Lengkap Imunisasi Bayi dan Jadwalnya, Yang Wajib Diketahui

Jadwal lengkap imunisasi bayi

Imunisasi wajib diberikan pada setiap bayi. Banyaknya virus berkembang saat ini menjadi penyebab mengapa pemberian imunisasi bayi menjadi sangat penting. Namun mungkin banyak orang tua yang masih belum mengetahui tentang hal ini secara lengkap karena kurangnya edukasi oleh pemerintah dan karena orang tua kurang proaktif dalam mencari informasi mengenai kesehatan anak.

Jadwal lengkap imunisasi anak

Jika sebelumnya kita sebagai orang tua masih belum mengetahui secara pasti mengenai jadwal imunisasi bayi. Berikut ini adalah beberapa penjelasan lebih lanjut mengenai macam-macam imunisasi dan Jadwal memberikan imunisasi tersebut pada buah hati kita terutama bagi bayi yang berumur kurang dari satu tahun. Baca juga cara menjaga berat badan ideal bayi.

 

Mengapa Wajib Memberikan Imunisasi Bayi Sesuai Jadwal Imunisasi Bayi

Imunisasi bayi lengkap

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa imunisasi bayi  yang diberikan kepada bayi untuk mencegah agar buah hati kita tidak terserang penyakit menular yang diakibatkan oleh beberapa jenis virus. Imunisasi yang diberikan kepada buah hati kita sebenarnya adalah virus yang dijinakkan dan disuntikan ke dalam tubuh buah hati kita.

Hal ini dilakukan agar tubuh kita dapat menciptakan sistem kekebalan dan mengenali virus jinak yang disuntikkan ke tubuh kita. Dengan cara ini imun tubuh kita akan mengenali virus tersebut dan menciptakan imun yang lebih kebal terhadap penyakit yang diakibatkan oleh virus-virus tertentu.

Imunisasi dilakukan untuk mencegah penanggulangan yang biasanya akan sangat sulit dilakukan karena tidak ada obat yang bisa membunuh virus kecuali anti body tubuh kita sendiri yang menciptakan kekebalan terhadap virus tersebut. Untuk sangat dianjurkan pada setiap orang tua untuk memberikan imunisasi kepada setiap bayi sesuai jadwal imunisasi bayi.

Jenis Imunisasi Bayi dan Jadwal Imunisasi Bayi

Jadwal lengkap imunisasi bayi

Berikut ini adalah beberapa jenis imunisasi bayi yang bisa kita berikan kepada buah hati kita sesuai jadwalimunisasi bayi yang sudah ditetapkan agar vaksin yang diberikan dapat bekerja secara maksimal untuk membantu tubuh membuat sistem imun yang lebih kuat.

Imunisasi Hepatitis B

Imunisasi wajib yang pertama yang biasanya akan diberikan bahkan sebelum bayi berumur 12 jam adalah Imunisasi Hepatitis B. Vaksin ini diberikan kepada bayi yang baru lahir dan diusahakan sebelum berumur 12 jam untuk menghindari tertularnya bayi oleh virus Hepatitis B yang mungkin sudah ada pada tubuh sang ibu.

Biasanya setiap rumah sakit sudah menyediakan Imunisasi ini karena vaksin ini wajib diberikan bahkan sebelum bayi berumur 12 jam.

Imunisasi Polio

Imunisasi lainnya yang diberikan pada imunisasi bayi adalah polio. Imunisasi ini biasanya akan dianjurkan untuk diberikan pada bayi sebelum bayi tersebut sebelum berumur 6 bulan. Untuk jadwal imunisasi bayi pemberian imunisasi ini sendiri akan dilakukan sebanyak 4 kali sebelum bayi berumur 6 bulan. Untuk jadwal pemberiannya sendiri adalah pada saat bayi berumur 2 bulan, dilanjutkan saat berusia 4 bulan dan juga 6 bulan.

Imunisasi ini sendiri diberikan untuk mencegah tertularnya bayi dari virus yang dapat menyebabkan lumpuh-layu. Untuk obat yang bisa diberikan pada orang yang sudah terjangkit virus polio sendiri masih belum ditemukan dan akan sulit untuk menyembuhkan orang yang sudah terkena polio. Untuk itu pencegahan dengan pemberian imunisasi polio diberikan kepada bayi yang berumur kurang dari 12 bulan.



Imunisasi BCG (Bacillus Calmette-Guérin)

Untuk  imunisasi bayi selanjutnya adalah Imunisasi BCG. BCG merupakan kepanjangan dari Bacillus Calmette-Guérin. Pemberian imunisasi BCG pada bayi di Indonesia umumnya dilakukan pada bayi yang baru lahir dan dianjurkan paling lambat diberikan sebelum bayi berusia 3 bulan.Vaksin ini adalah vaksin yang akan tubuh kuman tuberculosis nantinya akan menyerang paru-paru.

Dengan pemberian Imunisasi ini, maka kemungkinan seseorang untuk tertular penyakit tuberkulosis akan lebih kecil. Untuk jadwal imunisasi bayi untuk vaksin BCG sendiri dianjurkan diberikan sebelum bayi berusia 3 bulan. Lebih tepatnya pemberian vaksin ini akan sangat baik diberikan pada saat bayi berusia 2 bulan.

Meskipun sudah diberikan  Imunisasi BCG, bukan berarti tubuh kita akankebal sepenuhnya bahkan jika berada di tengah-tengah lingkungan sudah terjangkit bakteri tuberkulosis. Pemberian vaksin ini hanya akan memperkuat daya tahan tubuh kita terhadap kuman.

Imunisasi Campak 

Imunisasi yang juga harus diberikan sebelum bayi berusia 12 bulan adalah Imunisasi campak. Jenis imunisasi bayi ini adalah jenis yang harus diberikan pada sebanyak 2 kali. Untuk jadwal imunisasi bayi ini sendiri disarankan untuk diberikan pada saat bayi berusia 9 bulan dan juga 24 bulan.

Imunisasi ini diberikan untuk bayi agar nantinya tubuh mereka bisa lebih kebal terhadap penyakit campak. Selain itu pemberian vaksin pada saat bayi berusia 24 bulan juga tidak perlu dilakukan lagi jika bayi sudah menerima Imunisasi MMR yang biasanya diberikan pada saat bayi berusia 15 bulan. Pemberian Imunisasi campak ini sendiri diberikan untuk mencegah agar tubuh buah hati kita tidak terserang penyakit campak berat yang bahkan bisa menyebabkan terjangkitnya beberapa penyakit lainnya seperti pneumonia dan bahkan radang otak.

Imunisasi Pentavalen

Untuk imunisasi bayi yang terakhir dan diwajibkan oleh pemerintah adalah Imunisasi Pentavalen. Imunisasi ini diketahui sebagai gabungan dari beberapa Imunisasi seperti Imunisasi Hepatitis B, Imunisasi HiB dan juga Imunisasi DPT.

Imunisasi ini sengaja diberikan untuk mencegah terserangnya dari 6 peyakit sekaligus seperti difteri, tetanus, pertusis, pneumonia, hepatitis B, dan juga meningitis.

Untuk jadwal imunisasi bayi ini sendiri disarankan ketika bayi berumur 2 bulan, 3 bulan dan dilanjutkan pada saat bayi berusia 4 bulan dan yang terakhir pada saat bayi berumur 18 bulan.

Imunisasi Bayi Lainnya dan Jadwal Imunisasi Bayi

mengetahui jadwal imunisasi anak dan bayi

Selain beberapa imunisasi bayi di atas, masih ada beberapa jenis imunisasi lainnya yang tidak diwajibkan oleh pemerintah dan juga tidak diberikan secara gratis oleh pemerintah. Beberapa imunisasi di antaranya adalah imunisasin Pneumokokus atau yang juga dikenal dengan PCV dan Varisela.

Untuk imunisasi PCV sendiri sebanyak 2 kali. Untuk jadwal imunisasi bayi sendiri diberikan pada saat bayi berusia 7 sampai 12 bulan dengan interval 2 bulan. Selain itu, imunisasi varisela juga bisa diberikan setelah bayi berusia lebih dari 12 bulan.

Beberapa jenis imunisasi bayi tambahan lainnya yang juga dapat diberikan untuk menghindari beberapa jenis penyakit adalah imunisasi influenza untuk penyakit flu, imunisasi  hepatitis A untuk penyakit hepatitis A, dan juga imunisasi HPV yang akhir-akhir sering disosialisasikan untuk diberikan pada setiap anak yang sudah berusia 10 tahun untuk menghindari penyakit kanker mulut rahim.

Beberapa jenis vaksin di atas adalah beberapa imunisasi penting yang harus kita berikan pada buah hati kita untuk mencegah buah hati kita dari penular beberapa penyakit berbahaya jika kita tidak memberikan vaksin tersebut untuk bayi kita.



Untuk itu penting bagi setiap orang tua untuk mendapatkan edukasi mengenai imunisasi yang wajib diberikan kepada buah hati kita untuk mengurangi kemungkinan tertularnya penyakit berbahaya.

 

797 kali dilihat, 13 kali dilihat hari ini


Pencarian Terkait :

  • immunisasi diberikan kepada ibu hamil
  • jadwal imunisasi ibu hamil
  • https://yandex ru/clck/jsredir?from=yandex ru;search;web;;&text=&etext=1829 -3wQTnI9jU0fJ9LrSXf3ozSnosWfNMPvUiRgCv5_okzrFCY1gfvYuioBuQgEheXA c40608be4fb2f918a9aab1f11e4edd593a742df5&uuid=&state=_BLhILn4SxNIvvL0W45KSic66uCIg23qh8iRG98qeIXme
  • imunisasi bayi yg harus diketahui
  • jadwal imunisasi wajib
  • makanan ibu hamil 4 bulan loc:ID
  • pemberian imunisasi bayi
  • vaksin hpv

Leave a Comment

error: Content is protected !!