Tips Membersihkan Telinga Si Kecil

Merawat Bayi Dengan Benar

Banyak orang tua yang merasa ragu ketika harus membersihkan telinga bayinya karena beberapa dokter juga melarang orang tua untuk membersihkan kotoran yang biasa terlihat di telinga bagian luar. Memang benar, membersihkan saluran telinga tidak diperlukan karena kotoran yang terlihat yaitu cairan kental (cerumen) yang menjaga saluran telinga dari debu dan benda asing serta menjaga kelembaban area tersebut. Namun, ada bagian lain selain saluran telinga ini yang harus dibersihkan.

Langkah-Langkah Membersihkan Telinga Anak

Langkah Membersihkan Telinga Si KecilMe

Berikut ini adalah Tips Membersihkan Telinga Si Kecil.



Alat yang Dibutuhkan:

  1. Handuk atau waslap kecil.
  2. Air hangat dalam baskom.
  3. Kapas atau cotton bud.
  4. Baby oil.
  5. Handuk kering.

Langkah-langkah Membersihkan Telinga Si Kecil

  1. Carilah lokasi yang nyaman bagi Anda dan si kecil. Hal ini cukup penting agar proses pembersihan telinga tidak terganggu.
  2. Agar bayi nyaman, tetap menutupi tubuhnya dengan selimut yang hangat dan jika perlunyanyikan lagu-lagu yang menenangkan.
  3. Oleskan baby oil pada kapas atau cotton bud untuk membersihkan bagian-bagian telinga yang terlipat. Jangan sesekali memasukkan cotton bud ke dalam lubang telinga karena bisa membahayakan gendang telinga atau bahkan mendorong kotoran semakin ke dalam.
  4. Basahi waslap menggunakan air hangat kemudian bersihkan bagian depan dan belakang telinga bayi secara perlahan. Tidak perlu menggunakan sabun untuk membersihkannya karena bisa menimbulkan kerak pada telinga bayi.
  5. Keringkan dengan cara menepuk-nepuk secara halus dan perlahan telinga depan dan belakang menggunakan handuk yang lembut.

Catatan:

Cerumen biasanya akan terdorong dengan sendirinya ke luar lubang telinga. Apabila hal ini terjadi, Anda hanya perlu membersihkannya saja menggunakan tisu atau kapas. Akan tetapi bila Anda perhatikan ada cukup banyak kotoran yang menumpuk di saluran telinga si kecil,



Alangkah baiknya bila membawa si kecil ke dokter spesialis anak atau spesialis THT untuk membersihkannya. Demikian Tips Membersihkan Telinga Si Kecil yang bisa kami sampaikan. Semoga telinga si kecil Anda tetap bersih dan terawat dan artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

 


Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!