Makanan Bergizi buat Ibu Hamil dan Janin


nutrisi-untuk-ibu-hamilIbu yang sehat adalah cerminan ibu dengan asupan gizi dan pola makan yang baik. Kondisi tersebut telah berlangsung selama bertahun-tahun sejak masih kecil hingga dewasa. Gizi dan kesehatan yang baik pada ibu hamil dapat mengurangi resiko kelahiran bayi prematur dan cacat. Bayi prematur dengan berat badan lebih rendah (<2,5 kg) memerlukan perawatan kesehatan yang lebih intensif dan beresiko mengalami serangan penyakit degeneratif seperti diabetes pada usia yang lebih muda.

Seorang ibu senantiasa berharap melahirkan anak-anak yang sehat. Ini dapat diraih jika ibu hamil selalu memperhatikan asupan gizi dan menjaga kesehatannya. Perlu diperhatikan bahwa pada dasarnya ibu hamil mengkonsumsi makanan untuk dua orang yaitu, untuk ibu itu sendiri dan bayi dalam kandungan sehingga porsi makanan yang dikonsumsi harus lebih banyak.

Berat badan adalah indikasi utama baik atau tidaknya status gizi ibu hamil. Oleh karana itu, sebelum proses kehamilan berlangsung, sangat penting bagi seorang wanita untuk mengetahui berat badannya ketika hamil, diharapkan seorang wanita memiliki berat badan ideal sehingga bayi yang dilahirkan dapat menjadi bayi yang sehat.



Nutrisi Penting Selama Kehamilan


Kebutuhan nutrisi ibu hamil tentu berbeda dibandingkan saat sebelum hamil. Yang harus diperhatikan adalah porsi yang dimakan tidak harus selalu 2 kali lipat. Yang penting adalah terpenuhinya nutrisi yang dibutuhkan saat hamil. Berikut adalah daftar nutrisi penting yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan ibu dan janin.

  1. Folat
    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, asam folat berfungsi untuk mengurangi resiko gangguan perkembangan otak janin. Selain itu, asam folat berfungsi untuk mencegah terjadinya cacat pada janin, gangguan tulang belakang, resiko bayi lahir prematur dan berberat badan rendah.
  2. Kalsium
    Bagi bunda kalsium berfungsi untuk menjaga sistem peredaran darah dan syaraf, serta agar otot berfungsi dengan baik. Selain itu, kalsium membantu agar ibu terhindar dari resiko terkena preklamsia, yaitu gangguan dimana tekanan darah mengalami kenaikan yang mendadak. Sedangkan bagi janin, kalsium berfungsi untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Selain dari supplement, kalsium bisa didapatkan dari salmon, sarden, kacang-kacangan, yoghurt, brokoli, susu.
  3. Protein
    Protein sangat penting untuk membantu memperbaiki sel-sel tubuh dan mengurangi resiko pre-eklamsia Protein sangat penting bagi perkembangan janin, terutama pada trimester kedua dan ketiga. Sumber protein diantaranya telur, susu, kacang, ikan dan unggas.
  4. Zat Besi
    Asupan zat besi yang cukup dapat membuat ibu tidak cepat lelah karena membantu memperlancar peredaran oksigen. Bayi pun akan terhindar dari resiko terlahir dengan berat badan rendah. Sereal, bayam, daging, buah-buahan kering dan kacang-kacangan adalah sebagian makanan yang mengandung zat besi.
  5. Magnesium
    Magnesium sangat berguna untuk membangun sel-sel syaraf, otot, dan tulang janin. Ibu dapat memperoleh magnesium dengan mengkonsumsi kacang-kacangan, sayuran berwarna hijau, serta biji-bijian.
  6. Lemak
    Tidak semua lemak buruk bagi kesehatan. Bunda pun membutuhkan lemak, terutama lemak tak jenuh untuk membantu pertumbuhan dinding sel dan sistem syaraf bayi. Lemak tak jenuh dapat ibu dapatkan dengan mengkonsumsi ikan salmon, kacang-kacangan, dan susu.
  7. Karbohidrat
    Karbohidrat merupakan sumber tenaga utama bagi ibu. Beras merah dan kentang mengandung karbohidrat kompleks yang memiliki kemampuan untuk melepaskan karbohidrat secara perlahan dan mengandung sedikit kalori.
  8. Vitamin
    Bunda memerlukan bermacam-macam vitamin dalam masa kehamilan, seperti vitamin A, Vitamin B12, C, dan D. Vitamin A berguna untuk membangun kekebalan tubuh dan membantu proses pembentukan sel. Vitamin A bisa didapat dari sayuran, terutama wortel. Sedangkan Vitamin B12 sangat penting dalam pembentukan syaraf dan fungsi otak janin. Ibu bisa mendapatkan vitamin ini dengan mengkonsumsi susu kedelai. Disisi lain, Vitamin C sangt penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu penyerapan zat besi dan melindungi tubuh dari kerusakan sel. Vitamin C, banyak ditemukan dalam buah-buahan seperti jeruk, jambu, apel, strowberry, dan mangga. Vitamin D berguna untuk memperkuat tulang janin, dan membantu menyerap kalsium lebih optimal, yang bisa didapat dari minyak ikan kod, dan susu. Baca juga Berbagai Jenis Vitamin yang baik bagi ibu hamil.

Tips Ibu Hamil Tags:

  • makanan bergizi buat janin

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: