Mengapa Setelah Melahirkan, Kaki Ibu Menjadi Bengkak? Yuk, Ketahui Sebabnya!  

Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil (edema)

Setelah berbahagia karena melahirkan buah hati, menjadi sosok orang tua adalah hal yang membanggakan bagi seorang ibu. Namun setelah melahirkan, apakah Bunda akan baik-baik saja? Berikut akan dibahas mengenai kaki bengkak yang terjadi setelah melahirkan, karena terkadang akan terdapat beberapa masalah pada tubuh yang berkaitan dengan persalinan.

Pembengkakan ini disebut sebagai edema postpartum, meskipun terjadi sementara, namun hal ini dapat merusak pengalaman pasca persalinan. Karena pada waktu tersebut, merupakan waktu Bunda untuk dapat berinteraksi dengan bayi maka hal ini merupakan salah satu momen penting untuk menjalin kedekatan Bunda dengan sang anak. Tapi bagaimana Bunda bisa berkonsentrasi pada bayi apabila kaki bengkak ini mengganggu aktivitas?

Tubuh seorang ibu akan menyimpan cairan selama kehamilan dan meningkatkan produksi darah. Jumlah tersebut 50% lebih banyak dari jumlah cairan ketika tidak sedang hamil. Hal tersebut bertujuan supaya memelihara dan melindungi ibu dan janin yang dikandung, tetapi ternyata tidak semua darah dan cairan yang banyak ini akan meninggalkan tubuh selama persalinan.  Kombinasi volume darah yang ekstra dengan retensi cairan serta perubahan hormonal bisa membuat pergelangan kaki sang Bunda bengkak setelah melahirkan. Di samping itu, bagian tubuh lain juga bisa terlibat misalnya tangan betis, wajah ataupun kelopak mata.

kaki bengkak ibu hamil

Penyebab Kaki Bengkak Setelah Melahirkan

Berikut akan dijelaskan beberapa rangkuman mengenai penyebab kaki bengkak setelah melahirkan yang dialami seorang ibu.

Pengaruh Hormonal

Yang pertama adalah hormonal, tubuh akan menghasilkan sejumlah besar progesterone selama kehamilan. Nah, hormon progesteron ini bisa menyebabkan retensi air dan natrium yang nantinya akan mengendap dalam tubuh dan menyebabkan kaki maupun bagian tubuh lain masih bengkak walaupun sesudah melahirkan sekalipun.

Penekanan Pembuluh Darah

Penekanan pembuluh darah, pembesaran rahim yang menekan aliran darah sehingga aliran darah balik dari kaki ke jantung menjadi terhambat. Sebagai akibatnya, akan terjadilah bengkak pada kaki pasca persalinan.

Persalinan Normal

Persalinan normal, karena hal ini dapat menjadi kontribusi terhadap bengkaknya kaki pasca melahirkan. Ketika sang ibu mengejan untuk melahirkan, tubuh akan mengirimkan darah ekstra ke tangan dan kaki sehingga efek berlebih dari itu adalah pembengkakan.

Cairan Infus

Mengapa cairan infus? Karena pada persalinan sesar, ini merupakan salah satu penyebab kaki bengkak setelah melahirkan. Apabila cairan infus yang masuk ke dalam tubuh ibu berlebihan, maka cairan ekstra ini cenderung menumpuk dalam tubuh dan dapat menyebabkan edema lokal.

Rahim yang Membesar

Rahim tumbuh membesar dapat menekan pembuluh vena di kaki sehingga, aliran darah balik dari bagian-bagian bawah tubuh menjadi lambat. Hal inilah merupakan salah satu alasan mengapa dapat terjadinya penumpukan cairan di tungkai pada saat kehamilan. Setelah melahirkan, rahim mendorong darah ke bagian bawah tubuh, maka akibatnya perlu selang waktu beberapa hari untuk meredakan pembekakan kaki yang terjadi setelah persalinan.

Ligamen tubuh Ibu Hamil yang menjadi lebih longgar.

Ligamen atau jaringan ikat pada seluruh tubuh Bunda saat kehamilan menjadi lebih longgar sehingga menyebabkan kaki menjadi membesar. Maka tidak perlu bingung, bila telah menyadari ukuran sepatu Bunda setelah melahirkan menjadi lebih besar dibandingkan sebelumnya. Pada sebagian orang, hal ini hanya bersifat sementara. Namun, ada juga sebagian orang lagi yang tidak berubah, sehingga bisa pula bersifat tetap.

Cara Untuk Mengatasi Kaki Bengkak Pasca Melahirkan

Berikut beberapa solusi atau cara mengatasi kaki bengkak yang terjadi setelah melahirkan, yaitu sebagai berikut:



Istirahat Yang Cukup.

istirahat pada saat hamil

Bagi sang Bunda, sering-seringlah untuk tidur sambil berbaring terlentang, posisikan kaki lebih tinggi dari dada dengan mengganjalkan kaki dengan bantal atau lainnya. Dengan menggunakan cara ini, maka akan dapat meningkatkan sirkulasi dan mengurangi pembengkakan.

Pijatan Lembut di Kaki

Kemudian cara yang kedua yaitu bisa dilakukan pijatan-pijatan lembut di kaki. Pijatlah kaki yang bengkak mulai dari bawah ke atas dan hindari pemijatan yang terlalu keras dan menyakitkan.

Makan-makanan yang Sehat.

Asupan makanan ibu hamil agar anak cerdas

Makanan sehat dan bervitamin dapat memberikan energi yang dibutuhkan setelah kehamilan dan akan membantu membuang kelebihan cairan. Makan-makananlah yang sehat seperti: buah-buahan yang segar, sayur-sayuran serta karbohidrat kompleks atau makanan yang kaya akan protein dan tak lupa untuk menghindari makanan olahan, karena makanan tersebut cenderung mengandung kadar garam natrium (sodium) yang tinggi sehingga akan menyebabkan tambahnya pembengkakan yang terjadi.

Selain makanan olahan, hindari pula makanan-makanan lain yang asin. Sementara untuk mencegah mengembangnya pembengkakan supaya tak semakin parah pasca melahirkan, Bunda disarankan untuk mengkonsumsi makanan-makanan seperti makanan yang berprotein rendah lemak, lima porsi sayur dan buah setiap harinya, konsumsi pula makanan-makanan yang dapat membantu kerja ginjal, yaitu makanan yang mengandung vitamin C dan E, contohnya: jeruk, brokoli, kubis, tomat, dan kacang almond, yang terakhir adalah menghindari aktivitas merokok. Dengan makan-makanan yang sehat dan istirahat yang cukup, maka pembengkakan pasca melahirkan akan dapat dihindari.

Olahraga Ringan

Mengapa harus dengan berolahraga? Karena akan ada banyak manfaat yang terjadi yaitu, selain dapat membantu mengurangi bengkak pada kaki, juga dapat menyehatkan bagian tubuh lainnya setelah melahirkan, misalnya dengan melakukan aerobik sebagai olahraga, maka akan dapat menenangkan dan mengurangi pembengkakan. Apabila dirasakan jika aerobik terlalu berat, Bunda dapat memilih jenis olahraga lain yang lebih ringan, seperti: jalan-jalan santai di sekitar rumah, yoga dan lain sebagainya.

Banyak Minum Air Putih.

ibu hamil mengkonsumsi kepiting

Bukannya pembengkakan yang terjadi pasca melahirkan, disebabkan karena penumpukan cairan? Lalu mengapa harus banyak minum air? Bukannya akan bertambah bengkak? Tetapi nyatanya minum banyak air, malah akan membantu Bunda untuk lebih mudah membuang kelebihan cairan yang tersimpan dalam tubuh.

Karena hal ini akan mendukung kerja ginjal untuk selalu sehat dan lebih kuat dalam berperan untuk mengeluarkan kelebihan cairan yang ada di dalam tubuh ibu. Maka, Bunda harus membiasakan minum air lebih banyak dari biasanya. Disarankan mendapatkan setidaknya 8 gelas air setiap hari, maka dengan begitu, tubuh Bunda pun dapat lebih cepat melepas cairan dengan menjaga tubuh pada tingkat hidrasi.



Sekian rangkuman penjelasan mengenai pembengkakan kaki yang terjadi pasca melahirkan beserta solusinya. Hal ini dapat dimanfaatkan sebagai referensi Bunda untuk mengetahui penyebab dan cara menyembuhkan pada kaki yang bengkak pasca melahirkan. Semoga bermanfaat.

 

 

777 kali dilihat, 12 kali dilihat hari ini


Pencarian Terkait :

  • Foto kaki bengkak karena hamil
  • Foto kaki putih bengkak
  • gambar kaki bengkak
  • jurnal masalah penumpukan cairan pasca melahirkan
  • kaki bengkak dan keras setelah melahirkan
  • kaki bengkak setelah melahirkan
  • kenapa jantung bengkak
  • makanan sehat ibu hamil loc:ID
  • setelah melahirkan kaki bengkak

Leave a Comment

error: Content is protected !!