Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil

manfaat susu kedelai bagi ibu hamil

 Kandungan Nutrisi Susu Kedelai Bagi Kesehatan Ibu Hamil

Hai bunda, pada artikel kali ini kalian akan mendapatkan informasi tentang manfaat Susu kedelai untuk ibu hamil. Perlu bunda ketahui, bahwa salah satu olahan dari kacang kedelai yang baik untuk ibu hamil adalah susu kedelai.

Tentu kalian sang ibu yang sedang hamil akan mendapatkan informasi yang kalian cari disini mengenai manfaat susu kedelai pada masa kehamilan kalian. Pada artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda. Sebelum membahas lebih dalam, disini akan saya beritahu dulu manfaat dari kedelai dan kandungan gizi yang terdapat didalamnya.

Sebenarnya, manfaat kedelai untuk kesehatan tubuh banyak sekali gizinya. Gizi yang terkandung didalamnya memiliki berbagai manfaat. Antioksida dari kedelai dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan juga bisa melindungi tubuh dari sel kanker.

Maka dari itu, kedelai adalah salah satu bahan pangan favorite banyak orang. Selain dari rasanya yang membuat lidah bergoyang, Tentu kedelai juga dapat menyehatkan tubuh.

Khasiat susu kedelai bagi ibu hamil

 

Biasanya kedelai diolah kembali menjadi olahan bahan pangan untuk pembuatan tempe dan juga tahu.

Ada beberapa manfaat kedelai bagi kesehatan tubuh ibu hamil:

  • Dapat meningkatkan daya tahan tubuh
  • Untuk menjaga berat badan
  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Mengurangi resiko penyakit jantung
  • Berfungsi sebagai antioksidan
  • Untuk mengatasi diabetes dan sakit ginjal
  • Melawan HIV
  • Mencegah Kanker
  • Pembentuk kecerdasan
  • Melindungi sel otak.

Bagaimana dengan pangan yang diolah dari kedelai? Banyak manfaatnya bukan?. Selain itu, tadi juga sudah saya ucapkan sebelumnya bahwa kedelai dapat juga diolah menjadi susu kedelai.

Disini saya akan memberikan informasi mengenai manfaat dari susu kedelai untuk ibu hamil. Sebelum nya, bunda pastinya sangat selektif sekali dalam memilih makanan untuk kalian konsumsi bukan?. Maka dari itu, disini perlu kalian ketahui manfaat susu kedelai untuk anda. Pasti beberapa dari kalian selalu menghindari susu kedelai karena rasanya? Dari sekarang jangan menilai gizi dari rasanya, tapi dari manfaatnya. Biarpun tidak enak namun memberikan kesehatan kenapa tidak?

Disini akan saya berikan beberapa informasi tentang manfaatnya susu kedelai untuk ibu hamil muda.

manfaat susu kedelai bagi ibu hamil



  1. Kaya Akan Protein.

    Susu kedelai adalah sumber protein nabati yang tinggi. Protein tentu sangatlah bermanfaat dalam memperbaiki jaringan yang rusak, pertumbuhan perkembangan janin, mengoptimalkan pertumbuhan organ janin sekaligus menyehatkan daya tahan tubuh ibu hamil. Tentu kalian harus mengkonsumsi susu kedelai untuk mendapatkan manfaat tersebut. Jadi, jangan menghindari susu kedelai lagi dari sekarang, karena susu kedelai bukanlah monster untuk anak anda melainkan malaikat untuk calon anak anda agar tetap sehat ketika sudah lahir

  2. Sumber Karbohidrat Yang Tinggi.

    Seperti yang saya bahas sebelumnya pada artikel Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda, susu kedelai adalah sumber karbohidrat juga yang bisa kalian konsumsi pada saat hamil. Karena ibu hamil sangatlah membutuhkan asupan karbohidrat yang banyak dan susu kedelai ini cocok sekali untuk menggantikan sumber karbohidrat yang lainnya. Dimana karbohidrat adalah sumber energi bagi ibu hamil agar saat menjalani masa hamilnya kalian tetap kuat dan sehat.

  3. Sebagai Sumber Vitamin A

    Vitamin A sangat berfungsi dalam menjaga indra pengelihatan dan juga untuk pertumbuhan tulang bagi janin yang ada dalam kandungan kalian. Disini susu kedelai dapat kalian konsumsi karena mengandung Karoten yang merupakan bahan dasar vitamin A.

  4. Memiliki Kandungan Serat Yang Banyak.

    Kandungan serat pada susu kedelai memiliki manfaat bagi sistem pencernaan dalam tubuh anda. Dimana pada saat ibu hamil biasanya mengalami kondisi pada pencernaannya yang tidak lancar. Diluar dari itu, perlu kalian ketahui bahwa pencernaan sangatlah penting dalam penyerapan zat-zat gizi. Maka dari itu, susu kedelai dapat membantu kalian menghindari hal-hal tersebut.

  5. Dapat Mencegah Kelebihan Berat Badan Pada Ibu Hamil.

    Susu kedelai memiliki kandungan lemak nabati. Jangan khawatir, disini susu kedelai berperan dalam mencukupi asupan lemak bagi ibu hamil dan janin dalam kandungan kalian. Dengan mengkonsumsi susu kedelai, akan membantu janin kalian agar tidak kekurangan lemak. Selain itu, lemak nabati tentu tidak memberikan efek pada berat badan kalian, sehingga susu kedelai ini sangat aman bagi kalian yang sedang hamil dan rentan kelebihan berat badan.

  6. Sebagai Sumber Kalsium.

    Susu kedelai juga memiliki kandungan kalsium yang bermanfaat dalam membantu proses perkembangan tulang pada janin anda, sehingga cocok untuk kalian konsumsi.

  7. Sebagai Sumber Asam Folat.

    Manfaat bagi ibu hamil, susu kedelai memiliki kandungan asam folat. Dimana asam folat ini sendiri berperan untuk membantu kalian dalam memaksimalkan pertumbuhan sel syaraf pada janin anda. Tentu ini sangatlah dibutuhkan untuk kandungan kalian agar perkembangan pada janin anda sempurna dan tentunya ini penting pada saat trimester pertama.

  8. Sebagai Sumber Vitamin E. 

    Vitamin E memiliki manfaat dalam mencegah keguguran, meningkatkan produksi ASI, sebagai antioksidan, menghindari penyakit jantung dan meningkatkan kesuburan. Semua itu ada pada susu kedelai, maka dari itu segeralah untuk mengkonsumsi susu kedelai.

Berbagai Kontra Mengenai Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil

Walaupun banyak penelitian yang membuktikan bahwa susu kedelai sangat baik untuk ibu hamil, ada beberapa pendapat tentang adanya efek negatif dari susu kedelai untuk ibu hamil yang berada pada trisemester pertama (1-3 bulan periode hamil). Hal ini disebabkan kandungan phytoestrogen yang terdapat dalam susu kedelai yang justru beresiko ibu hamil hamil mengalami keguguran.

Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil

Phytoestrogen yang terdapat dalam kedelai adalah estrogen yang diperoleh dari tumbuhan. Secara kimiami struktur dan fungsinya hampir sama namun perbedaannya adalah sumbernya, phytoestrogen diperoleh dari tumbuhan sedangkan estrogen diperoleh dari sistesis organ tubuh sendiri. Estrogen pada trisemester pertama ini berbahaya bagi keberlangsungan kehamilan, hal ini karena estrogen dapat memicu terjadinya kontraksi pada rahim (uterus) dimana perlekatan janin belum sempurna. Jika kontraksi yang berlebihan ini terjadi maka perlekatan akan terlepas dan terjadilah keguguran.

Kondisi ini akan berubah sesuai dengan usia kandungan, semakin bertambah usia kandungan maka perlekatan janin dengan rahim akan semakin kuat. Selain itu, seiring dengan pertambahan usia kehamilan maka produksi progesterone akan meningkat sampai dengan 400%. Progesterone merupakan hormone yang juga disebut hormone kehamilan karena berfungsi untuk menjaga keadaan rahim agar menjadi nyaman buat janin termasuk merelaksasikan/ mencegah kontraksi berlebih dari rahim.

Jadi, untuk meminimalisasi bahaya untuk ibu yang sedang hamil pada trisemester pertama, sebaiknya para ibu hamil menunda konsumsi susu kedelai pada trimester pertama kehamilan (usia 1 – 3 bulan kehamilan ).

Mungkin dengan informasi ini, dapat membantu mengenai kesehatan ibu hamil. Berikanlah yang terbaik pada janin Bunda. Kesehatan adalah kunci utama dari itu semua, maka dari itu dari sekarang jagalah kesehatan Bunda dan janin dengan mengkonsumsi susu kedelai. Karena susu kedelai memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat untuk ibu hamil.



Semoga informasi mengenai Manfaat Susu Kedelai Bagi Ibu Hamil ini dapat bermanfaat.

Tips Ibu Hamil Tags:

  • Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil
  • KEDELAI
  • susu kedelai
  • yhsm-plushome_001
  • manfaat alpukat kacang ijo dan susu kedelai untuk ibu hamil
  • manfaat susu kedelai buat bumil
  • konsumsi sari kedelai ketika hamil muda
  • bagus kacang hijau atau kedelai untuk ibu hamil
  • susu untik ibu hamil
  • manfaat sari kedelai untuk ibu hamil

 

185 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini


Pencarian Terkait :

  • manfaat degan ijo kacang hijau sari kedelai untuk ibu hamil
  • manfaat kelapa hijau untuk bumil
  • manfaat kelapa ijo dan kacang kedelai buat ibu hamil
  • manfaat susu kedelai
  • susu ibu hamil muda
  • susu untuk kesuburan kandungan loc:ID

Leave a Comment

error: Content is protected !!