilan. Pada trimester ini, bunda akan mengalami berbagai gejala awal kehamilan. Seperti morning sickness, perubahan pada payudara, rasa lelah yang berlebih, perubahan emosi, dll. Semuanya merupakan kejadian yang wajar dan akan menghilang secara perlahan. Yang paling penting untuk dilakukan bunda pada trimester pertama kehamilan adalah menjaga asupan gizi ibu hamil / nutrisi ibu hamil. Ini karena trimester pertama merupakan masa yang paling penting dalam pertumbuhan awal janin.

Minggu 1 Trimester Pertama Kehamilan

Pada minggu ini ibu masih mengalami menstruasis. Meskipun pembuahan belum terjadi, minggu ini termasuk dalam trimester pertama. Pada minggu ini, hormon FSH (Follicle Stimulating Hormone ) mulai diproduksi untuk membantu terjadinya proses pembuahan. Proses pembuahan (proses bertemunya sel sperma dan sel telur) sendiri baru akan terjadi dalam 12 hingga 14 hari mendatang. Oleh karena itu, usia janin baru dihitung setelah 2 minggu masa kehamilan. Trimester pertama kehamilan Untuk membantu proses pembuahan, sangat dianjurkan bagi bunda untuk menghentikan segala kebiasaan yang tidak baik bagi kehamilan. Tiga hal utama yang harus dihindari adalah rokok, alkohol, dan obat-obat terlarang, karena semuanya dapat mempengaruhi perkembangan janin dan dapat menyebabkan cacat pada janin. Ibu hamil memerlukan asam folat sebesar 400mcg (0,4mg) perhari. Asam folat sangat penting untuk membantu mengurangi resiko gangguan perkembangan otak janin. Oleh karena itu, bunda dianjurkan untuk mengkonsumsi  suplement asam folat. Asam folat bisa didapatkan dari makanan seperti telur, kacang-kacangan, hari dan sayuran hijau. Asam folat sangat penting untuk dikonsumsi, terutama sejak menstruasi terakhir hingga minggu kelima kehamilan.

Minggu 2 Trimester Pertama Kehamilan

Minggu ini merupakan waktu yang tepat untuk pembuahan, karena minggu ini adalah masa subur ibu. Terutama jika ibu memiliki siklus menstruasi yang teratur, yaitu setiap 28 hari. Ini karena ovulasi ( keluarnya sel telur dari indung telur ) terjadi ditengah menstruasi, sekitar hari ke 12 sampai 14. Pada minggu ini, periode menstruasi berakhir dan masuk ke masa proliferasi atau masa pertumbuhan rahim untuk melakukan persiapan kehamilan. Akan perjadi peningkatan hormon estrogen dan hormon FSH. Hormon FSH akan berperan dalam mengembangkan satau atau lebih folikel yang nantinya berubah menjadi sel telur yang matang. Sel ini akan bergerak dari indung telur menuju saluran tuba, ketika ia menunggu untuk dibuahi oleh sel sperma.



Bila ibu melakukan hubungan seksual pada minggu ini, dari seluruh sel sperma yang dikeluarkan oleh pasangan ibu (sekitar 200-300 juta) saat ejakulasi, hanya sekitar 300 -500 sel yang dapat mencapai tempat sel telur berada (ampula tuba). Dan hanya ada satu sel sperma yang mampu membuahi sel telur. Agar pembuahan dapat terjadi dengan sempurna, sebaliknya ibu menjaga kesehatan dengan makan makanan yang bergizi, berolah raga, serta beristirahat dengan waktu yang mencukupi.

Minggu 3 Trimester Pertama Kehamilan

Masa awal kehamilan dimulai pada minggu ini. Setelah pasangan bunda mengalami ejakulasi, sel sperma yang dikeluarkannya akan mengalami masa penyesuaian selama 7 jam dalam vagina. Setelah itu, sperma yang keluar akan berlomba-lomba mencapai saluran tuba, yang memerlukan waktu sekitar 10 jam. Sel sperma yang berhasil sampai hanya membutuhkan waktu 20 menit untuk membuahi sel telur. Pembuahan bisa berlangsung hingga 24 jam yang akan menghasilkan zigot.

Dalam hitungan hari , sel telur ibu yang telah dibuahi akan membelah  menjadi 2 sel, kemudian 4 sel, dan seterusnya. Pada hari ketiga, sel akan membelah menjadi 16. Dari saluran telur, sel yang terus membelah ( morula ) ini akan bergerak menuju rahim. Trimester Pertama Kehamilan Bunda Perubahan ini sendiri akan menghasilkan gabungan kromosom Y, maka bayi yang dikandung akan bejenis kelamin laki-laki. Jika sperma membawa kromosom X, maka bayi tersebut akan bejenis kelamin perempuan.
Pada minggu 2 trimester kehamilan ini mungkin bunda akan mengalami beberapa tanda awal kehamilan. Perubahan hormonal akan membuat ibu merasa sering lelah, payudara terasa sakit dan tegang, sering bad mood, dan mual/ morning sickness. Bunda memerlukan asupan nutrisi yang cukup, diantaranya;

  • Protein, yang diperlukan untuk pertumbuhan jaringan baru.
  • Kalsium sekitar 1200 mg perhari, untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Kalsium bisa didapat dari produk susu.
  • Zat besi, kurang lebih 30 mg perhari, Untuk meningkatkan volume embrio. Zat besi bisa didapat dari sayuran hijau, daging mentah, dan telur.

Minggu 4 Trimester Pertama Kehamilan

Pada minggu ini embrio akan mulai mengalami pembentukan organ embrio. Embrio sendiri terdiri atas 3 lapisan.

  1. Lapisan endoderm, lapisan terdalam. Organ yang terbentuk: hati, paru, usus, dan saluran pencernaan.
  2. Lapisan mesoderm, yaitu lapisan tengah. Organ yang terbentuk; ginjal, jantung, otot alat kelamin, dan tulang.
  3. Lapisan ektoderm, yaitu lapisan terluar. Organ yang terbentuk; rambut, kulit, mata, dan sistem syaraf.

Selain itu, embrio akan membentuk tali pusat, dan plasenta. Plasenta berfungsi untuk mengeluarkan hormon kehamilan, Seperti progesteron dan estrogen yang membantu mempertahankan kehamilan. Selain itu, plasenta juga mengirim oksigen dan nutrisi bagi janin.

Disisi lain ketuban akan memproduksi cairan ketuban yang berfungsi melindungi embrio. Janin yang mengapung di dalam ketuban akan terlindung dari benturan yang ibu alami. Cairan ketuban juga membantu menjaga suhu tubuh janin.  umur-embrio-2-minggu

 

Minggu 5 Trimester Pertama Kehamilan

Pada minggu ini, embrio berumur 3 minggu. Minggu ini pun janin rentan terhadap gangguan kecatatan janin. Bentuk embrio pun sudah mulai terlihat jelas. Embrio berbentuk seperti tabung dan alur syaraf yang berbentuk memanjang dari atas ke bawah. Pembentukan otak dan jantung primitif dimulai pada minggu ini.

Pada minggu ini bunda tidak lagi mengalami menstruasi. Kadar hCG (huma chorionic gondotrophin ) akan meningkat. Kadar inilah yang akan dideteksi oleh alat tes kehamilan yang ibu gunakan. Penuhi nutrisi kehamilan yang bunda butuhkan selama masa kehamilan.

Minggu 6 Trimester Pertama Kehamilan

Pada minggu ini embrio berbentuk seperti kecebong. Lempeng telinga, lempeng mata, lengkung faring dan rigi lengan mulai terbentuk. Selain itu, otak, jantung, pembuluh darah, sistem syaraf, lidah, ketuban, dan plasenta juga sedang terbentuk. Sel-sel darah mulai terbentuk, dan munculah pembuluh-pembuluh darah kecil. Akhirnya terhubunglah embrio dengan plasenta atau ari-ari.

Bunda sudah mulai bisa melakukan kunjungan kedokter kandungan atau bidan untuk memeriksakan kondisi kehamilan. Biasanya bunda akan dianjurkan untuk memeriksa kehamilan pada setiap waktu berikut ini.

  • Setiap 4 minggu sekali hingga kehamilan mencapai usia 7 bulan.
  • Setiap 2 minggu sekali pada usia kehamilan 7 bulan keatas.
  • Setiap 1 kali seminggu untuk usia kehamilan memasuki usia 9 bulan.

Minggu 7 Trimester Pertama Kehamilan

 

Mata dan telinga janin mulai berkembang pesat pada minggu ini. Tali pusat pun telah terbentuk. Lubang hidung sudah terbentuk dan bentuk hidung mulai menonjol. Rongga jantung mulai dialiri darah. Sistem pencernaan dan pernafasan mulai terbentuk.

  • Umur Janin : 5 minggu
  • Ukuran embrio: 0,36 mm – 1 mm
  • Berat embrio : + 1 gram

Minggu 8 Trimester Pertama Kehamilan

Otak embrio mengalami perkembangan pesat pada minggu ini. Bagian wajah mulai terlihat jelas, mulutnya mulai terbuka. Kaki dan tangannya juga sudah mulai terlihat bentuknya. Bagitu pula dengan bagian kepala, dada, dan perut yang sudah mulai terbentuk. Punggung embrio sudah bertambah panjang dan memiliki rangka embrio yang masih terdiri atas tulang rawan.

  • Umur Janin : 6 minggu
  • Ukuran embrio: 14 mm – 20 mm
  • Berat embrio : + 3 gram

Minggu 9 Trimester Pertama Kehamilan

Embrio sudah mulai berbentuk seperti bayi muda dan sudah mulai bergerak. Bagian-bagian mata seperti retina dan iris sudah mulai ada walaupun matanya belum dapat membuka, karena kelopaknya belum terbentuk sempurna. Lekukan jemari janin sudah terlihat dan lengan atas sudah terbentuk. Perkembangan lebih pesat dibandingkan dengan paha dan betis. Alat kelamin embrio mulai tumbuh pada minggu ini.

Bunda mungkin akan mulai sering berkemih. Jangan lupa untuk menjaga asupan cairan agar terhindar dari resiko terkena dehidrasi. Bunda mungkin belum terlihat hamil, karena perut belum terlalu membesar, namun lingkar pinggul sudah mulai terasa lebih lebar.

  • Umur Janin : 7 minggu
  • Ukuran embrio: 22 mm – 30 mm
  • Berat embrio : + 4 gram

Minggu 10 Trimester Pertama Kehamilan

Ekor embrio sudah menghilang, wajahnya sudah menyerupai manusia, telinga, dan kelopak mata sudah mulai terbentuk. Ibu sudah mulai dapat merasakan tendangan yang merupakan gerakan jari dan kaki. Sel-sel otak membelah dengan cepat, membentuk 250.000 sel saraf baru pada setiap detiknya.

Pada minggu ini, ibu mungkin belum membutuhkan baju hamil, namun ukuran payudara mungkin sudah mulai membesar hingga bra yang bunda gunakan mulai tidak terasa nyaman. Oleh karena itu, gunakan bra dengan ukuran lebih besar.

  • Umur Janin : 8 minggu
  • Ukuran embrio: 31 mm – 42 mm
  • Berat embrio : + 5 gram

Minggu 11 Trimester Pertama Kehamilan

 

Calon bayi sudah mulai bisa disebut janin karena masa pembentukan organya telah berakhir. Sejak minggu ini, masa pemanjangan, pembesaran, dan penyempurnaan ini dimulai. Ukuran kira-kira sebesar telapak tangan ibu. Gerakan janin ibu sudah bisa dilihat melalui pemeriksaan Ultrasonografi (USG). Gejala morning sickness. Hal ini dikarenakan produksi hormon sudah diambil alih oleh plasenta. Jadi, nafsu makan yang sebelumnya hilang akan kembali, sehingga ibu dapat lebih nyaman dalam mengkonsumsi nutrisi yang diperlukan. Normalnya, ibu mengalami kenaikan berat badan 0,5 kg per minggu setelah tidak lagi mengalami mual atau mutah.

  • Umur Janin : 9 minggu
  • Ukuran embrio: 44 mm – 60 mm
  • Berat embrio : + 8 gram

Minggu 12 Trimester Pertama Kehamilan

 

Pada minggu ini adalah minggu terakhir trimester pertama kehamilan. Perut ibu mulai terlihat membesar dan ukuran baju mulai bertambah. Maka, kenakanlah pakaian yang longgar agar ibu merasa nyaman.


Untuk menjaga stamina, ibu bisa melakukan olah raga pada saat hamil ringan seperti berjalan kaki selama 30 menit di pagi hari. Selain itu bisa juga melakukan latihan kegel yang berguna untuk menguatkan otot panggul. Caranya, kontraksikan otot-otot disekitar vagina seperti saat ibu menahan hasrat untuk berkemih. Tahan selama 8-10 detik dan lakukan kurang lebih 25 kali sehari.

  • Umur Janin : 10 minggu
  • Ukuran embrio: 60 mm
  • Berat embrio : + 8- 14 gram

Tips Ibu Hamil Tags:

  • kehamilan trimester pertama
  • hamil trimester pertama
  • kehamilan trimester pertama

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: