Tips Memilih Mainan Untuk Bayi Yang Baru Berusia 4 Bulan

Mainan Bayi Umur 4 Bulan

Bayi memang sangat aktif untuk bermain, bahkan tak jarang ia akan memainkan barang apapun yang ada di sekitarnya, pada tahap usia 4 bulan, tingkat keaktifan pada bayi sangat tinggi, maka dari itu diperlukan mainan yang bisa meransang kecerdasan otak bayi anda, dan aman untuk bayi Bunda.

Bayi yang masih berusia di bawah 2 tahun biasa memasukan benda apapun kedalam mulutnya, oleh karena itu, pastikan anda memilih mainan yang bersih, sehingga ketika ia memasukan mainan tersebut ke dalam mulutnya tidak akan berdampak buruk terhadap kesehatan bayi anda.

Pastikan anda juga memilih mainan yang mudah untuk di pahami dan memberikan edukasi untuk meransang otak dan daya ingat si kecil, seperti mainan yang memiliki warna yang cerah dan terang, agar daya tangkap pada otak bayi terus meningkat seiring waktu berjalan.

Mainan Bayi 4 bulan biasa nya tidak terlalu rumit , tidak seperti bayi yang sudah berumur 1 tahun keatas yang biasanya berupa robot – robotan, puzzle, atau bongkar pasang rumah – rumahan dan sebagainya.  Mainan anak untuk usia bayi di bawah 1 tahun bisanya lebih menggunakan warna, suara, dan bentuk, sehingga bisa memberikan daya ingat dan meransang otak bayi dengan cepat.

 

Memilih Mainan Untuk Bayi 4 Bulan.

Ada banyak sekali mainan untuk bayi berusia 4bulan, tapi yang terpenting anda bisa memilih mainan yang aman untuk bayi anda, mainan yang mengedukasi. Untuk bayi berusia 4 bulan pastikan tersebut aman bila bayi Bunda memasukan nya kedalam mulut. Berikut ini beberapa contoh mainan bayi 4 bulan yang bisa anda pilih :

1. Mainan Berbunyi

Mainan Bayi 4 Bulan yang aman

Seperti yang di sampaikan di atas, untuk bayi berusia 4 bulan, cobalah untuk memberikan mainan yang bisa mengeluarkan bunyi agar bayi anda bisa tertarik dengan suara yang keluar dari mainan tersebut. Menggunakan mainan yang menghasilkan bunyi bisa untuk melatih pendengaran bayi anda, dan meransang otak bayi anda dengan suara dari mainan tersebut. Cobalah untuk menggantungkan mainan yang berbunyi tersebut agar si kecil merespon secara visual dan berusaha untuk meraih benda tersebut. Baca juga: Manfaat Musik Klasik Untuk Ibu Hamil.

2. Bola

Mainan Bola Untuk Bayi 4 Bulan

Bunda bisa memberikan mainan untuk bayi anda berupa bola dengan warna-warna yang cerah dan bervariasi. Walau terkesan seperti permainan untuk anak laki-laki, namun anda juga bisa menerapkan bola untuk bayi perempuan anda.

Memilih mainan bola disini bertujuan untuk membuat bayi anda lebih bergerak aktif. Warna-warni pada bola juga bertujuan untuk meransang otak mereka dan mengenalkan jenis-jenis warna pada bayi. Pastikan anda tidak memilih bola yang terlalu kecil maupun besar. Baca Juga Tips Pijit Bayi yang Aman.

Dikhawatirkan jika Bunda memilih bola yang terlalu kecil, bola tersebut bisa saja dimasukan oleh bayi kedalam mulutnya. Dan bila Bunda memberikan bola yang berukuran terlalu besar, bola tersebut akan mengganggu ruang gerak bayi anda ketika bermain. Pilihlah bola yang berukuran sedang, agar ia bisa menggelindingkan bola tersebut dengan mudah.

3. Drum

Mainan Bayi umur 4 Bulan Drum

Perkenalkanlah bayi anda dengan alat music seperti drum. Selain bisa menghasilkan suara yang akan menarik perhatian si kecil, drum juga bisa dengan mudah untuk meransang otak bayi dengan melalui gerakan. Cobalah untuk menggerakan tangan bayi anda seolah-olah ia yang memainkan drum tersebut. Pastikan anda memilihkan drum dengan ukuran yang tepat untuk bayi anda, agar nantinya ia tidak menggulingkan drum tersebut, dan di khawatirkan bisa melukai bayi anda.



4. Mainan Ikat

Mainan Bayi Umur 4 Bulan

Pilihlah mainan jenis ikatan seperti mainan yang bisa di ikatkan ke tangan ataupun kaki bayi anda. Pastikan tali dari ikatannya tidak terlalu pandang agar bayi anda mudah bergerak, dan jangan mingatkan mainan tersebut terlalu ketat sebab bisa menghambat peredaran darah bayi anda.

5. Mainan Yang Bisa Bergerak

Mainan Bayi Berusia 4 bulan

Mainan bayi 4 bulan lainnya, pilihlah mainan yang bisa bergerak agar bayi anda terfokus pada gerakan dari mainan tersebut dan akan berusaha untuk meraihnya. Mainan ini bisa membuat bayi tersansang untuk bergerak aktif dan meraih mainan tersebut. Cobalah untuk mendekatkan mainan tersebut di sekitar bayi anda, ketika ia tertarik untuk meraihnya, jauhkan sedikit demi sedikit, agar dia juga teransang untuk mengikuti gerakan dari mainan tersebut .

6. Mainan Dengan Cermin Plastik

Mainan Cermin Plastik untuk Bayi Umur 4 bulan

Memilihkan mainan berupa cermin plastic seperti ini bertujuan untuk melatih berbicara, dan memperlihatkan bagian-bagian tubuhnya dari dalam cermin tersebut. Sehingga dia bisa melihat dirinya sendiri, dan berusaha untuk mengenali dirinya sendiri.

Bayi yang berumur 4 bulan memang tahap aktif dari bayi itu sendiri mulai dari gerakan tangan kaki, penglihatan mereka, hingga pendengaran mereka sangat aktif, oleh karena itu sebagai orang tua yang cerdas, pilihlah mainan yang bisa meransang otak bayi anda, agar menambah kecerdasan otak si kecil, dan pastikan mainan bayi 4 bulan tersebut aman untuk dimainkan oleh bayi Bunda. Pada tahapan usia bayi yang baru berumur 4 bulan ini lah tahapan awal mengenalkan dan mengedukasi si kecil sejak dini, mulai dari organ tubuh, suara, warna dan apapun itu yang ada di sekitar si kecil.

Mainan Bayi 4 Bulan Yang Aman

Ada banyak jenis mainan yang bisa anda beli untuk bayi anda, berikut di bawah ini kami rangkum beberapa jenis mainan untuk bayi usia 4 bulan

  1. Teether, mainan ini berfungsi untuk meransang pertumbuhan pada bayi anda khususnya pertumbuhan gigi,. Mainan ini terbuat dari bahan karet sehingga aman bila bayi memasukannya kedalam mulut. Pastikan sebelumnya mainan tersebut bersih untuk bayi, dan produk yang anda pilih sesuai dengan standarisasi (SNI).
  2. Boneka, pilihlah boneka dengan bahan karet, agar ketika bayi anda yang baru berusia 4 bulan memasukannya kedalam mulut tidak akan begitu berisiko. Memilih dan memberikan boneka dengan bahan kain dan disertai dengan bulu, itu tidak akan aman untuk bayi anda ketika ia memasukannya kedalam mulut.
  3. Bola Karet, seperti yang sudah di sampaikan di atas, bahwa bola adalah mainan yang cocok untuk bayi berusia 4 bulan, namun pastikan bola tersebut berbahan karet agar aman untuk bayi anda.
  4. Mainan Apung, maksudnya disini mainan apung bisa digunakan sebagai mainan yang di letakan kedalam air untuk mandi si bayi, seperti bebek apung, ataupun sejenisnya, untuk menemani ia ketika mandi, agar ia tidak rewel saat mandi.


Semoga Bermanfaat.

725 kali dilihat, 10 kali dilihat hari ini


Pencarian Terkait :

  • mainan bayi 4 bulan
  • bayi boy 4 bulan
  • https://yandex ru/clck/jsredir?from=yandex ru;search;web;;&text=&etext=1824 WaqAzflQISGfhJnWYGzJ1QV28NL8ddEWhO_divciLjZYnPIIjozxHXaMj3ncO28T 2c2d9069c82946215068b3cbfe4c7d541c743f72&uuid=&state=_BLhILn4SxNIvvL0W45KSic66uCIg23qh8iRG98qeIXme
  • Mainan aktif anak umur 4 bulan
  • mainan bayi
  • mainan bayi laki2 umur 10 bulan
  • mainan untuk bayi usia 4 bulan
  • mainan yg baik untuk bayi 4 bulan

Leave a Comment

error: Content is protected !!