Tips agar ibu Hamil Sehat


Hamil Sehat | Tips agar ibu Hamil SehatSaat sedang hamil, seorang wanita memerlukan perhatian khusus. Tindakan ini tidak hanya berguna bagi ibu hamil, tapi sekaligus untuk janin yang dikandungnya. Berbagai tips bisa Anda terapkan untuk menunjang kesehatan janin dan ibunya. Apa saja tips agar ibu hamil dan janin tetap sehat?

Hamil Sehat. Setiap ibu hamil pasti menginginkan kehamilan selalu sehat dan janin didalam kandungan dalam keadaan baik.

Ciri Ibu Hamil yang Sehat.

Untuk analisa apakah Kehamilan ibu dalam keadaan sehat, ada beberapa kriteria Ibu Hamil Sehat antara lain:



  • Ibu Hamil tidak mengalami keluhan kesehatan selama kehamilan yang berpengaruh pada aktivitas ibu hamil dan pertumbuhan janin.┬áKeluhan Ibu Hamil yang dimaksud di sini adalah keluhan abnormal yang berpengaruh pada kondisi fisik ibu hamil. Misalnya ibu hamil pingsan, perdarahan, nyeri ulu hati berat, mata berkunang-kunang, mual-muntah hingga lemas, dan jantung berdebar-debar. Keluhan tersebut mengarah pada penyakit kehamilan tertentu yang harus diwaspadai. Namun, apabila keluhan yang dirasakan masih bersifat fisiologis seperti mual di pagi hari, mudah lelah, kesemutan, atau susah buang air besar bukanlah kelainan kehamilan. (baca juga bahaya virus rubella bagi ibu hamil )
  • Tanda Vital Normal. Kesehatan ibu hamil juga bisa diidentifikasi melalui tanda-tanda vital yang meliputi tekanan darah, suhu tubuh, denyut nadi permenit, dan pernafasan permenit. Kehamilan yang sehat akan terlihat dari normalnya tanda vital tersebut.
  • Pembesaran Perut. Berdasarkan teori kebidanan terdapat ukuran khusus untuk menilai pembesaran perut ibu hamil sesuai usia kehamilan. Ukuran perut ibu hamil yang melebihi ukuran normal dikhawatirkan mengindikasikan kelainan seperti bayi besar, bayi kembar, ( hidramnion). Sedangkan pembesaran perut yang kurang dari semestinya dicurigai sebagai malnutrisi, kehamilan ektopik terganggu, dan IUFD.
  • Gerakan Janin. Gerakan janin pada perut ibu hamil menunjukkan adanya perkembangan motorik dan saraf otak yang merupakan tanda ibu hamil sehat. Jika janin tidak mengalami pergerakan (diam) selama beberapa hari, sebaiknya bunda memeriksakanya ke fasilitas kesehatan guna memeriksakan kesehatan calon buah hati.

Tips Ibu Hamil Sehat

Berikut beberapa tips untuk ibu hamil untuk menjaga kehamilanya agar tetap sehat

  • Pemeriksaan secara rutin. Cek secara kehamilan bunda untuk mengontrol kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Sehingga apabila terjadi gangguan kehamilan yang tidak diinginkan dapat segera diambil penanganan yang tepat.
  • Konsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi sehat untuk ibu hamil. Kebutuhan gizi dan nutrisi Ibu hamil lebih banyak dibanding wanita yang tidak hamil, oleh sebab itu ibu hamil dianjurkan memperbanyak asupan gizi untuk kehamilannya dan tumbuh kembang janin.
  • Hindari asap rokok. Asap rokok berbahaya bagi kesehatan,khususnya untuk kesehatan ibu hamil.
  • Untuk menjaga agar ibu hamil tetap sehat dan tidak terkena dehidrasi. Konsumsi air putih setiap hari setidaknya 2 liter atau 8 gelas.
  • Beristirahat dengan cukup. Istirahat yang cukup sangat baik bagi ibu hamil untuk menjaga agar hamil sehat.
  • Lakukan olahraga ringan secara teratur. Aktivitas olahraga ibu hamil seperti jalan sehat, senam hamil adalah olahraga yang paling dianjurkan. ( Baca juga pantangan/ larangan selama kehamilan )

Demikian beberapa tips untuk ibu hamil agar tetap sehat. Apabila bunda merasa masalah atau keluhan tidak normal pada kehamilan segera periksa dokter kandungan terdekat.

Semoga bermanfaat.

Tips Ibu Hamil Tags:

  • tips bumil sehat

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: