Perawatan Bayi baru Lahir yang Mudah dan Aman Bagi Bayi

perawatan tali pusat bayi

Ketika Bunda sudah memiliki anak atau baru melahirkan seorang bayi, pada saat itu pula anda di tuntut harus bisa menjaga dan merawat bayi anda dengan aman, namun sebagai orang tua pemula hal itu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, banyak hal yang perlu di pertimbangkan dan di pelajari oleh ibu pemula, termasuk cara merawat bayi baru lahir.

perawatan bayi baru lahir

Memang merawat bayi baru lahir tidak semudah merawat bayi yang sudah besar, maka dari itu tak jarang kita membutuhkan bantuan orang tua kita untuk turut membantu memelihara bayi kita, ada bebera hal yang harus di ketahui sang bunda dalam perawatan bayi baru lahir, agar bunda bisa nyaman merawat bayi tersebut tanpa hambatan apapun :

Informasi Yang Harus Ibu Ketahui Untuk Perawatan Bayi Baru Lahir

Ada beberapa informasi penting yang harus di ketahui orang tua mengenai perawatan bayi baru lahir, terlebih jika anda adalah orang tua muda yang baru saja memiliki anak.

Sering Minum Susu

Menyusui Bayi Baru Lahir

Ketika bayi sudah lahir kedunia ini, makanan yang tepat bagi bayi adalah SUSU, khususnya ASI. Tahukah Bunda? Bahwa bayi yang baru lahir harus minum susu setidaknya setiap 1-2 jam sekali, karena kapasitas perut bayi yang masih kecil membuat ia sering merasakan kelaparan, maka dari itu meminum susu setiap 1-2 jam sekali sangat di haruskan bagi bayi yang baru lahir.

Namun, seperti yang kita ketahui bahwa bayi yang baru lahir sangat sering tertidur, tapi bunda tidak perlu khawatir, bunda masih tetap bisa menyusui dia walaupun dalam keadaan tertidur.

Muntah Susu

Bayi yang baru lahir memang sering meminum susu karena kapasitas dari perut mereka yang sangat kecil membuat mereka mudah merasakan lapar, namun juga mudah merasakan kenyang, oleh karena itu bisa membuat mereka mengeluarkan susu yang mereka minum dari mulut mereka, yang biasa di sebut dengan “Gumoh ‘ (Spitting up). Usahakan untuk tidak memberikan susu terlalu banyak kepada bayi anda, namun tetap cukup memberikan asi untuk bayi.

 

Bayi yang Baru Lahir Lebih Sering Tidur

buat bayi merasa nyaman

Pada kenyataannya bayi bertingkah sangat aktif pada masanya, namun tidak untuk bayi yang baru lahir, mereka menghabiskan waktu mereka dengan tertidur seharian, bahkan dengan durasi yang sangat lama, untuk bayi yang baru lahir biasa saja tidur selama 16 sampai 18 jam, itu hal yang wajar.

Kehangatan

Merawat Kulit Bayi/ Anak

Bayi yang baru lahir memang sangat rentan terhadap suhu udara di sekitar, dan tahukan bunda bahwa bayi yang baru lahir sangat membutuhkan kehangatan. Sehingga bunda harus memperhatikan selimut ataupun pakaian yang di kenakan pada bayi.



Hal ini disebabkan karena bayi belum memiliki banyak lemak yang bisa menjaga kehangatan pada tubuh bayi, hingga wajar saja jika bayi yang baru lahir membutuhkan kehangatan yang ekstra di bandingkan dengan anak-anak. Kulit bayi yang baru lahir juga sangat sensitif, maka dari itu, dalam perawatan kulit bayi baru lahir, harus lah memperhatikan kebersihan benda apapun yang akan menyentuh kulit bayi, termasuk kebersihan dari bunda sendiri, karena sering bersentuhan dengan bayi bnnda.

Bagaimana Perawatan Bayi Baru Lahir ?

Berbeda dengan bayi yang sudah besar, bayi yang baru lahir harus memerlukan perawatan ekstra, karena banyak sekali perhatian khusus untuk merawat bayi yang baru lahir khususnya tali pusat bayi yang belum lepas, pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan dan memberikan bagaimana perawatan bayi baru lahir yang aman untuk bayi anda.

Perawatan Tali Pusat

perawatan tali pusat bayi

Seperti yang kita ketahui bahwa bayi yang baru lahir masih memiliki tali pusat, yang mana sangat rentan akan kesehatan si bayi, maka dari itu untuk merawat bayi yang baru lahir, anda harus memperhatikan tali pusat pada bayi  agar tidak terkena infeksi. Apa bila tali pusat bayi anda basah saat terkena air ketika memandikannya.

Cobalah untuk mengeringkannya dengann cotton bud, jangan khawatir karena tali pusat bisa lepas dengan sendirinya sekitar 1 hingga 2 minggu umur bayi, jika tali pusat sudah lepas dan meninggalkan kotoran, gunakan baby oil untuk membersihkan kotoran tersebut.

Perawatan Mata Bayi

Mata adalah bagian tubuh yang juga sangat rentan bagi bayi yang baru lahir, maka dari itu pastikan bahwa anda memberikan perawatan mata yang baik untuk bayi yang baru lahir, anda bisa menggunakan kapas yang bersih untuk membersihkan kotoran yang ada di mata sang bayi, lalu usap dengan air bersih untuk perawatan dari luar.

Perawatan Kulit Bayi

Perawatan Kulit Bayi

Kulit bayi yang baru lahir memang sangat sensitive dari pada kulit bayi yang sudah besar, maka dari itu penting sekali untuk memberikan perawatan yang ekstra untuk kulit bayi anda, seperti misalnya selalu menjaga kelembaban kulit bayi anda, sebab bayi yang baru lahir belum bisa menahan suhu udara yang dingin, maka dari itu cobalah untuk memberikan ruangan yang nyaman untuk bayi anda, agar telepas dari suhu yang tidak baik untuk kulitnya.

Perawatan Kulit Kepala Bayi

Tahukah Bunda? bahwa bayi yang baru lahir memiliki kulit kepala yang lemah, sehingga apabila terdapat debu yang menempel di kulit kepala si kecil sangat sulit untuk di bersihkan, tapi bunda tidak perlu khawatir, bunda bisa menerapkan cara dengan meneteskan baby oil di kepala si kecil, lalu diamkan kurang lebih 10 hingga 15 menit, kemudian bersihkan minyak tersebut dengan menggunakan kapas bersih dan usap secara perlahan dan hati-hati.

Perawatan Rambut Bayi



Apabila bayi anda memiliki rambuh yang lebat, maka anda perlu untuk membersihkan rambut bayi anda, namun seperti yang sudah kami sampaikan diatas, bahwa kulit kepala bayi sangatlah lemah dan sensitif maka anda perlu hati-hati ketika membersihkan rambut si bayi atau membersihkan segala sesuatu di are kepala si bayi. Pastikan Bunda menggunakan shampoo yang aman untuk bayi. Usahakan tidak meneteskan sampo terlalu banyak, sebab akan membuat buih yang ada di rambut bayi susah di hilangkan.

474 kali dilihat, 10 kali dilihat hari ini


Pencarian Terkait :

  • agar rambut bayi lebat dan hitam
  • penting nya udara bersih bebas debu buat bayi baru lahir
  • perawatan tali pusat terbaru

Leave a Comment

error: Content is protected !!