Kehamilan 36 Minggu

Perkembangan Janin Minggu ke-36 Dalam Kandungan


Sejak kehamilan 6 bulan, kelenjar air susu sudah siap lho untuk memproduksi ASI. Coba perhatikan saat melakukan perawatan payudara, kadangkala keluar sedikit cairan. Asal tahu saja, itulah yang disebut colostrums atau “early milk”. Cairan ini mengandung zat antibodi yang mampu melawan infeksi dan membangun ketahanan tubuh dari sakit yang mungkin diderita bayi saat beberapa hari setelah dilahirkan.

Janin umur 36 Minggu

Jadi jangan sia- siakan kesempatan memberikan inisiasi menyusui dini (IMD) agar si kecil memperoleh yang terbaik sesaat setelah dia hadir ke dunia. Sedangkan produksi ASI yang sebenarnya dipicu oleh kehadiran hormon prolaktin sesaat setelah melahirkan. Jangan cemas jika belum keluar, karena ASI biasanya lancar keluar setelah dua hari-5 hari. Nah, jangan kaget juga jika ASI masih kurang lancar.

Karena itu Anda harus mempertahankan nutrisi makanan yang dikonsumsi agar ASI yang keluar bisa lancar dan berkualitas. Semakin sering si kecil menyusu, maka ASI akan semakin lancar keluarnya. So, sabar ya bunda.
Lapisan lemak semakin menebal dan tapak nyata di bagian wajahnya. Otot untuk menghisap semakin menguat, kini juga sudah selesai berkembang dan siap untuk melakukan tugasnya yang pertama: “menyusu”. Si kecil tampak lapar saat lahir. Semua ahli medis sepakat, ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi Anda yang tidak bisa digantikan dengan susu formula semahal apapun. Mudah dicerna, ASI memberikan nutrisi yang seimbang untuk bayi Anda, mengandung protein, gula, lemak dan vitamin yang dibutuhkan si kecil untuk tumbuh sehat dan kuat. Bahkan banyak riset mengungkapkan ASI meningkatkan kekebalan tubuh bayi dan meningkatkan kecerdasan IQ. Tapi tak usah cemas, kini sudah tersedia klinik laktasi yang akan melatih ibu untuk mampu memberikan ASI dengan cara yang benar. 

Usia Janin 36 minggu



Tips Untuk Minggu ke-36 Kehamilan

Jangan kaget jika sedang tertawa gelak atau batuk terasa ada cairan yang keluar dari vagina. Ini berarti saluran kemih yang tertekan oleh kandungan yang semakin tua. Cara mudah untuk mengatasi agar celana dalam Anda tidak basah meski hanya sedikit tepercik pakai saja “panty liner” dan bawa 2-3 buah dalam tas saat bepergian untuk ganti. Pakai bawahan atau celana berwarna gelap agar lebih nyaman.


Kehamilan 36 Minggu

Tips Ibu Hamil Tags:

  • perkembangan janin 36 minggu

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: