Pengaruh Rambutan untuk Ibu Hamil

Buah Rambutan Untuk Ibu Hamil

Buah-buahan memang kaya akan nutrisi dan vitamin yang baik untuk kondisi ibu hamil dan kesehatan pertumbuhan dan perkembangan janin yang ada di dalam kandungannya. Namun, tidak semua jenis buah-buahan bisa di konsumsi dan baik untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya, ada beberapa buah yang tidak dianjurkan oleh dokter kandungan untuk di konsumsi oleh ibu hamil atau bahkan harus dibatasi jumlahnya apabila ingin memakan buah tersebut, seperti misalnya buah durian. Buah durian sangat tidak di rekomendasikan oleh dokter ataupun tim medis lainnya untuk di konsumsi oleh ibu hamil sebab beberapa kandungan yang ada didalam buah durian tidak baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang ada didalam kandungannya. Baca Juga: Buah Sirsak Untuk Ibu Hamil.

Rambutan sendiri merupakan salah satu buah tropis yang musiman, hampir semua orang menyukai buah rambutan, selain rasanya yang manis dan enak, buah rambutan juga bagus untuk kesehatan, namun bagaimana dengan kesehatan ibu hamil sendiri?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Buah Rambutan?

rambutan untuk ibu hamil

Kondisi kehamilan memanglah perlu penjagaan dan perlindungan yang sangat ekstra atau tidak seperti biasanya, hal ini tentunya untuk mencegah resiko atau masalah yang mungkin saja terjadi pada masa kehamilan, yang bahkan bisa berakibat fatal bagi kesehatan ibu hamil maupun janin yang ada di dalam kandungannya. Banyak sekali tantangan dan rintangan bagi ibu hamil yang terkadang membuat kesehatan ibu hamil sendiri menurun, seperti rasa pusing, mual, muntah, merasa lemas dan mudah lelah. Baca Juga: Buah Durian Bagi Ibu Hamil.

Hal ini wajar-wajar saja terjadi dalam masa kehamilan. Oleh karena itu asupan nutria dan gizi yang cukup bagi ibu hamil sangat diperlukan, maka dari itu penting sekali untuk memperhatikan dan mengetahui makanan dan minuman apa yang mengandung gizi dan nutrisi yang baik untuk ibu hamil. Buah-buahan sendiri menjadi salah satu makanan yang wajib untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, bahkan ibu hamil sangat di anjurkan untuk memakan buah-buahan dan meminum jus buah setiap paginya, kandungan vitamin yang ada didalam buah-buahan sangat baik bagi perkembangan sang buah hati.

Banyak sekali mitos yang telah beredar megenai larangan terhadap  ibu hamil untuk mengkonsumsi buah rambutan. untuk menjawab beberapa pertanyaan dan pernyataan dari mitos tersebut, berikut pembahasannya.

Pada kenyataannya tidak ada larangan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi buah rambutan selama masa kehamilan, malah buah rambutan sangat bagus untuk di konsumsi oleh ibu hamil, karena banyak manfaat yang bisa di berikan oleh buah rambutan kepada ibu hamil dan janin yang ada didalam kandungan sang ibu.

Buah Rambutan Untuk Ibu Hamil

Buah rambutan sendiri banyak mengandung vitamin dan mineral yang bagus untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungan. Mitos yang beredar selama ini tentang ibu hamil yang tidak boleh mengkonsumsi buah rambutan adalah tidak benar, sebab pada kenyataannya buah yang memiliki rambut ini bisa memberikan banyak manfaat bagi ibu hamil.



Vitamin dan Mineral yang terkandung di dalam buah rambutan merupakan nutrisi dan gizi yang memang sangat dibutuhkan ibu hamil saat masa kehamilannya, dan juga merupakan kebutuhan bagi janin yang ada di dalam kandungan, untuk mendukung tumbuh kembang sang janin di dalam kandungan.

Manfaat Buah Rambutan Untuk Ibu Hamil 

Rambutan Untuk Ibu hamil

Kandungan dari buah rambutan berupa vitamin dan mineral mampu memberikan banyak khasiat ataupun manfaat bagi ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungannya, oleh karena itu tidak di benarkan bila ada larangan agar ibu hamil tidak mengkonsumsi rambutan.

Adapun khasiat dan manfaat dari buah rambutan untuk ibu hamil adalah sebagai berikut :

1. Mengatasi Morning Sickness

Gejala morning sicknes wajar saja terjadi pada masa kehamilan, gejala morning sickness seperti mual ataupun muntah sudah umum terjadi pada ibu hamil, namun dengan mengkonsumsi buah rambutan dapat mengurangi gejala morning sickness, sebab rasa mual dan muntah seringkali membuat perasaan merasa tidak enak dan merasa lemas dan lesu.

Selain untuk mengurangi rasa mual, dengan mengkonsumsi buah rambutan pun dapat membuat tubuh ibu hamil merasa fit kembali dan stamina juga kembali.

2. Menambah Asupan Kalori

Buah rambutan merupakan salah satu sumber penghasil kalori terbaik, asupan kalori yang cukup bagi ibu hamil memang sangat baik, dengan banyak mengkonsumsi buah rabutan dapat menjadi cara untuk menambah asupan kalori harian yang memang selalu di butuhkan seorang wanita dimasa kehamilannya. Buah rambutan mengandung kurang lebih 85 kalori per 100 gramnya.

3. Asupan Serat Pada Ibu Hamil

Serat memang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, selain untuk memperlancar pencernaan, serat juga bagus untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan jain di masa perkembangannya didalam kandungan. dengan mengkonsumsi buah rambutan dapat membatu ibu hamil untuk memenuhi asupan serat di masa kehamilannya. Rambutan bisa melunakan feses sehingga mudah dikeluarkan, dengan banyak mengkonsumsi rambutan ibu hamil tidak akan mendapatkan masalah seperti gangguan konstipasi yang menyebabkan ibu hamil susah untuk BAB, sehingga hal itu bisa menyebabkan perasaan yang tidak nyaman dan membuat sakit perut.

4. Asupan Mineral yang Cukup Bagi Ibu Hamil

Seperti yang sudah disampaikan diatas bahwa buah rambutan memiliki kandungan mineral yang sang sangat tinggi yang bisa sangat bermanfaat bagi ibu hamil, dengan banyak menerima asupan mineral dapat mencegah penyakit anemia. Kandungan mineral yang ada didalam rambutan berupa zat besi, fosfor dan kalsium.

Berdasarkan pembahasan diatas, tentunya bisa menjawab pernyataan yang mungkin sering kali terbesit di benak para wanita hamil “bolehkah ibu hamil makan buah rambutan ?”

Berbagai pernjelasan diatas sudah sangat jelas menjawab pertanyaan tersebut, bahwa boleh saja bagi ibu hamil untuk makan buah rambutan, bahkan sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi buah rambutan, mengingat buah rambutan memiliki banyak kandungan yang baik untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang ada di dalam kandungan sang ibu.



Kesehatan ibu hamil sangat menentukan kesehatan si cabang bayi yang ada di dalam kandungan, sebab sang bayi mendapatkan asupan nutrisi dan gizi yang cukup diperoleh dari gizi dan nutrisi yang cukup pula dari ibunya, makadari itu asupan untuk ibu hamil 2x lipat lebih banyak daripada wanita yang tidak hamil, karena ia harus membagi dengan bayi yang ada dikandungannya.

1,409 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini


Pencarian Terkait :

  • mitos ibu hamil makan rambutan
  • rambutan untuk ibu hamil
  • bahaya buah rambutan untuk ibu hamil muda
  • Manfaat buah rambutan untuk jamin 7 bulam
  • hamil muda apa boleh makan rambutan
  • apakah ibu hamil boleh makan rambutan
  • apakah inu hamil boleh makn buah rambutan
  • apkh orang hml blh mkn buah rambutan
  • bahaya buah rambutan untuk kanadungan
  • Boleh kah hamil muda makan ram

Leave a Comment

error: Content is protected !!