Rahasia Sehat Selama Menyusui Bayi

TIPS menyusui

Disamping perawatan bayi, yang juga sangat penting adalah merawat kesehatan Bunda. Sebab, kesehatan bayi sedikit banyak juga tergantung pada kondisi ibunya. Demikian pula dengan asupan makananya terutama bayi ibu yang sedang menyusui. ASI yang diberikan ibu memang berkualitas dan sangat berguna bagi kesehatan dan tumbuh kembang bayi, namun mutunya tetap harus dijaga.

Santapan yang sebaiknya dikonsumsi para Bunda yang sedang menyusui harus mengandung makanan bergizi, namun dalam jumlah yang lebih banyak. Menurut Dr. William Sears dalam bukunya The Baby Book, bila Bunda menyantap makanan yang baik, Bunda akan memiliki lebih banyak energi dan merasa lebih baik, seperti pada masa nifas dan stress karena menjadi ibu baru.

Untuk gizi seimbang, Dr. Sears menyarankan kelima kelompok makanan dasar ini:

  1. Kelompok nasi, serealia, roti gandum, atau pasta.
  2. Kelompok sayuran.
  3. Kelompok buah-buahan.
  4. Kelompok ikan, daging, unggas, kacang kering, telur, dan kacang.
  5. Kelompok susu, yoghurt, dan keju.

the baby book



Selain itu, konsumsilah makanan dari masing-masing kelompok tersebut sambil memperhatikan tiga kelompok dasar kalori;

  1. Karbohidrat, harus terdapat dalam 50-55% dari total kalori harian, dan porsi utama dari sumber energi ini harus dalam bentuk gula sehat, terutama biji-bijian, nasi atau pasta, dan buah.
  2. Lemak yang menyehatkan, yang harus terdapat dalam 30% dari total kalori harian.

Yang juga perlu ditambahkan ke dalam menu makanan ibu menyusui adalah;

  1. Kalsium. Bunda memerlukan banyak kalsium selama kehamilan dan masa menyusui. Penelitian menunjukan bahwa kalsium yang diambil dari tulang ibu selama masa menyusui akan kembali selama dan setelah masa penyapihan, dengan kepadatan tulang yang lebih baik dibandingkan sebelum masa kehamilan.
  2. Susu. Bila Bunda tidak suka minum susu, atau alergi ketika meminumnya, gantikan dengan makanan non susu kaya kalsium seperti ikan sarden, kacang kedelai, brokoli, buncis, ikan salmon, tahu, daun-daunan hijau, kangkung, manisan anggur, dan jus wortel. Tambahkan juga keju dan yoghurt bila Bunda tidak alergi.
  3. Zat Besi. Asupan makanan yang mengandung zat besi dalam jumlah cukup sangat penting bagi ibu yang baru melahirkan. Beberapa makanan kaya zat besi adalah ikan, unggas, dan jus buah prune. Untuk memperbaiki penyerapan zat besi dari makanan, minum atau santaplah makanan yang kaya akan vitamin C bersamaan dengan beberapa kombinasi makanan seperti daging bakso, dan saus tomat, sereal kaya zat besi, dan jus jeruk.
  4. Supplement bila perlu. Anda tetap dapat mengkonsumsi supplement makanan dan vitamin selama masa kehamilan. Kecuali jika dokter menyarankan supplement makanan yang lain.
  5. Air Putih. Air Putih adalah minuman terbaik untuk ibu menyusui. Minumlah segelas air putih (boleh juga diganti dengan jus buah sesekali), sesaat sebelum Bunda menyusui. Minumlah kapan saja Bunda merasa haus, minimal 8 gelas per hari. Jangan tunda sampai Bunda selesai menyusui bayi. Sebab bisa membuat Bunda kekurangan cairan.


ngidam; cukupi kebutuhan air putih

1,029 kali dilihat, 24 kali dilihat hari ini


Leave a Comment

error: Content is protected !!