Mengatasi Sesak Nafas pada Ibu hamil


Penyakit sesak nafas merupakan salah satu penyakit yang sangat mengganggu pernafasan, biasa disebut juga dengan Asma. Tahukah Bunda bahwa penyakit ini merupakan penyakit bawaan dari lahir dan tidak ada acara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan penyakit.

Namun pada kondisi ibu hamil, penyakit sesak nafas memang sering kali terjadi, hal ini bukan disebabkan karena seorang ibu hamil tersebut memiliki riwayat penyakit asma atau penyakit sesak nafas yang disampaikan sebelumnya. Sesak nafas pada ibu hamil biasa saja terjadi bahkan hampir semua ibu hamil akan mengalami sesak nafas.

Astma pada Ibu Hamil
Astma pada Ibu Hamil

Hal itu biasanya terjadi pada trismeter pertama maupun trismeter kedua, hal ini biasanya disebabkan karena berat badan ibu hamil yang mangkin bertambah yang disebabkan dari bobot bayi yang semangkin hari semangkin bertambah didalam kandungan sang ibu. Sesak nafas juga bisa di alami oleh ibu hamil yang mengandung anak kembar, yang mana biasanya ibu hamil akan membutuhkan lebih banyak oksigen dari biasanya selama masa kehamilannya.

Hal ini juga biasa disebabkan karena peningkatan hormon yang mempengaruhi paru-paru sehingga dapat memperngaruhi pusat pernafasan. Akan tetapi ibu hamil tidak perlu khawatir, sebab ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh sang ibu untuk mengatasi sesak nafas tersebut. Apa saja cara mengatasi sesak nafas pada ibu hamil? berikut pembahasannya !

Cara Mengatasi Sesak Nafas Pada Ibu Hamil 

Pada masa kehamilan wajar-wajar saja bila ibu hamil mengalami sesak nafas, sesak nafas akan di rasakan ibu hamil ketika usia kandungan memasuki usia 36 atau 38 minggu, dimana si bayi yang ada didalam kandungan turun ke panggul dalam usia perkembangannya di dalam kandungan sang ibu, terlebih bagi ibu yang pertama kali hamil, namun bagi ibu yang sudah hamil sebelumya mungkin tidak akan merasa kaget dengan kejadian seperti ini.

Berikut ini merupakan langkah-langkah yang bisa lakukan oleh ibu hamil untuk mengatasi sesak nafas saat hamil ;

1. Menyadari Gejala Sesak Nafas

Astma pada Ibu Hamil
Astma pada Ibu Hamil

Sesak nafas pada ibu hamil memanglah hal wajar dan tidak berbahaya bagi kesehatan ibu hamil itu sendiri. Namun walaupun begitu sesak nafas yang dialami oleh ibu hamil akan sangat mengganggu kesehatan sang ibu sendiri.

Maka dari itu di perlukan langkah-langkah untuk mengatasi sesak nafas saat hamil, langkah pertama yang harus ibu hamil lakukan adalah menyadari pergerakan nafas yang mulai terasa berat, karena hal itu terjadi sangat dianjurkan kepada ibu hamil agar tidak memaksakan diri untuk melakukan aktivitas, karena bisa menguras banyak oksigen untuk ibu hamil.

2. Perbanyak Latihan Ringan

latihan pernafasan ibu hamil

untuk mengatasi sesak nafas saat hamil juga bisa diatasi dengan melakukan latihan ringan secara rutin seperti melakukan senam untuk ibu hamil, olah raga ringan yang memang khusus untuk ibu hamil. Memperbanyak latihan ringan dan lembut seperti itu bisa membantu ibu hamil untuk mengatasi sesak nafas yang bisa dating menyerang ibu hamil.

3. Duduk Tegak

posisi duduk ibu hamil

Ketika ibu merasakan nafas yang mulai berat dan merasa tersengah-sengah atau lelah, cobalah untuk duduk untuk mengurangi sesak nafas, duduk yang bisa ibu lakukan dengan menegakkan bada dan bahu hal ini bisa memberikan banyak ruang untuk paru-paru sehingga bisa bernafas lebih mudah.



4. Hindari Mengkonsumsi Garam Berlebihan

Hindari pemanis buatan saat hamil

Untuk mengatasi sesak nafas, sang ibu juga harus mengurangi pembengkakan dengan cara menghindari konsumsi garam secara berlebihan, bahkan sebaiknya ibu hamil banyak-banyak mengkonsumsi air putih.

5. Medis

golongan dan kategori obat-obatan

Jika ibu hamil sering mengalami sesak nafas yang datang secara tiba-tiba, sebaiknya segera ditangani oleh tim medis. sering lah melakukan konsultasi kepada dokter kandungan, bahkan seharusnya ibu hamil atau anggota keluarga menyimpan nomer telpon rumah sakit atau bantuan medis lainya.

 

Hal yang Bisa Dilakukan Ibu Hamil Untuk Mengatasi Sesak Nafas Saat  Hamil 

mengatasi sesak nafas saat hamil



Cara mengatasi sesak nafas pada ibu hamil diatas bisa lansung di praktirkan dirumah dengan mudah seperti :

  1. Melakukan olahraga hamil, pastikan sang ibu hamil bisa berdiri tegak dengan sempurna selama melakukan kegiatan olah raga hamil.
  2. Lakukan lah latihan senam untuk ibu hamil atau senam aerobic khusus untuk ibu hamil, senam ini baik untuk melatih pernafasan ibu hamil dan juga bisa menurunkan denyut nadi. namun sebelum melakukan segala kegiatan atau program untuk ibu hamil, pastikan ibu sudah konsultasi terlebih dahulu kepada dokter kandungan atau bidan setempat.
  3. Cobalah untuk membusungkan dada. Apabila terdapat edema atau sejenis pembekakan pada anggota tubuh seperti kaki, ataupun di anggota tubuh lainnya, Jangan terlalu panik bunda ! hal wajar bila ibu hamil mengalami ederma bahkan sebanyak 75% ibu hamil yang mengalami ederma selama masa hamil.
  4. Usahakan agar ibu hamil tidak membungkuk dengan cara menjaga punggung atau duduk tegak lurus, hal ini dlilakukan guna untuk menjaga paru-paru mereka agar memiliki ruang pernafasan lebih luas.
  5. Cobalah untuk menopang tubuh bagian atas ketika sedang beristirahat atau tidur dengan bantal gunta untuk menjaga paru-paru sang ibu dari tekanan pernapasan.
  6. Apabila ibu hamil merasakan kurang nyaman saat tidur dengan posisi berbaring, cobalah untuk tidur dengan posisi tubuh di sanggah dengan bantal, karena biasanya posisi tidur datar bisa membuat ibu merasa sesak nafas.
  7. Jika ibu suka bersantai duduk di kursi, cobalah untuk duduk menggunakan kursi santai agar ibu bisa merasa santai saat duduk selonjoran menikmati udara segar.
  8. cobalah untuk tidak terlalu memaksakan diri dalam bekerja baik dirumah maupun di tempat kerja, hal ini perlu di perhatikan untuk menjaga kesehatan ibu hamil agar tidak merasakan lelah, sebab kondisi tubuh yang lelah sangat memicu ibu hamil bisa merasakan sesak nafas.
  9. Jangan menganggkat benda yang berat-berat atau bergerak cepat sebab hal itu bisa membuat ibu hamil susah mengontrol pernafasannya.
  10. Jangan sampai ibu mengalami dehidrasi, maka dari itu cobalah untuk menghindari makanan pedas dan perbanyaklah minum air putih.
  11. perbanyaklah zat besi, sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi, hal ini guna untuk mencegah kekurangannya oksigen agar ibu hamil tidak mengalami sesak nafas. untuk memperbanyak asupan zat besi bagi ibu hamil perbanyaklah konsumsi kacang almond dan bayam.
  12. Untuk mencegah sesak nafas, ibu hamil juga disarankan untuk tidak mengenakan pakaian yang ketat dan membuat ibu susah bernafas, maka dari itu pakailah pakaian yang longgar dan nyaman untuk ibu hamil, karena pakaian yang ketat bisa menyebabkan ibu merasakan rasa panas sehingga bisa membuat ibu hamil mengeluarkan banyak keringat, karena itu di perlukan banyak oksigen agar tidak menyebab kan ibu hamil merasa sesak nafas.

 

593 kali dilihat, 14 kali dilihat hari ini


Pencarian Terkait :

  • cara mengatasi sesak nafas pada hamil tua
  • cerpen bunda sesak nafas
  • sesak nafas saat hamil

Leave a Comment

error: Content is protected !!