Keluhan-Keluhan Pada Ibu Hamil Yang Sering Terjadi

konstipasi kehamilan

Kehamilan adalah moment yang sangat berharga dan membahagiakan dalam kehidupan seorang wanita. Namun dalam menjalani masa kehamilan, terkadang ibu hamil dihadapkan dengan berbagai macam kendala atau keluhan. Beberapa keluhan yang terjadi diakibatkan oleh adanya perubahan hormone kehamilan. Pada umumnya keluhan yang dialami oleh ibu hamil bersifat normal, akan tetapi kondisi tersebut bisa berdampak buruk terhadap kesehatan. Oleh karena itu perlu dilakukan penanganan untuk mencegah kondisi yang bisa membahayakan ibu hamil dan janin.

Keluhan ibu hamil bermacam-macam, baik itu yang bersifat ringan ataupun gejala yang lebih serius. Mengatasi keluhan selama hamil adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh ibu hamil untuk menjaga perkembangan janin di dalam kandungan. Perlu Anda ketahui bahwa kesehatan ibu hamil sangat berpengaruh terhadap perkembangan janin di dalam kandungan. Oleh karena itu penting sekali untuk menjaga kondisi tubuh supaya tetap bugar selama menjalani masa kehamilan.

Beberapa Keluhan Pada Waktu Hamil dan Solusi Untuk Mengatasinya

1. Morning Sickness

Morning Sickness Dan Hyperemesis Gravidarum

Morning sickness adalah salah satu gejala yang paling umum terjadi pada ibu hamil. Gejala yang dialami yaitu berupa mual dan muntah. Biasanya kondisi tersebut terjadi pada tahap awal kehamilan akibat dari adanya perubahan hormon.

Penciuman ibu hamil lebih sensitif dan cenderung tidak menyukai aroma tertentu. Mual dan muntah akan hilang dengan sendirinya seiring dengan bertambahnya usia kehamilan.

Pada umumnya gejala tersebut akan hilang ketika usia kehamilan sudah memasuki trimester kedua. Namun meskipun begitu, gejala morning sickness harus ditangani dengan benar.

Pada kebanyakan kasus, morning sickness menyebabkan ibu hamil kehilangan nafsu makan sehingga beresiko mengakibatkan gangguan kesehatan. Disamping itu, asupan nutrisi yang terganggu bisa berdampak buruk terhadap perkembangan janin di dalam kandungan.

Untuk mengatasi keluhan masa hamil tersebut, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan seperti dibawah ini:

  • Menerapkan pola makan sedikit namun sering. Anda bisa makan 5 kali atau bahkan lebih dalam sehari dengan porsi yang lebih sedikit.
  • Hindari jenis makanan yang bisa memicu Anda mual.
  • Mencukupi kebutuhan cairan dengan cara mengkonsumsi air putih minimal 2 liter setiap harinya.
  • Memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung asam folat.
  • Perbanyak konsumsi buah dan sayur.
  • Hindari makanan yang mengandung lemak dengan kadar yang tinggi. Selain itu, hindari pula makanan yang terlalu asam.

2. Sembelit/ Susah BAB Pada Saat Hamil

konstipasi kehamilan



Ibu hamil sangat rentan mengalami gangguan pencernaan. Salah satunya yaitu kesulitan buang air besar atau sembelit. Penyebabnya yaitu pengaruh hormon progesterone yang mengakibatkan otot-otot pada dinding usus mengendur. Pergerakan usus menjadi lambat sehingga feses mengeras dan susah untuk dikeluarkan. Ada beberapa cara untuk mengatasi sembeli pada waktu hamil yaitu:

  • Memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat seperti buah dan sayur.
  • Mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan cara minum air putih minimal 2 liter per hari.
  • Olahraga khusus ibu hamil

3. Keputihan Saat Hamil

keputihan pada saat hamil

Keputihan bisa terjadi pada waktu hamil akibat dari pengaruh hormon yang mengakibatkan produksi cairan area kewanitaan terjadi secara berlebihan. Keputihan yang normal adalah hal yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan.

Tanda keputihan normal yaitu tidak berbau, berwarna putih dan encer. Jika ciri-cirinya berubah maka perlu diwaspadai. Keputihan abnormal biasanya berbau, warnanya kuning kehijauan dan lengket. Tips untuk mengatasi keputihan pada waktu hamil sebagai berikut:

  • Biasakan untuk mengganti celana dalam secara rutin, terlebih lagi apabila kondisi celana dalam basah.
  • Hindari celana ketat karena bisa menimbulkan keringat yang memicu organ intim menjadi lembab.
  • Senantiasa menjaga kelembaban dan kebersihan area kewanitaan Anda.
  • Pilihlah bahan celana dalam dari katun sehingga bisa menyerap keringat dan tidak menyebabkan lembab.

4. Perubahan kulit

perubahan kulit saat hamil

Hormon kehamilan juga mempengaruhi pigmen kulit sehingga warna kulit menjadi lebih gelap. Selain itu, biasanya ibu hamil akan mengalami yang namanya stretch mark. Untuk mengatasi keluhan tersebut, perhatikan beberapa cara dibawah ini:

  • Perhatikan kebersihan kulit.
  • Memperbanyak makanan yang mengandung vitamin dan protein.
  • Jangan menggaruk bagian yang terkena stretch mark.

5. Sakit kepala Ketika Hamil

sakit kepala saat hamil

Pusing dan sakit kepala terkadang dirasakan oleh ibu hamil. Banyak faktor yang mengakibatkan hal tersebut. Kondisi seperti ini tentunya akan mengganggu kenyamanan ibu hamil. perlu dilakukan penanganan yang lebih baik.

  • Luangkan waktu untuk beristirahat.
  • Hindari aktifitas yang akan membuat pikiran stres dan depresi.
  • Bersikap tenang.


Itulah sebagian dari keluhan yang terjadi pada ibu hamil. Untuk menjaga kebugaran tubuh selama hamil sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan yang bergizi dan rutin melakukan olahraga ringan khusus ibu hamil.


Pencarian Terkait :

  • keluhan ibu hamil

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!