Mengetahui Tanda Bayi Akan Lahir dan Perkembangan Bayi

Tips Menghadapi Persalinan

Setiap orang tua yang saat ini sedang menanti kelahiran sang buah hati, beberapa informasi berikut ini mengenai tanda bayi akan lahir dan juga mengenai tahapan untuk perkembangan bayi akan sangat membantu kita mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan oleh buah hati kita nantinya.

persiapan melahirkan

Agar kita dapat mengantisipasi hal-hal apa saja yang mungkin kita butuhkan untuk kelancaran proses kelahiran, informasi berikut ini akan sangat membantu kita agar kita tidak panik dalam menghadapi proses kelahiran. Selain itu masih banyak lagi informasi mengenai hal-hal apa saja yang perlu kita persiapkan agar segala hal yang dibutuhkan untuk bayi yang baru lahir dapat terpenuhi termasuk beberapa informasi penting mengenai perkembangan bayi.

Mengenal Tanda Bayi Akan Lahir

Langkah agar melahirkan normal

Beberapa tanda bayi akan lahir berikut ini akan membantu setiap orang tua untuk mengenali tanda-tanda yang tepat dan apa saja yang harus dilakukan. Untuk mengantisipasi persiapan kelahiran tanpa harus panik, maka setiap calon ibu dan juga para suami juga wajib mengetahui beberapa hal berikut ini.

1. Rasa Nyeri Pada Selangkangan

Tanda bahwa kelahiran sang jabang bayi sudah dekat adalah dengan adanya rasa nyeri pada selangkangan. Bagi para calon ibu yang mungkin belum pernah melahirkan sebelumnya, tanda ini biasanya akan dirasakan pada daerah rangka tulang pelvis. Penyebab dari rasa nyeri yang timbul ini adalah karena adanya tekanan dari janin yang sudah pada posisi yang sudah siap untuk kelahiran.

2. Rasa Sakit Pada Tulang Belakang dan Panggul

Selain tanda bayi akan lahir di atas, tanda yang juga akan dialami oleh sang calon ibu adalah rasa sakit pada tulang belakang dan panggil. Janin yang sudah berumur lebih dari 35 minggu biasanya sudah memiliki ukuran yang cukup besar yang membutuhkan lebih banyak ruang untuk bergerak yang terkadang terjadi sehingga mengakibatkan tertekannya tulang belakang.

Tentu saja pergerakan dan pergeseran ini adalah hal yang wajar terjadi jika umur janin sudah cukup dan siap untuk dilahirkan. Selain itu sang ibu juga akan mengalami keluarnya lender yang cukup kental dan juga bercampur dengan darah. Hal ini adalah salah satu hal wajar dialami oleh setiap calon ibu terutama jika posisi janin sudah turun dan siap untuk dilahirkan.

3. Terjadinya Kontraksi

Beberapa tanda bayi akan lahir yang selanjutnya yang juga menjadi tanda yang sangat penting untuk diperhatikan oleh setiap calon ibu dan juga para suami adalah terjadinya kontraksi. Kontraksi adalah salah satu tanda yang sudah hampir pasti mengindikasikan bahwa bayi sudah siap untuk dilahirkan.

Pada setiap proses persalinanakan ditandai dengan kontraksi yang cukup kuat. Untuk itu jika sang calon ibu sudah merasakan kontraksi yang cukup kuat, maka sudah hampir bisa dipastikan bahwa waktu kelahiran sudah dekat. Selain itu, tekanan yang disebabkan oleh kepala bayi juga dapat menyebabkan bocornya air ketuban.

4. Pecah Air Ketuban

Tahapan Persalinan

Untuk itu tanda selanjutnya yang juga akan kita temukan pada saat waktu kelahiran sudah dekat adalah terjadinya pecah ketuban. Jika beberapa tanda di atas sudah kita temukan, maka disarankan untuk membawa sang calon ibu segera ke klinikbersalin atau rumah sakit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.



Tahapan Perkembangan Bayi dari 1 Sampai 12 Bulan

Tips Memijit Bayi

Setelah beberapa tanda bayi akan lahir di atas yang sudah kita ketahui, beberapa hal lain mengenai perkembangan bayi juga menjadi salah satu hal yang juga harus kita ketahui untuk mendukung tumbuh kembang terbaik dari sang bayi.

Untuk itu berikut ini adalah informasi lebih lanjut mengenai perkembangan bayi yang harus kita ketahui.

1 Bulan Pertama

Pada 1 bulan pertama, bayi baru bisa memegang melakukan gerakan reflek untuk memegang benda yang menyentuh tangan.

2 Bulan Pertama

Selanjutnya pada usia 2 bulan, bayi sudah bisa mulai bersuara dan juga tersenyum. Selain itu bayi juga sudah bisa mulai melihat walaupun masih kabur. Sedangkan pada usia 3 bulan, gerakan motorik bayi akan sudah mulai berkembang dengan kemampuan untuk menggerakkan benda yang sudah dipegang dan juga mata sang bayi sudah bisa mengikuti gerakan benda yang ada di depannya.

3 – 5 Bulan

Untuk tahapan perkembangan bayi 3 bulan selanjutnya berikut adalah informasi lebih lanjut yang wajib kita ketahui. Bayi sudah bisa bermain dengan kedua tangan, tengkurap dan juga tertawa pada usia 4 bulan. Pada tahapan perkembangan selanjutnya, bayi sudah mulai bisa menggulingkanbadannya dan juga menyentuh benda atau mainan yang dilihatnya pada usia 5 bulan.

Untuk tahapan yang selanjutnya, bayi kita akan mulai bisa menggunakan kedua tangannya untuk menopang tubuhnya. Selain itu bayi juga sudah mampu memindahkan benda yang ada di tangan mereka dari satu tangan ke tangan yang satunya. Bayi sudah dapat melakukan beberapa hal tersebut pada saat berusia 6 bulan.

3- 6 Bulan

Pada tahapan 3 sampai 6 bulan selanjutnya, berikut adalah perkembangan bayi yang bisa kita ketahui. Hal pertama yang akan kita temukan adalah bayi sudah bisa mulai membalikkan badan dan juga mulai belajar duduk. Selain itu bayi juga sudah bisa mengoceh dan mengamati hal-hal yang ada di sekitarnya.

Jika kita meletakkan cermin di depan bayi, dia juga akan tertarik pada bayangan yang dia lihat pada cermin pada saat bayi berumur 7-8 bulan. Pada usia 9-10 bulan, bayi akan mulai bisa merayap dan berdiri sendiri tanpa bantuan. Selain itu bayi, kemampuan motoriknya juga sudah mulai berkembang dengan di mana bayi sudah bisa menggunakan kedua jarinya untuk menjemput benda-benda kecil di sekitarnya.

Persiapan Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Persiapan Melahirkan Barang Yang Harus Dibawa

Selain beberapa hal di atas seperti perkembangan bayi dan juga tanda-tanda bayi akan lahir, kita juga akan menemukan beberapa hal lainnya seperti persiapan untuk perlengkapan bayi baru lahir yang juga harus kita ketahui. Agar setiap kebutuhan sang buah sejak awal dilahirkan sudah terpenuhi dan kita tidak perlu lagi khawatir jika sewaktu-waktu kita membutuhkan beberapa hal kecil yang dibutuhkan oleh buah hati kita seperti beberapa persedian botol dot dan juga popok.

Dengan mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir secara matang, maka kita pun dapat mengantisipasi dan siap terhadap segala kebutuhan mendadak yang mungkin dibutuhkan oleh bayi.

Untuk usia bayi pada bulan-bulan pertama biasanya hanya terbatas pada popok dan botol susu jika sang ibu tidak bisa setiap saat memberikan ASI atau jika ASI tidak keluar sehingga mengharuskan kita memberikan susu formula untuk buah hati kita.



Pastikan juga bahwa setiap peralatan makan seperti dot selalu dalam keadaan bersih dan steril karena bayi yang baru lahir akan lebih mudah terkena atau terjangkit penyakit. Dengan memperhatikan beberapa tersebut di atas, maka kita pun tidak perlu lagi khawatir akan beberapa hal yang mungkin terjadi atau kebingungan untuk melakukan apa-apa saja yang dibutuhkan oleh buah hati dan juga sang ibu yang baru saja melahirkan.

 

 

178 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini


Pencarian Terkait :

  • kapan bayi akan lahir

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!