Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Kacang Hijau untuk Ibu Hamil


Kandungan Kacang Hijau Memberikan Manfaat yang Baik Untuk Ibu Hamil

Kacang hijau yang merupakan jenis polong – polongan ini memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil serta janin yang ada di dalam kandungannya, salah satunya Protein nabati yang tinggi yang terdapat didalam kacang hijau tersebut.  Kacang Hijau sendiri biasa menjadi bahan dasar dari berbagai olahan terutama bubur.  Kacang hijau juga bisa dibuat menjadi tepung yang bisa digunakan sebagai bahan dasar membuat kue atau olahan makanan lainnya.

Rasa yang enak dari kacang hijau juga memberikan manfaat untuk ibu hamil dan pertumbuhan serta perkembangan janin yang ada di dalam kandungannya.  Kandungan yang terdapat dalam kacang hijau memberikan manfaat yang penting bagi tubuh manusia.


Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

 

Apa Saja Kandungan Yang Ada Dialam Kacang Hijau Yang Bermanfaat Untuk Ibu Hamil?

Ada pun kandungan yang memberikan manfaat kacang hijau untuk ibu hamil adalah berupa ;

  • Protein

Kacang hijau ialah salah satu jenis tumbuhan yang memiliki protein nabati yang tinggi yakni sebanyak 24%.  Protein merupakan kandungan yang sangat penting bagi tubuh yang berfungsi untuk membentuk otot dan sel – sel tubuh.  Protein yang terdapat pada kacang hijau juga mampu untuk mengurangi bahkan mencegah rambut rontok, membantu proses penyebuhan luka dengan cepat, membantuk pertumbuhan dengan maksimal, serta membantu untuk mengatasi masalah pencernaan yang mana selalu menjadi sebagian dari gangguan yan sering kali terjadi apabila tubuh kita kekurangan protein.

  • Serat

Kacang hijau mengandung banyak serat, terdapat sekitar 7.6 gram / 100 gram serat yang terkandung dalam kacang hijau.  Serat sangat penting bagi tubuh terutama untuk melancarkan pencernaan, serta mencegah dari sembelit

  • Vitamin

Terdapat banyak vitamin yang terkandung di dalam kacang hijau, seperti Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, dan Vitamin C yang baik bagi kesehatan tubuh manusia.

  • Asam Folat

Terdapat sekitar 159µg untuk setiap 100 gram kacang hijau yang mana penting bagi tubuh, terutama untuk wanita yang sedang hamil, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi kacang hijau karena asam folat sangat berperan untuk perkembangan janin dan pembentukan sel darah merah.

  • Lemak

Olahan kacang hijau tidak akan mudah basi karena kandungan lemak yang sangat rendah dalam kacang hijau, kandungan lemak yang terdapat dalam kacang hijau adalah kandungan lemak tak jenuh yang penting untuk kesehatan organ jantung kita.

  • Mineral

Terdapat kandungan kalsium sekitar 27mg per 200g, dan kandungan fosfor 99mg per 100g di dalam kacang hijua yang sangat penting bagi perkembangan dan pertumbuhan tulang.

Kacang Hijau Buat Ibu Hamil

 

 

Apa Saja Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil?

Berdasarkan kandungan yang terdapat pada kacang hijau diatas mampu memberikan manfaat yang cukup banyak untuk kesehatan dan pertumbuhan serta perkembangan tubuh manusia, bahkan terdapat banyak sekali manfaat kacang hijau untuk ibu hamil, seperti :

Baca Juga: Manfaat Susu Kedelai Bagi Ibu Hamil dan Janin.

  1. Sebagai Asupan Gizi dan Nutrisi Bagi Ibu Hamil

Para ahli gizi menyarankan agar wanita hamil menerima asupan gizi dan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan dengan wanita yang tidak hamil.  Oleh sebab itu dengan mengkonsumsi banyak kacang hijau dapat memberikan asupan gizi dan nutrisi yang sangat baik untuk ibu hamil.  Zat gizi dan nutrisi tersebut selain untuk menjaga dan memenuhi kebutuhan sang ibu  juga penting untuk perkembangan dan pertumbuhan janin, sehingga sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi kacang hijau.

  1. Sebagai Pasokan Energi

Terdapat kandungan karbohidrat komplek yang mampu memberikan eneri yang stabil dalam masa kehamilan, Energi tersebut akan membantu memberikan tenaga bagi ibu hamil untuk melakukan aktivitas sehari – hari.

  1. Mencegah Kecacatan Pada Bayi

Asam solfat yang ada pada kacang hijau dapat membantu untuk mencegah kecacatan pada bayi ,sebab kekurangan asam solfat salam masa kehamilan sangat beresiko menyebabkan kecacatan pada bayi yang akan di lahirkan seperti misalnya megalami bibir sumbing, kelainan jantung pada bayi  bahkan sampai kerusakan otak pada bayi.

Kandungan Kacang Hijau Buat IBU Hamil

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kesulitan buang air besar selalu dialami oleh setiap orang tak terkecuali oleh ibu hamil, hal ini bisa di sebabkan karena kekurangan serat.  Oleh sebab itu dengan mengkonsumsi kacang hijau bisa membantu untuk melancarkan sistem pencernaan, selain itu dengan kandungan serat yang banyak terdapat pada kacang hijau juga mampu membantu penyerapan nutrisi pada ibu hamil dengan baik sehingga tubuh dan janin yang ada di dalam kandungan bisa mendapatkan asupan gizi yang maksimal.

  1. Mencegah Gangguan Tulang

Kandungan kalsium yang bermanfaat untuk perkembangan tulang pada janin, serta zat besi dan kalsium yang terdapat dalam kandungan kacang hijau juga membantu mencegah gangguan tulang seperti Osteophorosis bagi ibu hamil.

  1. Mencegah Anemia

Resiko keguguran bisa dialami oleh ibu hamil jika mengalami Anemia  atau bahkan bisa menyebabkan pendarahan saat persalinan nanti. Memang banyak jenis dari anemia sendiri, namun salah satu penyebab terjadinya anemia adalah karena kekurangan asam folat maupun Vitamin B12, oleh karena itu untuk mencegah anemia diperlukan banyak zat besi yang membantu dalam proses pembentuka hemogoblin darah.

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka.

Luka memang pasti terjadi pasa proses persalinan bahkan juga memungkinkan untuk terjadinya kerusakan pada sel terutama di daerah jalan lahir.  Makadari itu, diperlukan protein yang bisa berperan sangat penting untuk proses penyembuhan luka.

  1. Mencegah Lahirnya Bayi Premature

Salah satu penyebab dari lahirnya bayi premature yang biasa di sebabkan oleh faktor ibu adalah keadaan ibu yang anemia, oleh sebab itu Vitamin A yang ada di dalam kacang hijau bisa mencegah terjadinya persalinan premature.

  1. Mengurangi Depresi Pasca Melahirkan

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil selanjutnya ialah untuk mengurangi tekanan atau depresi pasca melahirkan ,Salah satu cara untuk menghilangkan perasaan tertekan dan stress paska melahirkan adalah dengan meningkatkan nafsu makan, Kandungan Vitamin B1 dan B2 yang terdapat pada kacang hijau mampu meningkatkan nafsu makan.

  1. Membantu Perkembangan Syaraf  Janin

Selain karena faktor keturunan, Kecerdasan pada otak sang bayi juga bisa dibentuk sedini mungkin.  dengan menjaga asupan asam folat yang cukup mampu membatu meningkatkan perkembangan otak janin dan syaraf janin itu sendiri, oleh karena itu kandungan asam folat mampu membuat janin lebih cerdas sejak dalam kandungan, Bahkan Asam Folat yang banyak terkandung dalam kacang hijau dapat mencegah bayI dari cacat syaraf.



Pencarian Terkait :

  • manfaat tepung kacang hijua untuk ibu hamil

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: