Makanan yang Harus dihindari Ibu Hamil


Makanan wajib dihindari Ibu hamilSebagai calon ibu, tentunya bunda pasti ingin selalu memberikan yang terbaik untuk janinnya, agar nanti calon bayinya tumbuh sehat dan cerdas. Janin sangat membutuhkan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangannya dalam kandungan.Selama masa kehamilan bunda harus mulai menjaga asupan makanan. Jangan makan sembarangan dan pastikan makanan yang akan dikonsumsi telah matang dengan sempurna.


Berikut adalah makanan yang harus dihindari saat ibu hamil.

  1. Ikan yang mengandung Merkuri
    Berbagai jenis ikan mengandung merkuri yang dapat mengakibatkan kerusakan otak pada janin, seperti ikan makarel dan ikan hiu. Namun, tidak semua jenis ikan berbahaya. Bunda tetap bisa mengkonsumsi ikan karena ikan memiliki nilai gizi yang sangat baik.
  2. Daging Mentah
    Hentikan dahulu kebiasaan ibu mengkonsumsi daging mentah, seperti yang ada pada sushi.
  3. Minuman yang tidak dipasteurisasi
    Susu menyehatkan jika sudah dipasteurisasi atau sudah melalui tahap pemanasan. Namun, jika belum dipasteurisasi sebaiknya ibu hamil jangan meminum susu tersebut. Susu atau produk susu yang belum melalui proses pasteurisasi dapat menyebabkan keracunan karena kemungkinan masih terdapat bakteri di dalamnya. Hindari juga minum susu murni mentah, seperti susu sapi atau susu kambing yang belum dipasteurisasi.
  4. Sayuran Mentah
    Selain dari kotoran kucing, toksoplasma juga bisa disebabkan oleh konsumsi sayuran mentah. Bila ingin makan sayuran mentah seperti lalapan yang ada pada masyarakat sunda, pastikan sayuran telah dicuci dengan bersih.
  5. Telur Mentah
    Telur yang belum matang dikhawatirkan mengandung bakteri salmonella.
  6. Hati ayam atau Sapi
    Hati ayam atau sapi mengandung vitamin A dalam jumlah yang sangat besar, dan kelebihan Vitamin A dapat menyebabkan resiko bayi lahir cacat.
  7. Alkohol
    Seperti yang telah disebutkan sembelumnya, alkohol dapt menyebabkan gangguan mental pada janin, dan meningkatkan resiko bayi lahir dengan berat badan rendah.
  8. Kafein
    Batasi konsumsi kopi dan minuman ringan pada saat hamil. Sebaiknya batasi konsumsi minuman dan makanan yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, minuman bersoda, dan minuman berenergi selama masa kehamilan ibu.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: