Daftar Makanan Dengan Sumber Asam Folat Tertinggi Untuk Ibu Hamil

asam folat bagi ibu hamil

Asam folat merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting bagi ibu hamil. Asam folat atau yang biasa dikenal dengan sebutan vitamin B9 berperan penting dalam mengoptimalkan perkembangan janin dan mencegah janin terlahir cacat. Pada dasarnya asam folat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk membentuk kecerdasan anak sejak di dalam kandungan, melancarkan transfusi oksigen bagi janin, mencegah janin terlahir cacat dan membantu perkembangan jantung. Sumber asam folat bisa diperoleh dari berbagai jenis makanan seperti sayur ataupun buah-buahan.

 

Asam folat termasuk kedalam kelompok vitamin esensial, artinya asam folat tidak bisa diproduksi oleh tubuh. Maka dari itu untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tersebut ibu hamil harus mengkonsumsi berbagai jenis makanan sebagai sumber asam folat alami. Meskipun zaman sekarang banyak kapsul yang mengandung asam folat, namun alangkah lebih baiknya apabila Anda mencukupi kebutuhan tersebut dengan cara mengkonsumsi bahan makanan yang bersifat alami.

Makanan Dengan Sumber Asam Folat Tertinggi Bagi Ibu Hamil

  1. Buah alpukat

Salah satu sumber asam folat tertinggi yaitu terdapat pada buah alpukat. Seperti yang kita ketahui bahwa buah yang satu ini memiliki banyak nutrisi dan dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Alpukat memiliki kandungan asam folat sekitar 90 mcg atau sama dengan 22% kebutuhan harian tubuh. Selain asam folat, alpukat juga sangat kaya akan kandungan asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk menunjang perkembangan otak janin.

  1. Buah jeruk

asam folat untuk ibu hamil



Pada umumnya jeruk di kenal sebagai buah yang mengandung vitamin C. Namun tahukah Anda bahwa setiap butir jeruk mengandung 50 mcg asam folat yang berguna untuk ibu hamil. Mengkonsumsi dua butir jeruk setiap hari maka sudah mencukupi kebutuhan asam folat pada waktu hamil sebanyak 100 mcg.

  1. Pepaya

Buah pepaya memiliki kandungan asam folat sekitar 115 mcg, itu artinya pepaya memiliki kandungan asam folat dalam jumlah yang lebih tinggi daripada alpukat.

  1. Bayam

Kandungan asam folat pada bayam sangat tinggi yaitu sekitar 263 dalam setiap 100 gr. Ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi bayam secara rutin sehingga kebutuhan asam folat harian akan tercukupi dan perkembangan janin berlangsung sehat.

  1. Asparagus

Dalam 100 gr asparagus terkandung 134 mcg asam folat. Selain untuk menunjang perkembangan janin, asam folat juga berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan ibu hamil sehingga mencegah sembelit.

  1. Brokoli

Sayuran yang satu ini memiliki asam folat dalam jumlah yang sangat tinggi yaitu 168 mcg dalam setiap 100 gr. Brokoli bisa Anda olah dengan cara di tumis atau dicampur dengan makanan yang lainnya. Mengkonsumsi brokoli dalam jumlah yang cukup secara rutin akan mencukupi semua kebutuhan asam folat setiap harinya.

  1. Kacang-kacangan

Semua jenis kacang mengandung vitamin B9 atau asam folat dalam jumlah yang sangat tinggi. Dalam setiap cangkir atau sekitar 120 gr kacang mengandung 250 mcg asam folat. Maka dari itu kacang-kacangan bisa dijadikan cemilan sehat untuk ibu hamil dalam memenuhi kebutuhan asam folat.



Demikian beberapa makanan dengan sumber asam folat tertinggi yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun dalam hal ini Anda tidak boleh mengkonsumsi asam folat dengan kadar yang berlebihan karena bisa menimbulkan masalah kesehatan. Anda harus mengetahui persentase kebutuhan asam folat setiap harinya selama hamil sehingga akan memberikan manfaat yang luar biasa.

405 kali dilihat, 10 kali dilihat hari ini


Pencarian Terkait :

  • daftar nilai asam folat pada bahan makanan
  • kebutuhan asam folat ibu hamil
  • sumber asam folat dari makanan apa
  • sumber asam folat untuk ibu hamil
  • sumber folat tertinggi

Leave a Comment

error: Content is protected !!