Tips Menyusui 48 Jam Setelah Melahirkan


Kenapa ibu muda yang baru melahirkan seringkali mengalami kesulitan terutama saat menyusui. Namun jika anda mengetahui proses nya, anda tidak perlu khawatir karena biasanya untuk ibu ibu muda membutuhkan waktu 3 hingga 4 hari untuk memproduksi susu atau asi yang lebih banyak. Beberapa ibu bahkan membutuhkan waktu yang lebih banyak antara dua hingga tiga hari. Walau demikian, anda tidak perlu patah semangat dan teruslah berusaha sambil mengkonsultasikannya dengan bidan atau dokter. Sedangkan pada ibu yang melahirkan anak kedua atau ketiga dan seterusnya, asi akan lebih cepat keluar dan umumnya berlangsung antara 2 hingga 3 hari.

Tips Menyusui Bayi 24 jam

Sering di Susukan

Sangat penting bagi ibu untuk menyusui lebih awal dan lebih sering dimulai dari ruang bersalin. Jika Bunda melakukannya sedari awal dan sering, ini adalah cara yang paling ampuh dalam menambah  aktivitas prolaktin pada payudara ibu menyusui serta memiliki peran dalam membantu menjamin pasokan susu berlimpah dan kuat untuk bayi. Semakin anda menyusui  bayi dengan sering, yaitu proses menyusui setidaknya dalam waktu 48 jam pertama kelahirannya hingga 72 jam pertama maka masukkan susu akan menjadi lebih baik dan proses keluarnya air susu akan lebih mudah.



Ini adalah salah satu proses yang paling penting dalam menyusui untuk pertama kalinya karena ucapan bayi pada puting susu ibu akan merangsang kelenjar hipofisis untuk melepaskan oksitosin dan juga prolaktin ke dalam aliran darah ibu. Hal tersebut juga terjadi biasanya pada saat ibu mendengarkan tangisan dari bayinya. Secara tidak langsung, oksitosin menyebabkan sel sel di sekitar alveoli bekerja dan menghasilkan susu.

Menyusui Dengan Cara Kulit Ke Kulit


menyusui-bayi-baru

Tips menyusui 48 jam setelah melahirkan untuk ibu muda selanjutnya adalah, Memberikan sentuhan dari kulit ke kulit antara anda dan bayi juga biasanya dapat meningkatkan stimulus untuk tubuh anda memproduksi asi yang lebih banyak serta mengeluarkannya dengan lebih lancar. Selain itu, bagi sang bayi, keuntungan menempelkan kulit anda dengan kulit bayi adalah, bayi akan merasa nyaman dan aman selama dalam dekapan anda dan juga akan mendapatkan kehangatan.

 

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: