Kaki bengkak pada ibu hamil

Mengatasi Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil


Kaki bengkak ( ederma) pada ibu hamil sebenarnya merupakan hal yang umum terjadi. Edema adalah istilah untuk menyebut kaki bengkak pada bumil. Edema artinya penimbunan cairan. Edema disebabkan oleh metabolisme tubuh yang berubah. Metabolisme tubuh yang berubah ini terjadi akibat perubahan keseimbangan volume cairan tubuh.

kaki bengkak pada ibu hamil
Pada dasarnya kaki bengkak saat hamil disebabkan adanya penumpukan cairan berlebih di kaki ibu. Penyebabnya ialah meningkatnya produksi Hormon ibu hamil akan membuat tubuh menahan dan mengumpulkan cairan lebih banyak. Gaya gravitasi adalah alasan mengapa cairan lebih banyak terkumpul di kaki ibu. Biasanya, kaki bengkak saat hamil banyak terjadi ketika ibu hamil selesai beraktivitas sore hari ( terutama yang melibatkan aktivitas  ibu hamil berdiri pada waktu yang lama). Kaki bengkak pada ibu hamil juga sering terjadi saat bangun tidur karena pada saat itu cairan akan banyak berkumpul di kaki sebelah bawah pula.

Usia kehamilan yang semakin besar juga merupakan faktor yang mempengaruhi  Kaki bengkak saat hamil (edema) . Dikarenakan janin di dalam kandungan ibu yang semakin besar. Janin yang semakin besar ini akan memberi hambatan pada pembulur darah balik sehingga membuat lebih banyak cairan berkumpul di kaki. Tidak hanya kaki, bengkak juga dapat terjadi di muka, mata, leher bahkan tangan.



Selain itu berat badan tubuh ibu hamil yang bertambah membuat kaki  ibu hamil semakin berat menanggung berat badan ibu bumil. Bunda tidak perlu khawatir bila itu terjadi pada masa kehamilan bunda. Biasanya bengkak pada ibu hamil terjadi trimester ketiga masa kehamilan.

Kaki bengkak atau ederma merupakan hal yang sering terjadi pada kehamilan (75% ibu hamil mengalami edema atau keluhan pada kehamilan trimester akhir). Gejala-gejala edema ibu hamil biasanya terjadi pada bagian tungkai/ mata kaki dan muncul pada bulan ke-8 kehamilan, sebagian ibu hamil mengalaminya pada bulan ke-6.

Kaki bengkak pada ibu hamil
Pengumpulan dan tertahannya cairan dalam jaringan tubuh (akibat adanya perubahan hormon) adalah hal umum yang menyebabkan pembengkakan.

Kurangnya aktivitas pada ibu hamil merupakan faktor utama penyebab kaki bengkak pada ibu hamil. Sedangkan bila bunda mengalami pembengkakan pada kaki dan mata kaki tanpa ada gejala lainnya dianggap sangat normal.

Pada umumnya edema/ kaki bengkak yang normal tidak menimbulkan akibat apa-apa kecuali rasa tidak enak dan pegal-pegal.

Penyebab Ederma Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil

Pada masa kehamilan bunda, tubuh memproduksi dan menahan banyak sekali cairan. Produksi cairan tubuh pada ibu hamil meningkat hampir 30% lebih banyak dari orang normal. Juga, rahim terus membesar, sehingga akan menekan pembuluh darah balik di kaki  khususnya di trimester ke-3 kehamilan. Baca juga alergi untuk ibu hamil.

Akibatnya? Kembalinya darah ke jantung terganggu, sehingga akan lebih banyak lagi cairan yang ‘menimbun’ di kaki.

Tips Mengatasi Kaki Bengkak pada Ibu Hamil

  • Ketika bunda tidur, tidurlah dengan posisi miring ke kiri (pembuluh darah balik berada di kanan tubuh sehingga posisi ini bisa mengurangi tekanan). Saat telentang, ganjallah kaki dengan setumpuk bantal.
  • Berenang atau berjalanlah dalam kolam renang. Ternyata, daya apung dari air bisa membantu ’mengangkat’ bayi dari panggul.
  • Jangan lupa, tetap berolahraga secara rutin.
  • Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa memijat kaki secara teratur juga bisa membantu meredakan pembengkakan kaki dan pergelangan kaki selama kehamilan.
  • Makan makanan yang tinggi kalium seperti pisang bisa meminimalkan pembengkakan saat hamil, karena Kalium berfungsi untuk menjaga keseimbangan kadar air dalam tubuh.

Awas Kaki Bengkak pada ibu hamil

Tips Ibu Hamil Tags:

  • edema pada ibu hamil
  • edema pada ibu hamil trimester 3
  • penyebab edema pada ibu hamil
  • penyebab udem ibu hamil
  • kaki bengkak bumil
  • bengkak kaki pada tm 1
  • bahaya terdapat edema pretibia tungkai bawah
  • diagnosa oedema ibu hamil
  • edema pada saat hamil
  • penyebab palpitasi dan oedema tangan dan tungkai ada ibu hamil

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: