aktivitas olah raga ibu hamil

Olahraga dan Aktivitas yang Bagus untuk Ibu Hamil


Wanita hamil tak berarti sehari-hari tak bisa beraktivitas. Hamil bukan penyakit, jadi sepanjang Anda tidak ada keluhan, beruntunglah Anda. Artinya sepanjang kehamilan, Anda bisa banyak melakukan rutinitas seperti biasa, ditambah lagi dengan kegiatan olahraga atau senam untuk ibu hamil sambil menikmati kesenangan bersama pasangan ataupun teman-teman Anda.
Tahukah Anda, olahraga atau senam banyak sekali membawa manfaat untuk ibu hamil. Menurut salahsatu penelitian di AS, senam Kegel termasuk yang paling banyak manfaatnya untuk ibu hamil. Selain mengencangkan otot va*ina, senam ini juga memperbaiki dan menguatkan otot dasar panggul yang penting untuk persiapan proses persalinan. Senam yang difokuskan pada gerakan menahan dan mengerutkan otot va*ina ini menurunkan risiko perobekan yang bisa mengakibatkan perdarahan. Senam Kegel sangat mudah dilakukan dan bisa dikerjakan kapan saja, dan tidak memerlukan tempat khusus. Anda cukup melakukan gerakan menahan dan mengerutkan otot vagina seperti menahan kencing. Lakukanlah berkali-kali dalam sehari dan rasakan manfaatnya.

Dalam berbagai penelitian ilmiah yang dirilis oleh the American Journal of Obstetrics and Gynecology terbukti wanita hamil yang rajin berolahraga ataupun senam sepanjang kehamilannya justru bertambah sehat.


Bahkan menurut para peneliti, “wanita hamil yang sehat dan rajin olahraga selama hamil tidak berdampak buruk pada janinnya tapi justru hasilnya proses persalinan bisa berjalan lancar dan lebih cepat “.



Olah tubuh tetap jalani dengan intensitas sedang sepanjang masa kehamilan, termasuk enam pekan setelah melahirkan. Ternyata, secara keseluruhan, menurut para peneliti, tak ada perbedaan antara intensitas sedang atau intensitas tinggi saat melakukan senam atau olahraga dengan lamanya kontraksi, berat lahir bayi atau kesehatan bayi setelah dilahirkan. Yang pasti wanita hamil yang melakukan latihan fisik dengan beban akan merasakan kontraksi lebih cepat dari biasanya.

aktivitas olah raga ibu hamil


Tetap aktif senam dan olahraga, menurut jurnal Epidemiology, justru menurunkan risiko keguguran sampai 40% pada wanita yang memilih jenis olahraga : berenang, aerobic benturan ringan dan yoga. Kegiatan fisik seperti : pekerjaan rumahtangga, mengurus anak ataupun bekerja kantoran tidak mengurangi risiko keguguran seperti halnya jika ibu melakukan senam atau olahraga. So, jangan pernah kehilangan semangat ya bunda.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: