Musik klasik untuk ibu hamil

Manfaat Musik Klasik untuk Ibu Hamil dan Janin


Musik klasik untuk ibu hamil sudah menjadi pengetahuan umum bisa bermanfaat bagi perkembangan janin terutama untuk perkembangan intelejensinya. Ternyata musik klasik tidak hanya untuk janin tetapi juga untuk ibu yang mengandungnya, salah satu manfaatnya adalah membantu ibu hamil tetap rileks. Rileks merupakan salah satu kunci penting dalam kehamilan yang sukses karena ibu hamil yang terlalu banyak stress akan berakibat negatif pada perkembangan dan pertumbuhan janin serta menyulitkan proses persalinan. Stress pada ibu hamil disebabkan oleh beberapa faktor antara lain adalah rasa sakit pinggang dan pegal yang terus dialami hingga mual-mual yang hampir terjadi setiap hari pada masa awal kehamilan.

 

Mengatasi stress pada ibu hamil dengan musik klasik untuk ibu hamil

Mengatasi Stress Ibu HamilHasil dari studi kehamilan menyatakan bahwa ibu hamil yang stress maka janinnya juga akan merasakan hal yang sama. Salah satu efek buruk dari stress adalah terganggunya proses metabolisme sehingga baik ibu hamil maupun janin sama-sama tidak mendapatkan nutrisi yang pas untuk kelangsungan hidupnya. Oleh karena itu agar Anda ibu hamil yang ingin janinnya terus sehat dan persalinan yang lancar, ikuti cara berikut ini untuk menghindari stress:

1. Letakkan kaki lebih tinggi

Rasa pegal pada kaki dan pergelangan kaki disebabkan karena peredaran darah yang berat ke bawah karena beban janin yang dibawa. Oleh karena itu untuk melancarkan peredaran darah, ketika duduk atau berbaring letakkan kaki di atas bantal yang empuk agar posisi kaki lebih tinggi dibandingkan jantung. Hal ini juga bisa mengurangi pembengkakan pada kaki



2. Pijat khusus ibu hamil

Tidak ada salahnya sekali-kali memanjakan diri dengan pergi ke tempat pijat khusus untuk ibu hamil atau meminta suami melakukannya untuk Anda. Pijat bisa melemaskan kembali otot-otot yang tegang karena kehamilan dan meredakan ketegangan. Dipijat oleh suami bisa menjadi salah satu kesempatan bagi Anda untuk sekedar mengobrol dengannya dan melupakan stress.

3. Refleksi kaki

Selain melakukan pemijatan untuk melemaskan otot, Anda juga melakukan relaksasi kaki di tempat khusus. Menurut ilmu pengobatan Tiongkok, kaki adalah pusat terhubungnya syaraf di seluruh tubuh sehingga melakukan penekanan-penekanan di titik tertentu akan memberikan pengaruh tubuh yang terasa lebih nyaman dan ringan. Cara ini juga akan membuat Anda lebih santai dalam menghadapi kehamilan selama hampir setahun.

4. Yoga

Yoga merupakan salah satu bentuk meditasi yang bisa bermanfaat bagi ketenangan batin Anda selain mendengarkan musik klasik untuk ibu hamil. Konsultasikan dengan dokter atau instruktur Yoga Anda untuk menentukan kelas yoga yang cocok bagi kondisi hamil Anda. Yoga akan berguna untuk mengurangi kekhawatiran saat menjalani proses persalinan dan bisa mengurangi stress Anda.

5. Tertawa

Di saat Anda tertawa lepas tubuh Anda akan melepaskan hormon yang berpengaruh terhadap rasa bahagia pada seseorang. Karena itu tidak baik Anda berdiam diri terus di rumah, buatlah janji bertemu dengan teman-teman, atau menonton film komedi yang bisa membuat Anda tertawa. Mood ibu hamil yang baik juga akan berpengaruh terhadap kondisi psikologis janin.

6. Bermain air

Air adalah salah satu elemen alami pada alam yang sifatnya menyembuhkan. Anda bisa berendam atau melakukan olahraga berenang. Berenang sangat baik untuk ibu hamil karena olahraga ini tidak memberikan beban berlebihan pada tulang dan otot sehingga ibu hamil bisa tetap fit dan sehat hingga saatnya persalinan.

7. Mendengarkan musik

Musik yang bernada lembut dan dipenuhi dengan instrument melodi halus akan membuat pikiran Anda lebih tenang. Anda bisa menghentikan kegiatan Anda dan duduk santai sambil memejamkan mata saat mendengarkan musik atau sambil membaca buku favorit. Jenis musik yang baik untuk ibu hamil adalah musik klasik untuk ibu hamil.

Manfaat musik klasik untuk ibu hamil dan janin

Musik klasik untuk ibu hamilMusik dengan komposisi yang kompleks ini ternyata memiliki efek relaksasi bila didengarkan oleh ibu hamil. Tidak hanya terhadap ibu hamil, musik klasik juga terbukti bisa sangat bermanfaat bagi perkembangan otak bayi. Apa saja manfaat musik klasik untuk ibu hamil dan janin yang dikandungnya?

1. Meningkatkan kecerdasan otak janin

Efek Mozart telah menjadi istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan efek mendengarkan musik klasik bagi janin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang mendengarkan musik klasik ketika belajar hasilnya akan lebih baik daripada anak yang mendengarkan musik aliran lain. Maka dari itu memperdengarkan musik klasik sejak masih dalam kandungan bisa membentuk otaknya lebih baik asalkan dilakukan dengan intensitas yang normal agar tidak mengganggu pendengarannya.

2. Mengembangkan kemampuan belajar

Secara khusus, mendengarkan musik klasik selama masa kehamilan bisa membantu janin untuk memiliki kemampuan belajar yang lebih baik nantinya. Penelitian menunjukkan bahwa irama dan nada yang diperdengarkan secara rutin sejak masa kandungan akan membuat bayi mempelajari mengenai persepsi dan penalaran dasar termasuk dalam hal berhitung.

3. Membantu berkomunikasi dengan baik

Memperdengarkan musik klasik untuk ibu hamil secara berulang-ulang bisa merangsang otak bayi untuk mempelajari bagaimana seseorang berkomunikasi dan bagaimana cara meresponnya. Cara bayi untuk mendapatkan informasi selama dalam masa kandungan adalah dengan mendengarkan suara-suara yang ada di sekitarnya, termasuk musik klasik.

4. Membuat bayi lebih aktif bergerak

Irama musik klasik yang lembut senada dengan irama detak jantung ibu sehingga akan merangsang perkembangan syaraf motorik anak sejak dalam masa kandungan. Bahkan setelah bayi lahir pun ia akan bergerak lebih aktif karena syaraf motoriknya sudah berkembang dengan baik.

5. Membuat rileks

Telah disebutkan sebelumnya bahwa mendengarkan musik klasik untuk ibu hamil bisa membuat baik janin maupun ibunya jauh dari stress. Musik klasik memiliki alunan musik yang halus dan lembut sehingga menimbulkan rasa bahagia dan damai pada ibu hamil. Sering mendengarkan musik klasik ketika mendekati masa persalinan bisa mengurangi tingkat stress yang tinggi. Tidak semua jenis musik klasik baik untuk ibu hamil, pilihlah yang memiliki alunan yang lembut.

Dalam memperdengarkan musik klasik untuk ibu hamil selama masa kandungan sebaiknya jangan dilakukan terlalu sering. Mendengarkan musik terlalu sering apalagi dalam waktu yang lama baik ibu yang memasang musik langsung di telinga atau memasangkan headset ke perut berpotensi untuk merusak pendengaran baik pada janin maupun pada ibu. Batas aman seseorang dalam memakai headset adalah tidak lebih dari 2 jam dengan volume yang sedang.


Selain memperdengarkan musik klasik, Anda juga bisa merangsang perkembangan bayi dengan mengajaknya bicara seperti layaknya bayi sudah lahir. Dengan rajin mengajaknya mengobrol, bayi akan merasa tenang ketika mendengar suara ibunya terutama bila ia sudah lahir nanti. Anda bisa mengajaknya ngobrol atau membacakan buku cerita anak-anak sambil sesekali mengelus perut Anda yang besar agar bayi juga bisa merasakan sentuhan tangan ibunya. Itulah manfaat-manfaat yang bisa dirasakan oleh janin dan ibu hamil ketika mendengarkan musik klasik untuk ibu hamil.

 

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: