Pengertian Psikologi Perkembangan Anak dan Tahapan-Tahapan Perkembangannya

perkembangan motorik anak

Psikologi perkembangan anak – Tumbuh kembang anak memiliki beberapa tahapan terpenting yang tak dapat dilewatkan oleh orang tua begitu saja. Adapun masa penting perkembangan anak yaitu saat mereka masih diusia dini, yakni sejak lahir sampai usia balita.

Tahapan masa inilah yang juga disebut sebagai masa golden age, yakni masa-masa seorang anak menyerap semua yang ada di sekitar lingkungannya, semua yang mereka serap akan berpengaruh terhadap perkembangan anak, baik secara kepribadian dan mental anak.

Pentingnya Dunia Parenting Buat Anak

Beberapa menganggap jika tahapan golden age pada anak yaitu mulai dari usia 0 hingga 5 tahun. Akan tetapi ada juga yang mengatakan bahwa masa golden age pada anak yaitu dari usia 0 hingga 8 tahun.

Anak usia dini merupakan waktu mereka mengalami perkembangan emosional, sosial, fisik, dan kognitif. Melihat perkembangan kognitif, motorik, sosial, emosi, dan bahasa pada anak, tentu saja menjadi hal paling menakjubkan bagi kedua orang tua. Baca Juga: Tips mendidik anak menjadi pribadi yang menyenangkan.

Pengertian Psikologi Perkembangan Anak

mendidik anak mengontrol emosinya

Selama menyaksikan psikologi perkembangan anak di setiap tahapan, orang tua merasa kewalahan sekaligus takjub, bahkan mereka tak dapat mengikuti perkembangan anak secara detail. Studi mengenai perkembangan manusia merupakan materi yang bervariasi.

Meskipun semua orang mempunyai pengalaman sendiri tentang perkembangannya, tapi terkadang sulit memahami bagaimana manusia tumbuh, belajar, dan berubah secara detail. Membicarakan tentang psikologi perkembangan anak di usia dini pun tak bisa terlepas dari kajian mengenai psikomotorik, afektif, dan kogniif yang dibutuhkan pada psikologi pendidikan anak yang wajib diketahui para orang tua maupun guru.

Pengertian psikologi perkembangan anak yaitu merupakan bagian cabang psikologi berbentuk sebuah kajian yang dapat dilakukan untuk menjelaskan dan memahami bagaimana pertumbuhan dan perkembangan manusia, sekaligus bagaimana mereka berubah di semasa hidupnya.

Banyak peneliti yang melakukan riset tentang berbagai hal yang bisa berpengaruh, seperti bagaimana sistem genetik bisa mempengaruhi proses perkembangan anak seperti halnya pengalaman yang turut berperan dalam hal itu.

Adapun tahapan psikologi perkembangan pada anak usia dini, meliputi kognitif, perkembangan fisik, sosio emosional, moral, dan bahasa. Sementara psikologi anak berkaitan dengan tumbuh kembang mereka secara spesifik.

Psikologi Perkembangan Anak : Perkembangan Fisik Pada Anak

mendidik anak

Seiring pertambahan usia mereka, biasanya para orang tua dengan antusias menunggu perkembangan apa saja yang ditunjukkan anak, misalnya kemampuan anak berguling, tengkurap, atau duduk, dan lain sebagainya.

Tiap psikologi perkembanganyang terjadi tersebut adalah bagian perkembangan fisik pada anak. Biasanya proses perkembangan si kecil terjadi dengan berurutan, karena itu umumnya satu langkah perkembangan akan lebih dulu berlangsung sebelum kemajuan yang lainnya.

Misalnya saja, seorang anak biasanya akan merangkak lebih dulu sebelum akhirnya mereka belajar berjalan. Akan tetapi, tingkat pencapaian pada perkembangan tersebut bervariasi untuk setiap anak. Terdapat 2 jenis perkembangan fisik pada anak, meliputi :

1. Perkembangan Motorik Anak

perkembangan motorik anak

Seiring tahapan psikologi perkembangan anak, kemampuan motoriknya pun akan semakin bertambah matang. Biasanya anak semakin bisa melakukan berbagai gerakan yang kompleks. Seringkali, tingkat pertumbuhan kemampuan motorik anak bisa menjadi kekhawatiran bagi orang tua. Umumnya orang tua merasa khawatir apakah si kecil bisa menunjukkan perkembangan mereka sesuai tahapan yang memang seharusnya dilaluinya. Biasanya, hampir setiap anak dapat berkembang sesuai dengan tahapan pada umumnya, terkecuali jika mereka menunjukkan tanda-tanda sebaliknya. Berikut jenis perkembangan motorik pada anak, diantaranya :



2. Motorik Kasar

Tipe psikologi perkembangan anakmotorik kasar termasuk dalam pemakaian otot-otot yang ukurannya lebih besar, yakni kaki dan tangan. Beberapa aktivitas yang membutuhkan motorik kasar, diantaranya berlari, berjalan, keseimbangan, dan koordinasi. Saat para ahli melakukan evaluasi terhadap kemampuan motorik kasar ini, maka beberapa aspek yang diperhatikan yaitu intensitas otot, kekuatan, rentang pergerakan, dan kualitas gerakan.

3. Motorik Halus

Perkembangan dan pertumbuhan anak dari segi motorik halus, meliputi otot-otot dengan ukuran lebih kecil pada jari kaki, jari tangan, mata, maupun area yang lainnya. Sistem pergerakan yang ikut melibatkan sistem motorik halus ini lebih rumit, diantaranya menulis, menggambar, memegang benda, meraih, menangkap, dna melambai.

4. Pertumbuhan Fisik

perkembangan fisik anak

Perkembangan fisik pada anak-anak, umumnya mengikuti pola tertentu, seperti :

  • Otot besar yang berkembang terlebih dulu, sebelum bagian otot yang ukurannya lebih kecil. Otot pada bagian lengan, pusat tubuh, dan kaki biasanya berkembang terlebih dulu sebelum akhirnya otot pada jari tangan dan kaki berkembang. Si kecil biasanya belajar menguasai aktivitas yang memanfaatkan sistem motorik kasar terlebih dahulu sebelum mereka bisa menguasai gerakan dengan sistem motorik halus. Psikologi perkembangan anak usia dini ini merupakan tahapan yang terjadi secara alami.
  • Bagian tubuh tengah berkembang terlebih dulu sebelum area yang lainnya. Semua otot tubuh yang terletak di tengah tubuh akan semakin berkembang dan lebih kuat dibandingkan otot-otot di tangan dan kaki. Tahapan psikologi perkembangan anak dilihat dari segi pertumbuhan fisik juga akan terlihat perkembangannya mulai dari bagian atas tubuh hingga bagian bawah.

Psikologi Perkembangan Anak : Perkembangan Kognitif Anak

Tahapan psikologi perkembangan anak berikutnya dilihat dari perkembangan koginitifnya. Seperti kita ketahui, usia dini tidak hanya memperlihatkan perkembangan fisik pada anak saja, tetapi juga perkembangan kemampuan kognitif anak. Adapun perkembangan kognitif pada anak ini meliputi pemecahan masalah, memori, penalaran, dan kemampuan berpikir yang muncul seaktu masa perkembangan anak-anak.

Tahapan perkembangan kognitif pada anak mencakup tahap sensorimotor, tahap pra operasional, tahap konkret operasional, dan tahap formal operasional. Tahap sensorimotor merupakan tahapan perkembangan sewaktu anak berusia 0-2 tahun, sementara tahap pra operasional sendiri merupakan tahap saat anak berada di usia 2-6 tahun saat mereka belajar memakai bahasa.

Pada tahap konkret operasional, merupakan tahap perkembangan ketik usia anak 7-11 tahun saat mereka mulai mengerti tentang bagaimana berpikir rasional. Berbeda lagi dengan tahap formal operasional yang berlangsung sebagai tahap perkembangan remajahingga usia dewasa.

Psikologi Perkembangan Anak – Perkembangan Bahasa Pada Anak

Parenting Anak

Sepertinya tak ada hal yang paling menakjubkan bagi orang tua jika dibandingkan menyaksikan sang buah hati mengalami kemajuan pada dirinya, dari yang hanya bisa mengucapkan satu atau dua patah kata sampai bisa mengucapkan kalimat yang lengkap dengan waktu singkat.

Adpaun masa perkembangan bahasa untuk anak usia dini, meliputi tahap pra lingual, tahap lingual, dan tahap diferensiasi. Tahap pra lingual ini umumnya terjadi saat usia anak 0 sampai 1 tahun, di usia ini anak-anak mulai mengocek dan berkomunikasi pada orang terdekat atau orang tuanya.

Psikologi perkembangan anak tahap lingual dimulai dari usia anak 1-2.5 tahun, biasanya anak bisa mengucapkan kata pertamanya ketika mereka berusia 12-13 bulan. Selanjutnya tahap diferensiasi yang dimulai dari usia 2.5 tahun – 5 tahun, saat mereka sudah mempunyai kalimat pendek.



Sebenarnya masa psikologi perkembangan anak masih meliputi perkembangan sosio emosional, dan perkembangan moral pada anak. Semua tahapan-tahapan perkembangan anak tersebut tentu saja harus diperhatikan oleh orang tua ataupun guru jika mereka berada di usia-usia sekolah.

95 kali dilihat, 15 kali dilihat hari ini


Pencarian Terkait :

  • informasi kesehatan anak loc:ID
  • psikologi pada ibu yang memiliki anak usia satu tahun dan hamil 5 bulan
  • psikologi perkembangan masa hamil

1 thought on “Pengertian Psikologi Perkembangan Anak dan Tahapan-Tahapan Perkembangannya

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!