Olahraga Dan Aktivitas Yang Bagus Untuk Ibu Hamil

Olahraga Sehat Untuk Ibu Hamil

Wanita hamil tak berarti sehari-hari tak bisa beraktivitas. Hamil bukan penyakit, jadi sepanjang Anda tidak ada keluhan, beruntunglah Anda. Artinya sepanjang kehamilan, Anda bisa banyak melakukan rutinitas seperti biasa, ditambah lagi dengan kegiatan olahragaatau senam untuk ibu hamil sambil menikmati kesenangan bersama pasangan ataupun teman-teman Anda.
Tahukah Anda, olahraga atau senam banyak sekali membawa manfaat untuk ibu hamil. Menurut salahsatu penelitian di AS, senam Kegel termasuk yang paling banyak manfaatnya untuk ibu hamil. Selain mengencangkan otot va*ina, senam ini juga memperbaiki dan menguatkan otot dasar panggul yang penting untuk persiapan proses persalinan. Senam yang difokuskan pada gerakan menahan dan mengerutkan otot va*ina ini menurunkan risiko perobekan yang bisa mengakibatkan perdarahan. Senam Kegel sangat mudah dilakukan dan bisa dikerjakan kapan saja, dan tidak memerlukan tempat khusus. Anda cukup melakukan gerakan menahan dan mengerutkan otot vagina seperti menahan kencing. Lakukanlah berkali-kali dalam sehari dan rasakan manfaatnya.

Olah raga Bagi Ibu Hamil

Dalam berbagai penelitian ilmiah yang dirilis oleh the American Journal of Obstetrics and Gynecology terbukti wanita hamil yang rajin berolahraga ataupun senam sepanjang kehamilannya justru bertambah sehat. Bahkan menurut para peneliti, “wanita hamil yang sehat dan rajin olahraga selama hamil tidak berdampak buruk pada janinnya tapi justru hasilnya proses persalinan bisa berjalan lancar dan lebih cepat “

Olahraga Apakah Yang Baik Bagi Ibu Hamil?

Olahraga Sehat Untuk Ibu Hamil

Olahraga adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar. Semua jenis olahraga baik untuk kesehatan asal dilakukan secara teratur. Namun ada beberapa jenis olahraga yang gerakan-gerakan fisiknya khusus ditujukan untuk wanita hamil guna meningkatkan fleksibilitas, kekuatan dan stamina. Beberapa jenis olahraga yang bagus dan sesuai untuk ibu hamil diantaranya sebagai berikut;



  1. Jalan Kaki

    Olah raga jenis ini merupakan latihan yang bagus bagi ibu hamil. Berjalan kaki dapat membantu melancarkan pencernaan, sirkulasi darah, dan menjaga bentuk tubuh anda. Berjalan kaki secara rutin dengan cara menegakan badan, bokong lurus dan tulang belakang, bahu ditarik kebelakang, serta kepala ditegakkan.

  2. Yoga 

    Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat baik untuk persiapan kehamilan. Gerakan-gerakan pada yoga ditekankan pada kendali otot tubuh, pernafasan, relaksasi, dan ketenangan pikiran. Gerakan yoga untuk ibu hamildapat membantu meningkatkan kelenturan dan menurunkan ketegangan. Teknik-teknik pernafasan dalam yoga dapat membantu tahap-tahap pembukaan sewaktu persalinan.

  3. Berenang

    Berenang merupakan olahraga yang sangat bagus ketika hamil. Berenangdapat mengencangkan otot Anda dan merupakan cara yang baik untuk meningkatkan stamina. Lakukan gerakan renang dengan bertolak dari satu tepi dan mengambanglah secara bebas dengan punggung anda, dan tangan diletakan dibelakang kepala. Akhir akhir ini banyak pusat olahraga yang menawarkan kelas renang spesial untuk wanita hamil serta latihan melahirkan dalam air.

  4. Menari

    Menari sangat baik untuk otot-otot panggul. Sejauh tidak terlalu banyak gerakan, anda dapat menari selama kehamilan.

Olahraga Untuk Ibu Hamil

Olah tubuh tetap jalani dengan intensitas sedang sepanjang masa kehamilan, termasuk enam pekan setelah melahirkan. Ternyata, secara keseluruhan, menurut para peneliti, tak ada perbedaan antara intensitas sedang atau intensitas tinggi saat melakukan senam atau olahraga dengan lamanya kontraksi, berat lahir bayi atau kesehatan bayi setelah dilahirkan. Yang pasti wanita hamil yang melakukan latihan fisik dengan beban akan merasakan kontraksi lebih cepat dari biasanya.



Tetap aktif senam dan olahraga, menurut jurnal Epidemiology, justru menurunkan risiko keguguran sampai 40% pada wanita yang memilih jenis olahraga : berenang, aerobic benturan ringan dan yoga. Kegiatan fisik seperti : pekerjaan rumahtangga, mengurus anak ataupun bekerja kantoran tidak mengurangi risiko keguguran seperti halnya jika ibu melakukan senam atau olahraga. So, jangan pernah kehilangan semangat ya bunda.


Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!