Tips Menghilangkan Stretch Mark Pada Ibu Hamil

Mengatasi Strechmark Ibu Hamil

Pada masa kehamilan, ibu hamil akan mengalami yang namanya kulit meregang disertai dengan garis yang muncul pada bagian perut, paha dan area tubuh lainnya. sehingga mengakibatkan robekan pada lapisan di dalam kulit.  Ibu hamil sangat rentan terkena stretch mark karena membesarnya perut Bunda sehingga menyebabkan peregangan kulit yang begitu cepat

Garis yang muncul diperut atau paha tersebut tidak secara langsung hilang meski setelah melahirkan. Hampir setiap ibu hamil mengalami kondisi ini dan sulit dihilangkan. Keadaan tersebut itulah yang disebut dengan Stretch Mark. Warna stretch mark yang akan timbul tergantung pada kulit ibu hamil bisa merah maupun cokelat. Meskipun setelah melahirkan akan perlahan berubah warna menjadi putih dan memudar. Namun biasanya tidak bisa hilang.

Stretch Mark pada ibu hamil tentu akan mengurangi kecantikan kulit dan mempengaruhi percaya diri, maka tidak heran banyak cara yang dilakukan oleh wanita untuk menghilangkan stretch mark. Wanita hamil sangat beresiko mengalami stretch mark, namun demikian ada berbagai cara dan tips menghilangkan stretch mark. Artikel kali ini akan membahas Cara agar Ibu hamil bisa mengurangi guratan kulit atau stretch mark selama kehamilan dengan melakukan beberapa pencegahan dibawah ini.

Stretch Mark Ibu Hamil

Makan Dengan Pola Makan Yang Sehat

Selama proses kehamilan, ibu hamil dituntut untuk memiliki pola makan yang sehat. Kandungan gizi yang diperoleh dari makanan harus mencukupi kebutuhan ibu dan calon bayinya. Sedangkan untuk mencegah stretch mark, disarankan untuk mencukupi kebutuhan dengan mengonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan dan sereal.



Perbanyak Minum Air Putih

Air putih membantu ibu hamil untuk terhindar dari dehidrasi selama kehamilan. Selain itu, air putih bisa menjaga kesehatan kulit terutama bagi ibu hamil untuk mencegah terjadinya stretch mark. Saat menjalani kehamilan Bunda sering mengalami lelah dan kehilangan kosentrasi,  dengan minum air putih 8 gelas perhari maka dapat membantu ibu hamil tetap menjaga kesehatan selama kehamilan.  Minum air putih juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit terutama bagi ibu hamil untuk mencegah terjadinya stretch mark yang seringkali dialami oleh kebanyakan ibu hamil dan susah hilang meskipun sudah melahirkan.

Berat Badan Ideal Selama Kehamilan

Berat badan akan naik seiring dengan pertambahan usia kehamilan. Ibu hamil harus bisa menjaga berat badannya selama kehamilan. Dengan menyeimbangakan asupan makanan selama kehamilan maka membantu ibu hamil terhindar dari kenaikan berat badan yang berlebihan serta mengurangi risiko stretch mark. Untuk mengetahui berat badan ideal sesuai usia kehamilan, berkonsultasilah kepada dokter kandungan.

Melakukan Latihan Fisik Ringan

Aktifitas fisik pada ibu hamil bisa berupa senam kehamilan, yoga khusus untuk ibu hamil, jalan-jalan di pagi hari ataupun kegiatan-kegiatan lain. Selain bermanfaat untuk kebugaran tubuh ibu hamil, juga membantu mengurangi risiko stretch mark selama masa kehamilan.

Cukupi Kebutuhan Vitamin E

Vitamin E akan membantu kulit ibu hamil menjadi kencang. Kebutuhi vitamin E yang bisa didapatkan dari sinar matahari. Bila ibu akan mengonsumsi vitamin E secara oral sebaiknya konsultasi dengan dokter kandungan dulu. Apakah akan mempengaruhi tumbuh kembang si janin dan aman atau tidak jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Krim maupun oil yang mengandung vitamin E bisa diusapkan lembut pada bagian yang rentan terkena stretch mark.



Mengatasi Strechmark Ibu Hamil

 

28 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini


Pencarian Terkait :

  • menghilangkan stretch mark loc:ID
  • stretch mark

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!