Mengatasi Demam saat Hamil

Mengatasi Demam Saat Hamil


Ibu hamil sebaiknya jangan langsung minum obat ketika mengalami demam. Sebab kondisi janin dalam kandungan belum kuat bila harus terpapar bahan-bahan kimia. Apa lagi jika usia kehamilan Anda masih terlalu muda. Anda boleh minum obat jika usia kandungan Anda sudah cukup, itu pun harus dengan petunjuk dokter dan dosis yang tepat.

Ketika musim hujan datang, tubuh seseorang mengalami penurunan daya tahan. Hal tersebut wajar terjadi karena cuaca dingin membuat tubuh kehilangan daya tahannya. Serangan seperti flu atau demam begitu mudahnya menyerang tubuh ketika daya tahan menurun. Untuk wanita hamil yang mengalami demam, cobalah tips berikut untuk mengatasinya.

Mengatasi Demam Ketika Hamil
 



Mengobati Demam Pada Masa Kehamilan

Perhatikan Suhu Tubuh

Bunda sebaiknya memeriksa suhu tubuh setidaknya dua kali sehari. Ketika merasa kedinginan, periksalah suhu tubuh menggunakan termometer. Ini bertujuan untuk memantau suhu tubuh agar tidak terlampau tinggi. Jika suhu tubuh melebihi 38 derajat Celsius, Anda menunjukkan tanda-tanda demam dan harus segera mendapat perawatan. Jangan minum sembarang obat, kecuali mendapat rekomendasi dari dokter. Hindari obat sejenis ibruprofen dan aspirin, dua jenis obat ini kurang aman jika diminum ketika sedang mengandung.Obat ibruprofen dan aspirin jika dikonsumsi selama kehamilan dapat membuat bayi beresiko cacat jantung dan masalah lainnya.

Solusi Alami Untuk Demam

Bunda bisa mencoba solusi alami untuk mengatasi demam. Alih-alih minum obat yang bisa menyebabkan efek samping, sebaiknya coba mengatasi demam dengan minum vitamin C. Minum vitamin C dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena kaya kandungan antioksidan yang  membantu melindungi sel-sel, menjaga tubuh tetap sehat.

Cukupi Cairan Tubuh

Saat merasa demam, tubuh membutuhkan banyak cairan untuk menghidrasi tubuh. Anda bisa minum air putih hangat atau air yang dicampur lemon dan madu agar lebih nikmat. Selain itu, air lemon dan madu memiliki sifat antioksidan sehingga mampu mengembalikan daya tahan tubuh. Minumlah banyak air paling tidak 10 gelas dalam sehari. Hindari minum air es selama Anda demam.

Mengatasi Demam saat Hamil

Jaga kebersihan

Bunda perlu membersihkan tangan ketika menghilangkan lendir seperti ingus. Dengan rajin membersihkan tangan, akan membuat virus tidak mudah menyebar dan berkembang. Daya tahan tubuh wanita hamil memang lebih lemah, jadi sangat rentan terkena flu yang bisa berakibat pada demam. Anda perlu melakukan vaksinasi flu untuk mencegah timbulnya masalah penyakit.

Cukup Istirahat

Jangan sampai Bunda kelelahan ketika sedang hamil. Terlebih saat merasa demam, segeralah beristirahat. Cara alami mengatasi flu dan demam yaitu dengan banyak istirahat, ini akan membuat tubuh lebih cepat pulih.


Flu dan demam memang bukan masalah yang harus ditakutkan, tapi jika ini terjadi pada orang yang sedang hamil maka patut mendapat perhatian serius. Sebab ditakutkan akan berdampak pada bayi dalam kandungan. Ulasan cara mengobati demam saat hamil ini semoga bisa bermanfaat untuk Bunda.

 

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: