senam Yophytta Bagi Kesehatan Kehamilan

Manfaat Senam Yophytta Materna Untuk Kesehatan Ibu Hamil


Morning sickness, mudah lelah, nyeri sendi, sakit pinggang adalah sebagian dari keluhan yang dialami ibu hamil. Seringkali juga diwarnai stres dan sulit tidur. Namun jangan khawatir, kini untuk menangkal itu semua bisa diatasi dengan aktif mengikuti senam Yophytta. Senam hamil Yophytta Materna, menurut Putu Ariningsih, sebagai penciptanya, merupakan perpaduan gerakan harmonis dari yoga, pilates, hypnoteraphy serta tai chi.

senam Yophytta Bagi Kesehatan Kehamilan
Senam Yophytta amat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan ibu berpikir positif, menjaga stabilitas emosi, mengusir stress serta mengurangi keluhan yang muncul semasa kehamilan,” ujarnya menjelaskan. Antara lain : nyeri pinggang, nyeri sendi, mual-mual, pusing dan mudah lelah.

Jika gerakan senam ini dilakukan secara benar dapat membantu ibu hamil tetap bugar, tenang dan nyaman. “Ibu hamil yang teratur mengikuti senam ini sejak trimester kedua maka keluhan-keluhannya bisa dikurangi.



Senam Yophytta bisa diikuti sejak kehamilan berusia 5 bulan dan ibu hamil dinyatakan sehat secara medis.

in yang dapat dirasakan ibu jika rajin senam hytta akan menguatkan elastisitas otot dasar nggul dan dinding perut yang berperan pada ehamilan dan persalinan, meningkatkan rasa percaya diri dan yang paling penting dengan senam ini ikatan ibu dan bayi semakin meningkat. Alhasil ibu selalu merasa bahagia.
Jika gerakan senam ini dilakukan secara benar membantu ibu hamil tetap bugar, tenang dan “Ibu hamil yang teratur mengikuti senam ini sejak trimester kedua maka keluhan-keluhannya bisa dikurangi tutur Putu Ariningsih sesaat sebelum digelar senam Yophytta Materna yang diikuti 500 ibu hamil, di hotel Gran Melia, atas kerjasama Anmum bersama Hermina Hospital Group. Menurut Putu, senam Yophytta bisa dikuti sejak kehamilan berusia 5 bulan dan ibu hamil dinyatakan sehat secara medis.


Manfaat lain yang dapat dirasakan ibu jika rajin senam Yophytta akan menguatkan elastisitas otot dasar Panggul dan dinding perut yang berperan pada kehamilan dan persalinan, meningkatkan rasa percaya diri dan yang paling penting dengan senam ini ikatan ibu dan bayi semakin meningkat. Alhasil ibu selalu merasa bahagia.

Senam yophytta juga membantu ibu hamil mencapai relaksasi. Sehingga diharapkan ibu hamil jauh dari stres dan ketegangan. Efek relaksasi tak hanya didapat melalui gerakan-gerakan. Menilik gerakannya terlihat sangat lembut dan lentur sesuai helaan napas. Selama proses senam ibu pun memperoleh metode meditasi dan afirmasi sebagai bagian dari pencapaian efek relaksasi.

“Meditasi ini penting agar emosi Ibu hamil dapat dilepaskan, dan menggantinya dengan energi yang positif. Ibu hamil Juga perlu diyakinkan melalui kata-kata supaya dia menerima proses kehamilan dan menghadapinya dengan rileks.”

Selain itu, ibu hamil dibimbing melatih pikirannya supaya merasa tenang dan nyaman. Pasalnya, apa pun yang dipikirkan oleh Ibu hamil pasti akan dirasakan juga oleh janin yang dikandungnya. Ibu hamil yang stres dan tertekan akan terekam di janin sejak dalam kandungan, dan berdampak pada watak atau karakter anak kelak.

“Pikiran yang tegang dan tekanan psikis akan menyebabkan kontraksi otot. Itu yang membuat proses melahirkan jadi sangat menyakitkan. Sebab selama ini yang terekam dalam pikiran ibu adalah rasa sakit itu. Melatih pikiran-pikiran agar tenang dan nyaman membuat otot dasar panggul pun rileks sehingga proses melahirkan jadi tidak terlalu sakit.

Senam untuk ibu hamil
Senam hamil Yophytta sangat dianjurkan bagi ibu hamil. “Kalau tidak ada keluhan mual dan yang lainnya, dia bisa melakukan senam ini”

Senam yophytta boleh saja dilakukan tiap hari. Agar tidak bosan, bisa saja diseling dengan olahtubuh lainnya. Misalnya jalan kaki, renang dan aerobic benturan ringan.
Sepanjang kondisi ibu tak bermasalah, olahraga sangat baik untuk kebugaran ibu dan kesehatan janinnya “Ibu hamil yang aktif selain bermanfaat untuk relaksasi, juga menguatkan otot- otot yang nanti akan digunakannya dalam proses melahirkan,” Tapi Ibu hamil juga harus selalu memperhatikan kecukupan nutrisi selama kehamilan.


Senam kesehatan ibu hamil

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: