Pengaruh Durian terhadap Ibu Hamil dan Menyusui


Hampir semua orang tergiur dengan kelezatan buah Durian, bau harum durian tak jarang tak menarik perhatian banyak orang, tak terkecuali Ibu hamil. Akan tetapi seorang ibu hamil tidak bisa mengkonsumsi sembarangan makanan, mengingat kesehatan ibu hamil yang sangat beresiko tinggi terhadap janin yang ada pada kandungannya, maka dari itu Ibu hamil juga harus memperhatikan dan mempertimbangkan segala kandungan gizi yang terkandung dalam makanan tersebut, sebab gizi yang cukup dalam makanan bisa membantu memberikan kesehatan yang baik untuk Ibu hamil dan sang buah hati yang ada di dalam kandungan.

Gizi dan Kehamilan merupakan dua hal yang tidak dapat di pisahkan pada seorang wanita hamil, maka dari itu untuk mencukup kebutuhan asupan nutrisi dan gizi pada ibu hamil adalah hal yang sangat penting untuk selalu di perhatikan, Nutri dan gizi yang cukup dalam tubuh akan memberikan kesempatan kepada ibu hamil untuk menjalani kehamilannya dengan baik dan berkualitas.

Oleh sebab itu ibu hamil menolak untuk mengkonsumsi jenis makanan tertentu karena merasa takut bila hal tersebut dapat memberikan dampak yang beresiko untuk kehamilannya, padahal sebenarnya tidak semua hal tersebut bisa berdampakk buruk terhadap ibu hamil, malah ada beberapa hal yang baik untuk di konsumsi oleh ibu hamil.

Durian untuk ibu hamil

Pada umumnya hal terpenting yang harus di pertimbangkan oleh ibu hamil adalah mengkonsumsi dan melakukan aktivitas yang mempunyai banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuhnya maupun janin di dalam kandungannya.  Lalu bagaimana dengan Ibu hamil yang makan durian? dan bolehkah Ibu menyusui makan durian?

Baca Juga: Aktivitas Olahraga Ringan Yang Baik Untuk Ibu Hamil.

Bolehkah Ibu hamil Makan Durian?

Durian merupakan buah tropis yang memiliki aroma yang kuat dan menyengat, hingga terkadang sebagian orang tidak menyukai aroma dari buah ini, namun sebagian besar dari mereka sangat menyukai durian, tak terkecuali ibu hamil.  Durian sendiri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, namun jika dalam kondisi hamil makan durian, apakah hal tersebut baik da memberikan banyak manfaat bagi ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungannya?

Secara umum, Ibu hamil tidak dilarang untuk mengkonsumsi buah durian, asalkan mengkonsumsinya dengan jumlah yang wajar, yakni tidak lebih dari 3 biji saja, sehingga manfaat yang ada pada buah durian tetap baik dan bisa menjaga kesehatan Ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungannya, namun di sarankan kepada ibu hamil sebaiknya untuk tidak mengkonsumsi durian selama masa kehamilan.

 

Buah Durian
Bahaya Buah Durian Untuk Ibu Hamil

Hal ini disebabkan karena durian sendiri memiliki sifat panas dan dapat merusak organ tubuh.  Efek panas tersebut dihasilkan oleh kandungan, soda, gas, kolesterol, glukosa, dan alk* h0l yang terdapat dalam buah durian.  Banyak kandungan gizi yang terdapat dalam buah durian seperti :

  • Zinc, yang berfungsi untuk menjaga kesehatan organ mata dan jaringan kulit
  • Fosfor, yang berfungsi untuk menjaga otot dan saraf agar tetap stabil
  • Magnesium, yang berfungsi untuk mengatur tingkat kadar gula dalam darah agar tetap normal
  • Kalsium, yang dapat berfungsi untuk meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang serta persendian.
  • Lemak, yang berguna untuk menjadi cadanga energy ketika tubuh dalam keadaan dehidrasi.
  • Asam amino triptofan yang dapat berfungsi untuk mencegah insomnia dan meningkatkan kesehatan saraf
  • Protein, Serat, Asam Folat, Potassium, Zat besi yang tentunya memberikan fungsi yang baik terhadap kesehatan tubuh manusia.

Selain kandungan yang banyak terdapat dalam buah durian, juga terdapat efek positif dan negative yang disebabkan oleh buah durian. Oleh sebab itu, Ibu hamil makan durian dengan jumlah yang besar sangat tidak di perbolehkan, bahkan disarankan kepada setiap ibu hamil untuk tidak mengkonsumsi durian.



Adapun akibat daripada ibu hamil yang mengkonsumsi durian dengan jumlah yang terlalu banyak ialah dapat menyebabkan keguguran, dapat memicu pendarahan, menyebabkan bayi lahir prematur. Durian juga bisa mengakibatkan hipertensi pada ibu hamil, meningkatkan kadar kolestrol pada ibu hamil, menimbulkan pembengkakan disekitar wajah, dapat memperlambat perkembangan tubuh janin. Selain itu efek negatif lain Durian untuk ibu hamil bisa meningkatkan kadar gula dalam darah ibu hamil. Durian memberikan resiko negatif pada janin misalnya; menyebabkan bayi kekurangan persediaan oksigen, dapat merusak organ tubuh janin yang sedang terbentuk, menyebabkan tubuh bayi kecil dan kurus saat dilahirkan, dapat menyebabkan tubuh keracunan, mual, muntah dan sakit kepala serta menyebabkan kontraksi pada rahim.

Selain untuk kesehatan Ibu hamil, mengkonsumsi Durian secara berlebihanpun juga memberikan dampak terhadap ibu menyusui.  Bagi ibu yang sedang memberikan ASI eksklusive kepada sang buah hati, sebaiknya juga memperhatikan pola makanan, dan nutrisi hingga gizi yang ada dalam makanan tersebut.  Maka dari itu tak heran jika banyak ibu-ibu menyusui yang bertanyatanya mengenai makanan mana yang baik untuk di konsumsi.  Pertanyaannya adalah, Bolehkah Ibu menyusi makan Durian?

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Durian?

Makanan yang dikonsumsi ibu menyusui memang sangat berpengaruh terhadap kualitas ASI, lalu bagaimana dengan buah durian, bolehkah Ibu menyusui makan durian? dan adakah dampak yang akan berpengaruh terhadap kesehatan Ibu dan bayi tersebut?

Sama halnya seperti ibu hamil, Tidak ada larangan keras terhadap ibu menyusui untuk mengkonsumsi durian, asalkan jumlah durian yang dikonsumsi masih di dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan.  Sebab bila ibu yang sedang menyusui mengkonsumsi durian secara berlebihan di khawatirkan kandungan glukosa, gas, kolestrol, dan alk*h0l pada durian akan mempengaruhi ibu menyusui.

Bolehkan Ibu Hamil makan Buah Durian

Terlebih durian memiliki efek panas yang dikhawatirkan akan menimbulkan rasa panas pada pencernaan, namun hingga saat ini tidak ada laporan apapun yang menimbulkan masalah ataupun gangguan apapun pada kesehatan bayi dan ibu menyusui yang mengkonsumsi durian.  Dengan demikian, jawaban dari “Bolehkah Ibu menyusui makan durian?” adalah Boleh, namun harus tetap menjaga batasan jumlah dari durian tersebut, guna untuk mencegah segala kekhawatiran yang mungkin akan timbul di sebabkan mengkonsumsi durian yang berlebihan dan di khawatirkan hal itu akan mengganggu kesehatan ibu menyusui dan produksi ASI.  Sedangkan untuk reaksi pada bayi tersebut akan memiliki reaksi yang berbeda-beda antara bayi yang satu dengan bayi yang lainnya.



Bila dikonsumsi dalam porsi yang wajar buah durian aman untuk dikonsumsi selama buat tersebut masih dalam keadaan segar, bersih serta dengan porsi konsumsi yang tidak berlebihan. Jadi, selama ibu hamil tidak berlebihan saat mengonsumsi durian baik jumlah dan waktu mengonsumsinya maka tidak berakibat terhadap janin yang dikandungnya.

396 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini


Pencarian Terkait :

  • pengaruh durian terhaap asi
  • apa durian dilarang untuk ibu menyusui?
  • manfaat durian untuk ibu menyusui
  • ibu menyusui boleh makan duren?
  • durian untuk ibu menyusui
  • Akibat ibu menyusui makan makanan yang mengandung durian
  • wNita suka makan durian banyak apa pengaruhnya
  • apakah makan duren berpengaruh ke ASI
  • bahayaka Ibu menyusui makan durian
  • boleh tidak busui makan duren?

Leave a Comment

error: Content is protected !!