Kehamilan umur 37 minggu

Kehamilan 37 Minggu dan Perkembangan Janin dalam Kandungan


Tampaknya sebentar lagi air ketuban bakal pecah. Akhir pekan ini, bayi Anda sudah usia cukup bulan lho. Ini artinya dia sudah siap sewaktu-waktu hadir ke dunia ini, Bunda. Memang tak ada yang bisa mengetahui persis kapan seseorang melahirkan. Karena kadangkala maju atau mundur sepekan dari perkiraan dokter Anda. Tubuh Anda sudah mulai mempersiapkan diri untuk persalinan dan mengeluarkan zat kimia yang disebut prostaglandin yang membuat serviks mulai menipis, melembut dan siap membuka setiap saat. Saat prostaglandin cukup besar jumlahnya, akan memicu kontraksi. Pada kondisi ini kontraksi tak sepenuhnya jadi pertanda si kecil bakal segera lahir lho.

Kehamilan 37 minggu

Orang bilang kontraksi palsu. Satu kontraksi biasanya memakan waktu sampai lima menit. Kontraksi yang jadi pertanda lahir ditandai dengan lebih kuat, lebih lama dan lebih teratur setelah Anda merasakan kontraksi yang pertama. Kondisi ini berlangsung beberapa hari. Tapi tak ada salahnya menyiapkan tas untuk bawaan Anda ke rumah bersalin. Baca juga usia kehamilan 36 minggu.

Kontraksi melewati tiga tahap. Saat berangkat ke rumah bersalin setidaknya kontraksi yang dirasakan sudah semakin sering, yaitu fase kedua menuju ke fase ketiga. Pada saat ini pembukaan serviks sudah berlangsung dari 3-4 cm ke 7 cm.



Nah kini kontraksi akan semakin sering dirasakan dan menyakitkan. Berlangsung satu menit atau beberapa menit lalu meng- hilang dan nanti akan terasa lagi. Memang menyakitkan. Tapi rileks ya bunda. Atur nafas seperti yang sudah diajarkan pada kelas senam hamil ya. Jangan panik .

Rasa sakit kontraksi ini terasa di perut, di pinggang bagian bawah, sampai ke paha bagian atas. Untuk sebagian yang tidak tahan, seringkali dokter memberikan suntikan epidural. Momen menyakitkan seperti ini, jika disikapi dengan afirmasi yang baik, rileks, tenang dan mengatur nafas dengan benar tak akan terlalu menyakitkan lho. Seperti halnya yang diajarkan di hypno- birthing atau senam yophita (yoga, pilates, taichi).
Akhir dari kontraksi menjelang proses persalinan jika bukaan sudah 10 cm, dan Anda sudah bersiap untuk proses persalinan. Namn begitu prosesi belum selesai lho. Masih harus menunggu plasenta keluar dan kemudian bayi dipotong tali pusatnya. Jika Anda melakukan Inisiasi Menyusui Dini ,inilah saatnya menyaksikan keajaiban bagaimana si kecil mampu mencari sendiri puting untuk mengisapnya.

Kehamilan umur 37 minggu

Tips Untuk Bunda Pada Saat Usia Kehamilan 37 Minggu


Daftar paling atas hal yang harus Anda akukan adalah jangan jauh-jauh dari telepon genggam Anda. Pastikan kerabat ada yang siap menemani jika sewaktu-waktu Anda harus segera encapai rumah bersalin. Jangan lupa berdoa terus ya Bunda agar proses persalinan berjalan lancar dan Anda ersama si kecil dalam kondisi sehat. Tetap masukkan energi positif ke alam pikiran Anda dan jangan abaikan utrisi keseharian Anda

Tips Ibu Hamil Tags:

  • usia kandungan 37 minggu
  • janin minggu 37

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: