Rahasia Melahirkan Tanpa Sakit dengan Teknik Pernafasan Buteyko


Melahirkan Tanpa Sakit dengan Teknik Pernafasan Buteyko
Ilustrasi Melahirkan Tanpa Sakit dengan Teknik Pernafasan Buteyko

Melahirkan tanpa rasa sakit? Sepertinya mustahil ya. Tapi begitulah yang dirasakan oleh ratusan wanita di Rusia. Lebih dari 200 dokter di Rusia, yang telah mempraktikkan tehnik pernafasan Buteyko pada ibu-ibu yang siap melahirkan, mengakui keberhasilannya dan mampu mengurangi lamanya proses melahirkan dan tanpa rasa sakit. Apakah Bunda juga bisa menjalani proses melahirkan tanpa rasa sakit dan berjalan mulus? Bagaimana dengan merasakan manfaat metode Buteyko.

Metode pernafasan Buteyko (Buteyko Breathing Technique), sejak 1960 disetujui oleh Menteri Kesehatan Rusia sebagai terapi medis holistik untuk menanggulangi penyakit jantung dan asma. Dikembangkan pertama kali oleh dr.Konstantin Buteyko, PhD, yang menjadi manajer pada laboratorium respiratory di Novosibirsk. Tehnik pernafasan Buteyko adalah tehnik bernafas untuk mengatasi sindrom hiperventilasi kronis akibat overbreathing (bernafas berlebihan).



Nah dampak overbreathing inilah yang harus dihindari pada ibu hamil agar bisa melahirkan dengan mulus tanpa terlalu merasa kelelahan. Dengan overbreathing, kondisi ibu mirip pasien yang sedang mendapat serangan asma. Buteyko menerapkan prinsip shallow breathing (bernafas dengan pendek) untuk mengobati dan mencegah serangan sindrom hiperventilasi, termasuk asma.

Tiga prinsip utama metode ini adalah mengurangi laju pernafasan, pernafasan melalui hidung, dan relaksasi.

Pada dasarnya tujuan metode pernafasan Buteyko adalah agar frekuensi bernafas berada pada angka 60 setiap hari, yaitu angka yang menunjukkan posisi normal. Artinya jika level oksigenasi (oxygenation level) ini sudah tercapai, berarti tak ada masalah kesehatan yang perlu dikhawatirkan.

Bagaimana kaitannya dengan proses melahirkan? Superior oxygenation dari sel-sel otot akan menurunkan kejang otot dan memastikan tubuh dalam kondisi relaks lalu mitochondria yang penuh dengan oksigen akan membantu mempercepat kelahiran bayi. Dengan demikian ibu tidak perlu terlalu lama merasakan sakit sampai berjam jam.

Dengan metode Buteyko, ibu yang sudah mengalami kontraksi dapat relaks mengatur nafas. Mengikuti latihan yang teratur, selama menjalani masa kehamilan, akan dirasakan manfaatnya saat ibu sudah memasuki trimester terakhir kehamilan. Karena sudah terlatih bagaimana mengatur nafas dalam, kapan harus menarik nafas dan mengembuskan nafas. Intinya untuk mencapai relaksasi dalam metode Buteyko adalah bernafas melalui hidung dan bukan melalui mulut (saat menarik maupun membuang nafas). Bahkan saat sedang berbicara ataupun sedang tidur, bernafas harus melalui hidung.

Beberapa langkah meningkatkan body oxygenation yang dapat dirasakan manfaatnya oleh ibu yang sudah berada di ambang melahirkan, antara lain:

Latihan aktivitas fisik dengan nafas melalui hidung (masuk dan keluar) lebih dari 2 jam per hari Tidak bernafas melalui mulut;

  • Usahakan postur tubuh selalu tegak;
  • Makan saja dan tidak ngemil
  • Jika sudah mahir dengan tehnik Buteyko, proses melahirkan akan berjalan dua atau tiga kali lebih cepat dari lazimnya proses melahirkan.
  • Relaksasi, atur nafas dan siap-siaplah menyambut kehadiran buah hati Anda

Tabel Zona Sehat Buteyko (average parameters at rest)

Zona Sehat Buteyko

Catatan: .

  • Pulse – detak jantung atau pulse rate dalam 1 menit; Breathing atau Respiratory frequency dalam satu menit (jumlah menarik nafas atau membuang nafas); % CO2 – %CO2 dalam alveoli paru (*atau darah arteri);
  • AP – Automatic Pause atau jeda alami dalam pernafasan setelah mengeluarkan nafas (*selama bernafas);
  • CP – Control Pause, jeda waktu ambil nafas setelah membuang nafas dan hanya sampai distress pertama);
  • MP (Maximum Pause, jeda ambil nafas setelah membuang nafas dan sepanjang mungkin yang bisa dilakukan).

Semoga bermanfaat Bunda.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: