Hindari Kebiasaan Berikut Ini Ketika Menghadapi Anak Yang Susah Makan

mengatasi anak susah makan

Nafsu makan menurun, pola makan tidak teratur dan pilih-pilih makanan adalah permasalahn umum yang sering dihadapi oleh kebanyakan orangtua ketika merawat si kecil. Hal ini tentunya menimbulkan kecemasan dan kebingungan bagi sebagian orangtua.

Nafsu makan yang menurun tentunya akan berdampak buruk bagi perkembangan si kecil. Oleh karena itu, mengajarkan kebiasaan baik untuk menerapkan pola makan sehat dan tidak pilih-pilih makanan harus dilakukan sejak anak usia dini untuk menunjang tumbuh kembang anak.

Pola makan sehat yang diajarkan sejak dini tentunya akan memberikan dampak positif dalam jangka panjang terhadap perkembangan anak, baik itu dari segi fisik ataupun mental anak. Namun terkadang orangtua dihadapkan dengan permasalahan seperti nafsu makan anak menurun.

Mengatasi anak balita susah makan

Permasalahan ini tak jarang memicu orangtua untuk melakukan segala cara sehingga tanpa disadari cara tersebut memperparah keadaan. Maka dari itu penting sekali untuk mengetahui beberapa kesalahan yang harus dihindari ketika menghadapi anak yang susah makan. Simak beberapa poin penting berikut ini. 

Baca juga:  mengatasi anak susah makan.

 

Dibawah Ini Ada Beberapa Kesalahan Yang Harus Dihindari Ketika Menangani Anak Yang Susah Makan

Hindari Kebiasaan Memberi Makan Sambil Berjalan

Kebiasaan memberikan makan sambil berjalan tidak akan memperbaiki keadaan anak yang susah makan. Biasakan untuk memberikan makanan pada anak dengan posisi yang nyaman dan menyenangkan. Ajaklah anak untuk duduk manis diatas meja makan dengan menerapkan aturan yang pantas.

Hal ini mungkin akan terasa sulit ketika pertama kali dilakukan, akan tetapi lama kelamaan anak akan terbiasa sehingga waktu makan akan menjadi saat yang paling menyenangkan bagi anak. Apabila si kecil meminta makan atau minum setiap saat dalam keadaan di luar rumah maka posisikan dulu untuk duduk, jangan langsung memberikan makan sambil berjalan.Selain itu, Anda juga harus menerapkan jadwal makan yang teratur bagi si kecil supaya nafsu makan tetap stabil.

Jangan Terus Menerus Menyajikan Makanan Favorit Anak

Makanan Favorit Anak



Kesalahan mendasar yang sering dilakukan oleh para orangtua dalam memberikan makanan pada anak yaitu menuruti setiap makanan yang diinginkan oleh anak tanpa memperhatikan aspek gizi. Terus menerus menyajikan makanan yang disukai anak akan berdamapak buruk bagi anak. Si kecil akan cenderung menjadi seorang pemilih makanan sehingga tidak bisa mengkonsumsi makanan lain.

Maka dari itu Anda harus menghentikan kebiasaan seperti ini. Kombinasikan makanan yang disukai si kecil dengan beberapa makanan yang sebelumnya jarang dikonsumsi. Salah satu contohnya yaitu mengkombinasikan daging dengan campuran sayur.

Meskipun pada awal-awal si kecil tidak menyukainya tapi apabila dilakukan terus menerus maka perlahan si kecil akan menyukai makanan tersebut.

Jangan Memaksa Anak untuk Mencoba Makanan

cara memberi makan anak

Memaksa si kecil untuk mencicipi makanan hanya akan membuatnya stress dan tidak mau makan. Hindari kebiasaan seperti itu karena pada dasarnya si kecil dengan sendirinya akan menyantap makanan dan akan belajar menikmati makanan tersebut.

Oleh karena itu Anda jangan memaksa si kecil untuk mencicipi makanan baru. Langkah tepat yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memberikan penjelasan tentang manfaat makanan tersebut kemudian berikan secara perlahan tanpa memaksa. Ketika anak sudah mengerti dengan manfaat makanan tersebut maka dengan sendirinya akan tertarik untuk mencoba. Baca Juga Cara Mengatasi Anak susah BAB.

Jangan Memberikan Makanan Cepat saji Terus Menerus

Memberikan makanan cepat saji sebagai alternatif mungkin terlihat sepele dan tidak akan berdampak bagi anak. Namun, tahukah Anda bahwa kebiasaan memberikan makanan cepat saji sebagai pengganti makanan utama bisa berdampak buruk bagi anak.

Hal ini akan membuat si kecil menjadi pemilih makanan dan menolak makanan utama ketika disajikan diatas meja makan. Selain itu, kebiasaan seperti ini akan membuat Anda menjadi malas untuk memasak dan menyajikan makanan bergizi untuk si kecil.

Strategi yang tepat dan kesabaran sangat diperlukan dalam menghadapi anak yang susah makan atau pemilih makanan. Anda harus bersikap tegas dalam menerapkan aturan dan lebih kreatif dalam menyajikan menu makanan untuk si kecil.



Permasalahan anak susah makan harus diatasi dengan segera supaya tidak mengganggu perkembangan anak.


Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!