NUTRISI IBU HAMIL

Nutrisi Penting Bagi Kesehatan Ibu Hamil & Janin


Agar supaya Nutrisi ibu untuk hamil tercukupi Bunda harus tepat memilih jenis menu makanan harian. Dengan demikian menu makanan sehari-hari Bunda harus memenuhi nutrisi yang cukup bagi ibu hamil. Asupan nutrisi dalam makanan sehari-hari sangat akan mempengaruhi kesehatan ibu hamil dan juga perkembangan dan pertumbuhan janin Bunda didalam kandungan. Oleh karena itu, pilihlah gizi yang tepat bagi Bunda selama kehamilan dan juga sesuaikan dengan usia janin dalam kandungan. Nutrisi banyak didominasi oleh makanan yang masuk ke dalam tubuh.

NUTRISI IBU HAMIL
Nutrisi Penting Bagi Kesehatan Ibu Hamil & Janin

Contoh komposisi yang sesuai yaitu terdiri dari nasi, lauk pauk, sayuran dan buah harus dikonsumsi secara seimbang sehingga variasi kandungan vitamin dan mineral bisa memaksimalkan perkembangan janin dalam kandungan.

Berikut Nutrisi wajib bagi Ibu hamil yang dibutuhkan ibu hamil dan janin untuk menjaga kesehatannya maupun perkembangan bayi yang ada dalam kandungan.



Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil

  • Vitamin A
    Vitamin A dan betakarotin akan membantu dalam pertumbuhan tulang dan gigi. Selain itu bagi anda yang ingin mengetahui bahan yang mengandung vitamin A adalah telur, bayam, brokoli, labu, telur, hati ayam atau kentang.
  • Zat Besi
    Kebutuhan akan zat besi meningkat selama kehamilan terutama di trimester ke 3, karena ekspansi jaringan ibu dan pembentukan darah merah, juga simpanan zat besi pada janin. Pemberian zat besi yang cukup dapat mengurangi resiko terjadinya anemia di saat kehamilan
  • Folat.
    Folat merupakan nutrisi yang sangat berperan dalam kehamilan. Folat bermanfaat mencegah terjadinya cacat tulang belakang pada janin. Folat juga dapat mengurangi risiko terjadinya eklampsia. Mengurangi anemia megalo-blastik dan berbagai cacat lahir, terutama cacat pada otak dan tabung syaraf (NTD). Sumber Nutrisi folat bagi ibu hamil dapat didapat dengan konsumsi stroberi, jeruk, buah bit, kacang-kacangan dan juga sayur mayur yang berwarna hijau.
  • Protein
    Sumber protein yang tinggi biasanya terdapat pada daging, telur dan ikan yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Protein akan membantu dalam optimalkan perbaikan sel sel tubuh yang rusak
  • Vitamin C.
    Vitamin C memiliki manfaat untuk menambah sistem kekebalan tubuh dan dapat membantu dalam penyerapan zat besi. Anda dapat mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung vitamin C diantaranya adalah paprika, kentang, brokoli atau stroberi.
  • Vitamin B12.
    Vit B12 Membantu perkembangan otak dan syaraf janin. Pemberian folat di saat kehamilan didampingi dengan pemberian B12 bermanfaat untuk mengurangi risiko terjadinya megaloblastik anemia.
  • B6
    Vitamin B6 dapat membantu mengurangi rasa mual di saat kehamilan. Kandungan pyridoxine atau B6 akan membantu dalam pembentukan sel darah merah sehingga dapat mengurangi morning sickness dan mual pada ibu hamil. Anda dapat memilih bahan makanan yang mengandung vitamin B6 diantaranya adalah telur, ayam, ikan, kubis, wortel, pisang, brokoli atau kacang-kacangan.
  • Vitamin D
    Pemberian vitamin D membantu penyerapan kalsium sehingga membantu menjaga kepa- datan tulang ibu.
  • Kalsium
    Kebutuhan kalsium selama kehamilan meningkat karena pembentukan tulang dan gigi bayi. Bunda dapat melengkapi konsumsi kalsium dari ikan sarden, sayuran hijau atau susu.Karena itu, sebaiknya ibu hamil tercukupi kalsiumnya untuk mencegah tersedotnya cadangan kalsium oleh janin ibu.

    Nutrisi Penting Bagi Kesehatan Ibu Hamil & Janin
    Nutrisi Penting Bagi Kesehatan Ibu Hamil & Janin

Kebutuhan Nutrisi Janin/Bayi

EFA
Perkembangan otak bayi mengalami percepatan di saat trimester ke-3 hingga usia 30 bulan setelah kelahiran. Oleh karena itu, disarankan ibu mendapatkan asupan nutrisi yang mengandung asam lemak esensial agar tercukupi kebutuhan nutrisinya.

GA
Nutrisi ini banyak terdapat di area abu-abu otak terutama di bagian sinapsis sang janin. Sebuah studi menunjukkan GA berperan pada struktur otak migrasi sel-sel otak, pemben- tukan sinapsi, myelinisasi, dan fungsi otak terutama fungsi pembelajaran dan mengingat.

DHA
Janin wajib memperoleh Omega3 dan DHA dalam jumlah cukup selama masa prenatal brain spurt untuk pembentukan sistem central nervous system.

Folat
Folat diketahui dapat menurunkan risiko terjadinya cacat otak dan tabung syaraf (NTD) pada janin. Berbagai bukti telah menunjukkannya.

Fe
Kebutuhan akan zat besi meningkat untuk pembentu- kan sel-sel darah merah janin, juga simpanan zat besi dalam tubuhnya. Peningkatan akan zat besi terutama terjadi saat trimester ke-3.


Kolin
Kolin disuplai kepada janin melalui transfer plasenta. Beberapa penelitian menunjukkan, asupan kolin di saat kehamilan mempengaruhi perkembangan otak terutama fungsi mengingat

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: