Pentingnya Menjaga Kesehatan Bayi

cara memandikan bayi

Daya Tahan tubuh bayi yang belum sempurna membuat ia sangat rentan terkena penyakit. Oleh sebab itu sebagai orang tua kita harus siaga dan menjaga kesehatan bayi sejak dini. Bukan mudah bagi kita orang dewasa untuk memahami kegelisahan bayi ketika mereka merasa tidak nyaman dengan keadaan mereka saat itu. Bayi hanya bisa menagis dan rewel ketika mereka merasa tidak nyaman.

Sebagai orang tua melihat keadaan bayi yang terus menerus rewel membuat kita sangat khawatir dan bahkan bisa frustasi karena kita sendiri tidak mengerti dengan keadaan si kecil dan tidak tahu harus berbuat apa untuk melihat keceriaan si kecil kembali lagi. Maka dari itu penting sekali untuk selalu menjaga kesehatan bayi anda.

Orang Tua mana yang mau melihat anak nya sakit, orang tua mana yang tidak bahagia melihat anaknya terus tumbuh dan sehat dalam masa perkembangannya, bahkan tak jarang kita sebagai orang tua yang melihat anaknya sakit bahkan ingin menggantikan posisi bayi kita.

Menjaga kesehatan bayi bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai dengan mengatur pola hidup sehat untuk bayi anda, memberikan makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi, memberikan vitamin untuk membentuk sistem imun yang kuat bagi bayi anda, dan membuat bayi anda terus ceria dan bahagia.

Banyak sekali kesehatan Bayi yang harus kita perhatikan, mulai dari kesehatan kulit bayi anda, kesehatan telinga atau panca indra mereka, dan hal lainnya.

Menjaga Kesehatan Kulit Bayi

Salah satu kesehatan bayi yang paling rentan adalah kesehatan kulit, sebab seperti yang kita ketahui bahwa kulit bayi sangat sensitif khususnya sensitif terhadap cuaca, banyak hal yang bisa mengganggu kesehatan kulit bayi anda, seperti sinar matahari yang panas sehingga menyebabkan bayi mengalami bintik merah dikulit seperti biang keringat. Pada umumnya sering sekali melihat bintik-bintik merah yang Nampak pada kulit bayi, yang terkadang bisa di sebabkan karena biang keringat atau bekas gigitan nyamuk.

Merawat Kulit Bayi/ Anak

Walau terbilang tidak berbahaya, tetapi sebagai orang tua kita selalu menginginkan yang sempurna untuk sang buah hati, orang tua mana yang tak mau melihat kulit bayi kita tetap mulus, serta bau yang harum dan menyegarkan, sehingga ketika bayi kita di gendong orang lain, semua orang akan menyukai nya.

Untuk menjaga kesehatan Bayi anda, khususnya kesehatan kulit bayi anda, bisa dengan menjaga suhu udara bayi anda, misalnya dengan menjaga ruangan untuk bayi anda agar tidak terlalu panas dan terlalu dingin, sebab suhu ruangan atau suhu udara sangat mudah untuk mempengaruhi kesehatan kulit bayi anda khususnya menjadi penyebab biang keringat, yang bisa membuat bayi merasa tidak nyaman dan bayi akan merasa terganggu dan menangis, sehingga membuat kita sebagai orang tua akan merasa khawatir melihat kondisi bayi kita yang menangis seperti itu. Baca Juga: Perawatan Kulit bayi Bunda.

Selain itu, cobalah untuk menggunakan lotion pada kulit bayi, lotion sendiri bertujuan untuk melembabkan kulit bayi anda agar tidak kering, pastikan anda memilih lotion bayi yang anti nyamuk, agar tidak ada nyamuk yang menggigit kulit bayi anda, dan terbebas dari gigitan nyamuk akan membuat bayi senantiasa merasa aman dan nyaman.



Menjaga Kesehatan Telinga Bayi

Langkah Membersihkan Telinga Si Kecil

Salah satu kesehatan bayi yang wajib kita jaga dan perhatikan adalah kesehatan telinga bayi. Kesehatan telinga sendiri merupakan salah satu kesehatan yang sangat penting, kita tidak akan mengerti penyebab dari kerusakan atau masalah telinga pada bayi, karena mereka tidak akan menyampaikan apapun yang mereka kecuali hanya bisa menangis, maka dari itu kita harus selalu memastikan bahwa mereka sehat dari segi apapun.

Telinga sendiri merupakan bagian tubuh yang hanya bisa di rasakan dari dalam, maka dari itu kita tidak akan melihat kesalahan dari telinga bila kita tidak merasakannya, terlebih lagi bila hal ini dirasakan oleh seorang bayi yang tidak mengerti apa-apa. Baca juga: Langkah Membersihkan telinga sikecil.

Beberapa tips yang bisa bunda lakukan dirumah untuk menjaga kesehatan telinga si kecil

Pastikan Ibu Selalu Membersihkan Telinga si Kecil

Ibu harus rutin membersihkan telinga si kecil,sebab mereka tidak akan bisa membersihkan telinga mereka sendiri, pastikan ibu membersihkan telinga siĀ  kecil setidakya 1 kali seminggu, gunakan cotton bud yang halus dan kecil agar tidak menyakiti telinga si bayi, dan cobalah untuk membersihkan telinga si kecil dalam keadaan yang tenang dimana ketika mereka sedang tertidur misalnya.

Kenali gejala Infeksi pada Telinga Bayi

Infeksi pada telinga bayi bisa saja terjadi, pastikan telinga bayi anda bersih dan sehat, untuk membersihkannya anda bisa sesekali membawa bayi anda ke dokter THT, untuk memeriksakan kondisi telinga anak anda, bila perlu teteskan cairan telinga untuk membersihkan telinga bayi anda dari dalam.

Merawat dan mengikuti perkembangan bayi memang memberikan rasa senang tersendiri bagi si ibu, terlebih jika anda baru pertama kali memiliki anak, maka akan sangat terasa ada sensasi tersendiri yang anda dapatkan ketika mengikuti pertumbuhan dan perkembangan bayi anda.

Kesehatan Bayi Merupakan Prioritas Utama

Kesehatan Bayi adalah prioritas utama dan hal yang paling penting yang harus di perhatikan oleh sang ibu, agar bayi anda bisa tumbuh dan berkembang dengan cepat dan sehat.

Berikanlah produk yang aman untuk kesehatan bayi anda, seperti misalnya untuk menggunakan sabun maupun shampoo bayi, pastikan produk tersebut sudah memiliki standarisasiĀ  ( SNI ) dan pastikan sudah sesuai dengan izin dokter yang bersangkutan. Baca juga: Tips Memilih Mainan Anak Usia 4 bulan.

cara mudah memandikan bayi

Rutinlah untuk memanjakan bayi anda, seperti memijat bayi, bermain bersama bayi anda. Dalam memilih mainan untuk bayi anda, anda harus memastikan bahwa mainan tersebut aman untuk di mainkan oleh bayi anda dan mainan tersebut bersih.



Maka dari itu cobalah untuk menjadi ibu atau orang tua yang cerdas bagi bayi anda,dengan rajin mencari informasi yang bagus untuk tumbuh kembang bayi anda. Cobalah untuk terus menggali informasi yang bermanfaat untuk kesehatan bayi anda, seperti dengan berbagi cerita dengan sesame ibu yang mempunyai bayi, atau dengan mereka yang sudah berpengalaman dalam mengurus anak, agar anda tidak akan kesulitan nantinya.


Pencarian Terkait :

  • makanan sehat ibu hamil 4 bulan

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!