Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil dan Juga Resikonya

Manfaat Madu Bagi Ibu Hamil

Setiap ibu hamil pasti akan menginginkan anak kita lahir dengan sempurna tanpa ada kekurangan apapun. Untuk itu setiap ibu pasti akan berusaha memberikan gizi yang terbaik untuk janin yang berada dalam kandungan seperti memberikan madu.

Meskipun madu diketahui memiliki cukup banyak manfaat, ternyata terdapat beberapa resiko yang dapat kita temukan dalam madu. Untuk itu beberapa informasi mengenai manfaat madu untuk ibu hamil dan juga resiko madu untuk ibu hamil berikut ini akan membantu Bunda untuk mengetahui lebih banyak lagi mengenai madu dan bagaimana kita dapat mengkonsumsinya secara aman.

Fakta mengenai manfaat dan resiko dari madu berikut ini akan memberikan wawasan lebih luas bagi Bunda sebelum kita yakin mengkonsumsi madu yang diolah dengan cara yang bebeda.

Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

Manfaat Madu Bagi Ibu Hamil

Berikut ini adalah beberapa informasi lebih lanjut mengenai manfaat madu untuk ibu hamil.

1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh Ibu Hamil

Untuk manfaat yang pertama yang bisa kita temukan adalah bahwa madu akan menjaga sistem imun dari ibu hamil. Tentu saja hal ini adalah salah satu manfaat penting yang ingin kita dapatkan dari madu di mana jika seringnya sang ibu sakit maka hal ini juga akan mengganggu tumbuh kembang janin di dalam Rahim. Selain itu madu juga dapat membantu meringankan sakit tenggorokan. Hal ini tentu saja akan sangat bermanfaat karena terkadang sering terserang beberapa penyakit seperti batuk dan pilek. Dengan madu maka beberapa penyakit tersebut akan dapat diatasi dengan cukup mudah tanpa menggunakan obat-obatan kimia.

2. Menetralisir Asam Lambung

Manfaat madu untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah untuk membantu menetralisir asam lambung yang akan menyebabkan Bunda merasa tidak nyaman ketika tingkat asam lambung naik. Selain itu selama masa kehamilan, Bunda juga mungkin akan merasakan rasa mulas yang dapat disebabkan karena terdorongnya semua organ ke atas karena adanya bayi dalam kandungan sang ibu. Untuk menangani hal tersebut, kita bisa mencoba mengkonsumsi madu dengan susu.

Kombinasi kedua bahan tersebut akan membantu menetralisir kandungan asam lambung yang tinggi. Waktu yang disarankan untuk mengkonsumsi madu dan susu tersebut adalah ketika malam sebelum tidur. Dengan cara ini maka rasa mulas akan hilang dan kelebihan asam lambung dapat kembali ternetralisir.

3. Mengatasi Morning Sickness

Madu juga dapat digunakan dengan dicampur dengan bahan lain untuk mengatasi permasalahan seperti morning sickness di mana kebanyakan ibu hamilakan mengalami mualmuntah. Hal ini biasanya dialami oleh hampir sebagian besar ibu hamil pada saat trimester pertama kehamilan. Untuk mengatasinya, Bunda bisa mencoba seduhan jahe hangat yang dicampur dengan madu. Manfaatmadu untuk ibu hamil ini tentu akan sangat membantu setiap ibu hamil yang seringkali merasa tersiksa dengan morning sickness tersebut.

Namun sebelum kita mengkonsumsi madu tersebut, kita juga harus memperhatikan resiko madu untuk ibu hamil yang mungkin juga kita temukan jika kita tidak memperhatikan jenis madu yang aman untuk dikonsumsi oleh setiap ibu hamil.

Resiko Madu Untuk Ibu Hamil

Resiko dan Manfaat Madu Bagi Ibu Hamil



Selain beberapa manfaat madu untuk ibu hamil tersebut di atas, kita juga harus mengetahui resiko madu untuk ibu hamil yang bisa saja berakibat buruk pada kesehatan ibu hamil. Salah satu resiko yang bisa timbul dari madu adalah resiko listieriosis yang disebabkan oleh madu mentah. Bakteri listeria ini biasanya dapat kita temukan pada beberapa makanan mentah termasuk susu dan madu mentah.

Bakteri listeria monocytogenes dapat mengakibatkan beberapa efek yang cukup fatal seperti keracunan yang pada akhirnya dapat mengakibatkan terjadinya kelahiran prematur dan juga keguguran. Beberapa resiko tersebut adalah resiko yang ditimbulkan karena adanya bakteri listeria yang dapat sangat berbahaya bagi keselamatan janin dan bahkan sang ibu.

Untuk resiko madu untuk ibu hamil yang selanjutnya yang juga bisa kita temukan dari madu adalah adanya reaksi alergi yang diakibatkan oleh madu. Meskipun diketahui manfaat madu untuk ibu hamil lebih banyak dibandingkan resikonya, kita juga harus memperhatikan resiko yang mungkin saja timbul dari madu terutama jenis madu mentah yang dapat berbahaya bagi ibu hamil. Selain itu beberapa masih ada resiko pendarahan yang dapat terjadi karena konsumi madu.

Cara Mendapatkan Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil dan Menghindari Resiko Madu Untuk Ibu Hamil

Manfaat Madu Bagi Ibu Hamil

Untuk bisa mendapatkan manfaat madu untuk ibu hamil kita bisa mencari madu yang sudah dipasteurisasi. Madu yang sudah dipasteurisasi biasanya akanakan lebih aman untuk dikonsumsi karena proses pasteurisasi sendiri digunakan untuk membunuh bakteri dan juga kuman yang ada pada madu mentah.

Adanya resiko madu untuk ibu hamil saat ini tentu akan cukup membuat setiap ibu hamil khawatir untuk mengkonsumsi madu yang sebenarnya memiliki manfaat yang cukup banyak bagi tubuh kita.  Namun dengan mengetahui hal tersebut di atas maka kita bisa mulai memilih madu dengan jenis lainnya.

Madu yang sudah dipasteurisasiakan cukup menghilangkan beberapa sel-sel jamur dan juga bakteri yang mungkin dapat ditemukan pada beberapa madu mentah. Dengan pasteurisasi yang memiliki proses hampir sama dengan proses pada susu yaitu dengan dipanaskan pada suhu 70 derajat Celcius selama kurang lebih 30 detik, maka bakteri dan juga sel spora yang ada pada madu mentah dapat dibunuh.

Manfaat madu untuk ibu hamil terutama yang sudah dipasteurisasiakan menghindarkan dari beberapa resiko madu untuk ibu hamil seperti sporabotulisme dan juga bakteri seperti listeria. Namun dikatakan bahwa madu yang sudah dipasteurisasi juga memiliki kandungan gizi yang lebih sedikit dari madu mentah.

Hal Yang Harus Diperhatikan Mengenai Manfaat dan Resiko Madu Untuk Ibu Hamil

Resiko Madu Bagi Ibu Hamil

Beberapa hal di atas akan memberikan beberapa informasi yang perlu Bunda ketahui mengenai konsumsi madu untuk ibu hamil termasuk manfaat madu untuk ibu hamil dan juga resiko madu untuk ibu hamil yang ternyata dapat cukup berbahaya.

Beberapa pendapat mengatakan bahwa konsumsi madu mentah pada ibu hamil cukup aman karena sistem pencernaan orang dewasa dapat menangkal spora yang berbahaya bagi janin. Hal ini menyebabkan spora dan bakteri tidak dapat masuk ke aliran darah yang nantinya mencapai janin.



Namun jika Bunda masih takut terhadap resiko yang ditimbulkan oleh madu mentah, Bunda bisa memilih madu yang sudah dipasteurisasi untuk menghindari resiko dari beberapa bakteri dan spora yang berbahaya bagi Bunda dan juga calon bayi dalam kandungan.

271 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini


Pencarian Terkait :

  • ciri lambung
  • resiko kebanyaka madu bg bumil

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!